Tips

15 PERUSAHAAN TERBAIK VERSI LINKEDIN, KALIAN INCAR YANG MANA?

LinkedIn baru saja merilis 15 top companies yang didambakan banyak anak muda zaman sekarang. Kira-kira gimana ya supaya bisa tembus bekerja di perusahaan tersebut?

title

FROYONION.COM - Kerja di perusahaan ternama di Indonesia seringkali jadi apa yang dicita-citakan oleh banyak anak muda sekarang ini. Apalagi, angkatan kerja baru yang didominasi Gen Z sekarang ini sepertinya benar-benar concern terhadap karir dan melihat betul-betul prospek perusahaan yang dituju supaya bisa membawa masa depan yang cemerlang. 

Perusahaan top seringkali diincar bukan cuma karena menawarkan salary yang bersaing dan memenuhi ekspektasi para pencari kerja saja. Tapi biasanya perusahaan-perusahaan ini juga menawarkan pengembangan karir, ekspansi skill yang menyeluruh, peluang eksternal, hingga stabilitas perusahaan yang terjamin. 

Nah, supaya para anak muda ini nggak salah arah, LinkedIn baru-baru ini merilis top 15 perusahaan teratas di Indonesia yang mungkin bisa jadi sasaran kita bersama untuk merintis karir ke depannya nanti. 

Dari data yang dipaparkan, sektor perbankan dan keuangan masih mendominasi lima besar perusahaan terbaik versi mereka. Di mana, Bank Mandiri menjadi yang teratas, kemudian disusul Bank Tabungan Negara (BTN), dan terakhir ada Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

BACA JUGA: BENER NGGAK SIH KERJA DI OUTSOURCING ITU NGGAK BANGET, BIKIN KARIR STUCK?

Sektor keuangan memang harus sama-sama kita akui menjadi salah satu industri yang esensial. Mereka yang bekerja di sektor ini harus bisa tahan banting di tengah ketidakpastian pasar dan arus informasi yang cepat. 

Selain sektor perbankan, LinkedIn juga mengungkap jika perusahaan dari industri Consumer Goods Manufacturing (CGM) dan Food and Beverages (F&B) juga menjadi industri yang menjanjikan. Menurut LinkedIn, perusahaan pada industri ini menjadi  tempat para profesional di Indonesia bisa menemukan peluang pertumbuhan karir. 

Mereka mencatat, beberapa perusahaan yang masih dalam list ini seperti: Reckitt (#6), Procter & Gamble (#7), The Coca-Cola Company (peringkat ke-10), dan Nestlé (peringkat ke-13) masuk dalam daftar tahun ini. Sementara itu, perusahaan lokal Kino Indonesia masuk ke dalam daftar untuk pertama kalinya, menempati peringkat ke-15.

“Di Indonesia, perusahaan dan industri berupaya untuk menarik dan mengembangkan talent terbaik, untuk mendukung aspirasi karir mereka. List Top Companies 2024 ini kami buat untuk membantu para profesional mengetahui perusahaan-perusahaan terbaik yang menawarkan budaya kerja yang baik, pertumbuhan keterampilan dan peluang karier, di mana sekarang ini kebanyakan perusahaan memerlukan kombinasi hardskill dan softskill yang baik untuk berkarier di dunia kerja yang dinamis ini.” kata Serla Rusli, LinkedIn Career Expert kepada wartawan. 

BACA JUGA: PERLU DIINGAT, SUGAR DATING BUKANLAH PEKERJAAN UNTUK SEMUA ORANG!

So, daripada penasaran, berikut kita spill 15 perusahaan terbaik versi LinkedIn di 2024 ini. FYI, daftar ini merupakan edisi ketiga untuk Indonesia yang perusahaan ini rilis: 

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
  2. Telkom Indonesia
  3. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
  4. eFishery
  5. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  6. Reckitt
  7. Procter & Gamble
  8. PT DJARUM
  9. Philip Morris International
  10. The Coca-Cola Company
  11. Infineon Technologies
  12. ExxonMobil
  13. Nestlé
  14. Alphabet Inc.
  15. PT Kino Indonesia Tbk

AKURASI DATA

Supaya tidak kebingungan, kita harus tahu juga bagaimana LinkedIn bisa mengumpulkan data-data tersebut hingga akhirnya merujuk pada kesimpulan 15 perusahaan tersebut yang terbaik. 

Sebagaimana kita tahu, LinkedIn merupakan perusahaan tempat banyak profesional di dunia membagikan pengalaman kerja, merekrut pegawai, hingga menjual berbagai hal yang terkait dengan dunia pekerjaan. 

Platform ini semacam seperti media sosial, tapi yang benar-benar dikhususkan bagi para pelaku industri dan profesional bercerita. 

Untuk mengerucutkan ribuan perusahaan menjadi 15 yang terbaik, LinkedIn menggunakan data untuk memberi peringkat berdasarkan delapan pilar yang muaranya adalah pengembangan karir, yakni: 

  • Kemampuan untuk maju
  • Pertumbuhan keterampilan
  • Stabilitas perusahaan
  • Peluang eksternal
  • Afinitas perusahaan
  • Keragaman gender
  • Latar belakang pendidikan
  • Keberadaan karyawan di negara tersebut

Nah, delapan pilar tersebut menjadi semacam indikator yang dinilai oleh mereka untuk kemudian menentukan siapa perusahaan yang terbaik. 

Salah satu hal yang menarik dari riset LinkedIn ini, mereka mencantumkan proses penelitian tentang latar belakang pendidikan yang tidak hanya melihat seberapa tinggi atau berasal dari kampus ternama mana saja para karyawan di perusahaan terkait. 

LinkedIn ternyata melihat variasi pencapaian pendidikan di antara karyawan dari tanpa gelar hingga tingkat Phd.D untuk melihat komitmen perekrut dari bervariasi pendidikan. 

LinkedIn juga melihat secara mendalam latar belakang perusahaan tersebut. 

Menariknya, agar pengelompokan perusahaan dapat lebih terukur dan jelas, LinkedIn kemudian mengkategorikan setiap perusahaan yang diteliti harus memenuhi syarat paling tidak memiliki 5.000 atau lebih karyawan global dengan setidaknya 500 karyawan di Indonesia per 31 Desember 2023 kemarin. 

Lalu, berdasarkan data internal LinkedIn, perusahaan tersebut tidak boleh ada pengurangan karyawan lebih dari 10 persen selama penelitian berlangsung. 

“Kami mengecualikan semua perusahaan kepegawaian dan perekrutan, lembaga pendidikan, dan lembaga pemerintah. Kami juga mengecualikan LinkedIn, perusahaan induknya, Microsoft, dan anak perusahaan Microsoft,” tulis penjelasan LinkedIn dalam keterangan resmi.

TIPS BERKARIR DI TOP COMPANIES! 

Setelah tahu list perusahaan apa saja yang ngetop di Indonesia, kita juga harus mulai menyiapkan strategi untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. 

Nah, LinkedIn juga membagikan beberapa tips untuk bisa melirik para recruiter yang ada di top companies tersebut.  

  • Optimalkan profil LinkedIn: Penting bagi rekruter dan perusahaan untuk menemukan kita sebagai para pencari kerja. LinkedIn menjadi salah satu platform yagn cocok, makanya profil kita harus menceritakan kisah profesional yang telah kita bangun, jadi buatlah menonjol.
  • Cari tahu tentang perusahaannya: Sebelum bertemu atau masuk ke perusahaan, LinkedIn adalah tempat terbaik untuk memahami budaya, nilai, dan visi perusahaan. Lihat halaman perusahaan dan ikuti eksekutif untuk memahami minat mereka. Ini bermanfaat saat kita mendapat wawancara.
  • Bangun network dengan karyawan yang ada di perusahaan tersebut: Curi start dengan membangun network! Cek koneksi Anda dengan perusahaan untuk bangun hubungan dan mungkin meminta referensi. Di LinkedIn, pelamar memiliki 4X lebih banyak kemungkinan untuk dipekerjakan melalui jaringan mereka.
  • Highlight dan kembangkan skill Anda: Perekrut semakin fokus pada perekrutan berbasis skill, dengan AI semakin banyak digunakan. Highlight skill penting seperti problem solving, komunikasi, atau AI dalam CV dan wawancara.

Itulah 15 perusahaan terbaik dan tips berkarier dari LinkedIn. Teruslah mencoba dan berkarya, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!