Tekno

NGGAK MAU KALAH SAMA TWITTER, INSTAGRAM JUGA MAU LUNCURIN FITUR NFT

Kabarnya nanti kita bisa pasang NFT jadi profile picture di IG, atau malah bisa jual muka kita sendiri jadi NFT dan jadi the next Ghozali?

title

Belum lama berselang dari Twitter yang me-launching fitur terbarunya yaitu profile picture yang berbasis NFT, sekarang platform besutan Mark Zuckerberg, yaitu Instagram, juga ikut-ikutan mengintegrasikan fitur NFT di sosial medianya itu.

Seakan-akan nggak mau kalah, kabarnya Mark mau membawa fitur yang sama kayak Twitter, yaitu nantinya akun-akun Instagram bisa memasang NFT sebagai profile picture.

Nggak cuma bisa pasang profile picture dari NFT aja, Instagram juga nantinya ada fitur minting NFT yang biasanya ada di marketplace khusus macam OpenSea ke Instagram dalam beberapa bulan ke depan.

Untuk jumlah fitur baru terkait NFT yang ada di Instagram nantinya memang masih belum jelas, Civs. Apakah nantinya kita bisa menjual posting-an feeds atau story kita jadi NFT? Atau malah nantinya kita bisa jualan NFT lewat profile Instagram kita? Kayaknya jawabannya masih belum akan kita dapatkan dalam bulan-bulan ini.

BACA JUGA: LANGKAH YOUTUBE YANG IKUTAN ‘MENJAJAL’ DUNIA NFT

Memang, pergerakan Instagram ke ranah kripto dan NFT ini tentunya sejalan sama tujuan perusahaan induknya, yaitu Meta dalam menciptakan dunia virtual yang udah sering kita kenal dengan sebutan metaverse

Vishal Shah, Head of Metaverse Product di Meta bilang kalo perusahaannya emang suportif terhadap perkembangan NFT.

“Hal ini akan memudahkan orang-orang untuk menjual objek digital terbatas kayak NFTs, memamerkannya di ruang digital punya mereka, dan bahkan menjualnya ke orang lain secara aman,” Jelas Vishal, dikutip dari artikel investopedia.com.

Fitur NFT di Instagram ini bukan kali pertama perusahaan Meta mencoba ‘peruntungan’ di dunia kripto. Sebelumnya, perusahaan Mark Zuckerberg ini pernah membuat sebuah koin kripto yang bernama ‘Libra’ yang kemudian di-branding ulang dengan nama ‘Diem’.

Tapi, karena ada perdebatan internal dan juga permasalahan regulasi, Meta bisa dibilang gagal meluncurkan ‘Diem’ ke pasar kripto.

Langkah perusahaan besar dunia kayak Twitter dan Instagram untuk bergerak ke arah metaverse ini nggak akan jadi yang terakhir. Karena selain mereka, beberapa perusahaan terkenal macam Reddit dan bahkan OnlyFans pun berusaha mengintegrasikan platform-nya dengan metaverse.

Kejadian kayak gini udah bukan hal yang mengejutkan, terutama karena basis komunitas NFT sangat besar di seluruh dunia, sehingga memungkinkan platform-platform besar ini meraup profit yang menjanjikan dari kehadiran metaverse. (*/)

BACA JUGA: SENIMAN RUSIA BAKAR PASPOR DAN JUAL VIDEONYA SEBAGAI NFT

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.