Viral

LANGKAH YOUTUBE YANG IKUTAN ‘MENJAJAL’ DUNIA NFT

Perusahaan yang punya platform online streaming terbesar di dunia ini kabarnya mau ikut-ikutan langkah Twitter yang ‘nempel’ sama dunia NFT. Emangnya di YouTube mau ada apa sih?

title

FROYONION.COM - Beberapa waktu yang lalu, CEO-nya YouTube yaitu Mbak Susan Wojcicki membeberkan kalo platform online streaming besutannya ini bakal ambil langkah ‘serius’ terhadap NFT. Seriusnya kayak apa sih?

Jadi, kabarnya di masa yang akan datang, YouTube bakalan nambahin fitur ‘NFT for creators’ yang mana hal ini nantinya bisa jadi tambahan pemasukan buat para YouTuber. Nggak cuma ngandelin modal AdSense dari video mereka aja, kabarnya para youtuber pun bisa berjualan NFT di YouTube, Civs.

Kalo kabar ini direalisasikan ke depannya, maka ini bakal jadi langkah pertama buat Alphabet Inc, perusahaan induk Google dan YouTube, untuk terlibat dalam dunia blockchain.

“Kami selalu berfokus untuk memperluas ekosistem YouTube untuk membantu para kreator dalam penggunaan teknologi terbaru, termasuk hal-hal seperti NFT, sembari melanjutkan penguatan dan menambahkan pengalaman-pengalaman baru bagi kreator dan fans,” jelas Susan lewat surat beritanya yang di-publish akhir bulan lalu.

Mbak Susan menganggap pengembangan Web3 sebagai modal inspirasi doi dalam mengembangkan ekosistem yang baru untuk YouTube. Doi melihat banyak peluang baru yang dihasilkan dari teknologi macam crypto, decentralized autonomous organizations (DAOs), dan juga NFT itu sendiri.

Langkah YouTube soal NFT juga ngikutin apa yang rival-nya udah lakuin sebelumnya. Contohnya kayak Twitter yang menerapkan ‘hexagonal profile picture’ buat pengguna yang punya NFT, jadi orang lain tau kalo pfp lo itu NFT asli.

Belum ada info lanjutan soal pengembangan ekosistem NFT di YouTube. Tapi yang jelas, keputusan Mbak Susan soal YouTube yang juga mulai bergerak ke ranah NFT nantinya pasti memercik banyak pro-kontra.

Di satu sisi, pastinya ngebantu pengembangan karya dari si kreator / youtuber. Di sisi lain, aktivis sosial / lingkungan juga pastinya bisa meng-counter argumen dan keputusan dari platform streaming terbesar ini, Civs.

Yak, apapun pergerakan YouTube nantinya, semoga mampu mengakomodir kebutuhan dan kesejahteraan kreator dan penikmatnya, nggak cuma memenuhi kepentingan jajaran direktur perusahaan itu sendiri yak, hahay~ (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.