Tekno

KINI AIR MINUM BISA LANGSUNG DIHASILKAN DARI UDARA

Masalah ketersediaan air minum dunia kini mungkin bakal tinggal sejarah sebab udah ada teknologi buat ubah udara menjadi air layak konsumsi. Berikut berita rincinya buat lo, Civs.

title

FROYONION.COM - Diperkirakan tahun 2025 nanti, separuh populasi dunia mengalami kesulitan akses air bersih. Akibatnya pemenuhan kebutuhan air yang mendasar seperti air minum terancam tidak terpenuhi. Padahal air adalah kebutuhan hidup paling mendasar manusia melebihi bahan makanan lain sekalipun.

Dilansir dari cnbc.com, untuk ikut memecahkan masalah ketersediaan air bersih itu baru-baru ini, pengusaha teknologi Bill Gates dan Blackrock kasih support dana buat startup yang membuat panel hidro yang bisa membuat air bersih layak minum dari udara. Bentuknya mirip panel surya tapi bedanya yang dihasilkan adalah air bersih.

Source Global, demikian nama startup ini, memperkenalkan metode produksi air bersih dari udara dan memberikan akses air bersih ke mereka yang paling membutuhkan. Sang CEO, Cody Friesen, merancang panel-panel hidro tersebut di tahun 2014 di  Ira A. Fulton Schools of Engineering, milik Arizona State University, tempatnya mengajar.

Setahun kemudian (2015), Friesen mendirikan Source Global dan menjual panel hidro seharga US$2000 per unit. Panel hidro ini mengolah sinar matahari dan udara lalu memproduksi air minum bagi siapa saja yang membutuhkannya, kata Friesen.

BACA JUGA: MELALUI KOPI DAN SENI, PROJECT ‘KEPADA TANAH’ AJAK KITA LEBIH PEDULI ISU WADAS

Cara kerja panel hidro itu sederhananya begini: menyerap uap air di udara dan memampatkannya menjadi sebuah bentuk yang 10 ribu kali lipat lebih padat daripada di atmosfer. Dengan memakai sinar mentari, pandel hidro ini kemudian mengubah molekul-molekul menjadi air yang dikumpulkan dalam sebuah penampungan khusus dalam panel dan kemudian dikeluarkan dalam wujud air murni yang layak konsumsi.

Di tahun 2018 Source Global berhasil memasang 40 unit panel hidro di Kenya yang kerap dilanda kekeringan sehingga penduduknya mengalami kesusahan akses air bersih untuk minum dan kebutuhan sehari-hari.

Kini Source Global sudah memasang panel hidro di 52 negara dalam 540 proyek. Perusahaan itu mengumpulkan US$150 juta dari para investor terkemuka termasuk Bill Gates melalui Breakthrough Energy Ventures, Blackrock, Duke Energy dan Lightsmith Group.

Teknologi panel hidro penghasil air minum ini sangat dibutuhkan di berbagai wilayah yang mengalami krisis air seperti India. Diperkirakan ada 800 ribu jiwa yang tersebar di berbagai wilayah perdesaan belum memiliki akses yang memadai ke sumber air minum yang bersih. 

Dengan perubahan iklim yang makin tak terkendali, angka ini makin membesar di seluruh dunia. Tak kurang 4 miliar orang kekurangan air setidaknya 1 bulan dalam setahun, menurut proyeksi Unicef sehingga masalah ini sudah demikian mendesak untuk dipecahkan. (*/)

BACA JUGA: CARA KREATIF MASYARAKAT SIAK BUAT GALAKKAN KESADARAN LINGKUNGAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Akhlis

Editor in-chief website yang lagi lo baca