Viral

CINEMATIC MODE DI IPHONE 13: BISAKAH BIKIN FANS ANDROID ‘CONVERT’?

Akhirnya setelah penantian yang kerasa lama banget buat ‘Apple fan boys and girls’, hari ini tanggal 19 Oktober 2021 akhirnya iPhone 13 resmi diluncurkan di Indonesia. Tapi apakah smartphone keluaran Apple ini memenuhi hype-nya?

title

FROYONION.COM - Akhirnya setelah menanti-nanti sekian lama, lini iPhone 13 resmi diluncurkan di Indonesia mulai hari ini (19/11). Sebelumnya smartphone satu ini udah bisa dipesan lewat pre-order mulai tanggal 12 November 2021 lalu. Rentang harganya dari Rp13 juta (Mini) sampai Rp20 juta (Pro Max).

Untuk seri 13 ini sendiri menawarkan beberapa fitur yang diunggulkan sebagai inovasi dari seri-seri sebelumnya. Pertama dari body-nya yang menerapkan flat edge dari alumunium yang bikin pengalaman menggunakan iPhone 13 ini jadi terasa lebih mewah. Layar depannya juga dilengkapi dengan ceramic shield front yang jauh lebih kuat buat ngelindungin layar. 

Selain itu ada juga A15 Bionic sebagai system on chip (SoC) yang digunakan dalam seri 13 ini. A15 Bionic inilah yang mendukung kinerja fitur unggulan lainnya dalam lini ini. 

A15 Bionic juga mendukung kinerja 6 CPU yang ada dalam lini iPhone 13 yang menjadikan smartphone satu ini 50% lebih cepat dari smartphone lainnya. Lalu seperti yang udah disebutin, ada mode baru dalam fitur pengambilan gambarnya yaitu cinematic modeDengan menggunakan fitur ini, akan sangat memungkinkan untuk menghasilkan kualitas video yang setara dengan kamera profesional. 
 

Spesifikasi kamera pada lini iPhone 13 (Foto: Apple) 

Untuk spek kameranya sendiri kelihatan pro banget ya? Kayak nggak usah beli kamera profesional lagi karena pake kamera iPhone 13 aja cukup banget. Dalam Apple Event yang diadakan pada 14 September lalu, Apple menampilkan sebuah film pendek yang produksinya cuma pake kamera iPhone 13 aja. 

Jujur, hasil video yang dihasilkan sama sekali nggak nunjukin kalo dibuat sama segenggam smartphone doang. Hasil gambarnya tajem, warnanya keluar, bahkan detail-detail kulit juga kelihatan. 

Menurut gue, kamera lini iPhone 13 ini menyasar kepada pengguna Apple yang butuh spesifikasi kamera yang bagus untuk sehari-hari. Bisa berguna banget buat lo yang kerja sebagai content creator karena akan memudahkan kinerja lo banget. Cukup pakai 1 gadget dan kerjaan lo bisa beres. Bisa juga buat lo yang emang butuh foto-foto bagus tiap hari. Kayak jurnalis atau wartawan yang harus ngeliput dadakan, beli iPhone 13 bisa dihitung sebagai investasi. 

Hal ini juga yang sebenernya selalu dijual sama Apple, yaitu kemudahan penggunanya. Berhubung gue pengguna Android, kerasa banget tuh kalo ada beberapa fitur yang eksklusif banget untuk pengguna Apple. Sesederhana AirDrop yang bikin ngirim foto, lagu, apapun itu, jadi lebih mudah. Sedangkan untuk gue si pengguna Android tetep ngandelin kalimat, “Eh, kirim WA dong. Gue kagak ada AirDrop-AirDropan.” 

Hehe, sedih juga yak. Keluarnya seri iPhone 13 ini bikin gue mikir apakah gue harus berpaling dari Android ke iPhone. Kalo dulu alasan gue tetep kekeuh pake Android adalah karena harganya yang jauh lebih terjangkau dan pedoman nggak pengen FoMO sama yang lagi trending. 

Tapi setelah dikelilingi oleh 85% pengguna Apple di sekitar gue, keinginan untuk pake iPhone jadi makin meningkat nih. Apalagi sekarang iPhone 13 punya kapasitas baterai yang lebih awet sampai 19 jam. Jelas Apple bener-bener merhatiin keluhan konsumennya yang dulu suka protes sama baterai iPhone yang suka bocor. 

Setelah gue tanya-tanya ke Sonia dan Lisa sebagai pengguna setia iPhone sejak 10 tahun lalu, ada beberapa keunggulan iPhone yang nggak bisa didapetin lewat smartphone Android nggak peduli seberkembang apa Android saat ini. 

“iPhone tuh jarang nge-lag gitu menurut gue. Kayak ‘licin’ aja buat buka aplikasi. Sebelumnya gue juga pernah pake Android dan menurut gue agak ngadet gitu. Tapi kalo iPhone lancar jaya. Makanya sampe sekarang gue setia sama iPhone,” cetus Sonia yang saat ini sayang banget sama iPhone 12 warna toscanya.

Hampir sama dengan Sonia, Lisa juga bilang kalo experience pake iPhone emang beda banget dengan waktu dia pake Android. 

“Menurut gue iPhone lebih ringkes dan modern. Tampilannya simple dan nggak norak. Fitur-fitur di iPhone juga banyak memudahkan pekerjaan gue yang selalu butuh gadget tiap hari. iPhone juga awet banget. Mungkin dulu waktu zaman iPhone 4S cepet rusak kalo jatoh. Tapi semenjak iPhone 7 sampai sekarang gue pake yang 12, aman banget kok,” kata Lisa. 

Itu tadi beberapa keunggulan yang ditawarkan sama lini iPhone 13 beserta testimoni beberapa pengguna iPhone. Spek lengkapnya bisa lo cek langsung di sini

Buat lo yang tertarik buat langsung beli, bisa deh meluncur ke mitra resmi Apple terdekat. Kabarnya, untuk stok di Indonesia masih sangat terbatas, lho. Bahkan kabarnya hari ini (19/11)  stok iPhone 13 Pro Max udah habis di iBox. 

Hmm.. Lini iPhone 13 ini bahaya sih, bisa bikin prinsip ‘Android selamanya’ yang udah gue anut bertahun-tahun runtuh karena speknya yang manteb. Mungkin juga bisa nyenggol pengguna Android lainnya nih buat ikutan berpaling. Kalo buat pengguna setia Apple, mungkin lini iPhone 13 bisa jadi pilihan untuk upgrade. 

Kalo lo sendiri, gimana? Tertarik buat beli? (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor