Tech

SAMSUNG RILIS GALAXY S23 ULTRA, HADIRKAN KAMERA CANGGIH 200 MP DALAM GENGGAMAN

Samsung rilis ponsel dengan kualitas kamera yang super canggih nih Civs. Coba deh intip nih review seberapa garangnya kamera dengan resolusi 200 MP ini!

title

FROYONION.COM - Raksasa teknologi asal Korea, Samsung kembali menghadirkan ponsel flagship dengan beragam fitur unggulan yang memiliki teknologi unggulan di abad ke-22 ini. Mereka resmi merilis ponsel jenis Galaxy S23 ultra melalui gelaran 'Galaxy Unpacked' pada Kamis (2/2) hari ini.

Ponsel ini merupakan varian paling premium dari kelas Galaxy S23 yang sudah ada sebelumnya. Salah satu fitur yang diunggulkan dari ponsel ini ialah kamera super canggih yang membantu para penggunanya untuk meng-explore kreativitas visual semudah dari gadget yang mereka bawa ke mana-mana. 

Kampanye mereka pun sudah dilakukan secara besar-besaran dengan menggaet banyak influencers ataupun tokoh ternama lainnya dari berbagai bidang. Kalau dilihat sih memang kayaknya Samsung pede banget dengan teknologi mutakhir yang dihadirkan di ponsel ini. 

Nah, salah satu yang diunggulkan adalah kamera resolusi tinggi hingga 200 megapixel (MP) yang diusung dengan nama Adaptive Pixel. Coba lo bayangin, kira-kira bakal seberapa tajem gambar yang bisa diambil dari ponsel tersebut. Sebagai gambaran nih, ponsel iPhone 14 aja yang sering jadi andalan buat jepret foto berresolusi tinggi cuma dilengkapi dengan kamera 48 MP. 

Dengan begitu artinya ponsel Samsung S23 Ultra ini punya resolusi hampir empat kali lipat lebih tinggi. 

APA KEUNTUNGAN KAMERA DENGAN RESOLUSI TINGGI? 

Biasanya salah satu keistimewaan kamera ponsel adalah jadi alat yang ringkes dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Semakin canggih ponsel sekarang ini, kamera yang dihadirkan pun hasilnya makin baik juga untuk menandingi kamera sungguhan yang lebih besar. 

Dengan resolusi jumbo di ponsel, kualitas gambar yang diambil ketika pengguna melakukan aktivitas zooming menjadi lebih baik. Nantinya gambar yang dihasilkan jadi nggak mudah pecah meskipun diambil dari jarak yang jauh. Selain itu juga, lo bisa melakukan aktivitas cropping foto dengan lebih aman karena gambar tidak mengalami penurunan kualitas secara signifikan. 

BACA JUGA: XIAOMI 12T, SATU LAGI ALASAN UNTUK BERTERIMAKASIH PADA HP CHINA

Dalam situs resmi Samsung, dijelaskan kalau teknologi Adaptive Pixel yang dituangkan dalam ponsel ini nantinya membantu penggunanya untuk meng-capture tiap epic moment secara lebih presisi. Salah satunya didukung dengan teknologi pixel binning yang membantu pengambilan gambar beresolusi tinggi dalam satu waktu. 

Nggak kalah juga, Samsung mengedepankan teknologi tingkat tinggi untuk kamera depan yang kini jadi salah satu andalan bagi banyak anak muda dalam berkomunikasi ataupun mengambil gambar (baca: selfie). Nah, klaim Samsung sih akan ada fitur autofokus super cepat dan kamera super HDR pertama di kamera depan yang dilengkapi kapabilitas pengambilan video dari 30fps ke 60 fps. 

BUKAN CUMA RESOLUSI JUMBO

Melalui varian Galaxy S23 Ultra, Samsung juga melengkapi ponsel ini dengan beragam tools yang bisa meningkatkan pengalaman fotografi. Misalnya, aplikasi Expert RAW yang tersedia eksklusif di Samsung Galaxy ini bisa membantu lo buat memotret dengan format RAW dan JPEG seperti yang tersedia pada kamera DSLR. Melalui aplikasi ini juga, lo bisa melakukan photo editing langsung dari ponsel. 

Yang unik juga, kalau lo beli ponsel ini nantinya lo bisa melakukan pengambilan gambar ataupun aktivitas zooming melalui aplikasi Camera Controller di Galaxy Watch5 Series. Jadinya, kalau lo taruh ponsel di tempat yang jauh pengambilan gambar secara sempurna masih bisa dilakukan cukup deri pergelangan tangan. 

Selain itu, raksasa teknologi ini juga mengembangkan banyak keunggulan lain dari kamera yang dimiliki. Misalnya doubled optical image stabilizer (OIS) dari semua arah yang membuat pengambilan video tetap stabil dalam situasi low-light atau lainnya yang membuat gambar jadi buram.

Terus juga ada pengembangan pada perangkat perekaman video menjadi 8K pada 30fps sehingga video yang lo ambil bisa lebih dikreasiin buat jadi lebih cinematic. Oh iya, klaim mereka sih perekaman video dengan 30fps itu juga bisa dilakukan dengan angle yang lebih lebar. 

BACA JUGA: IPHONE 15 BAKAL DIJUAL MURAH?

Selain itu, mereka juga mengusung teknologi pengenal objek AI yang bisa menganalisis frame gambar secara detail hingga ke kontur wajah yang unik. Beberapa fitur itu nantinya diharapkan bisa mereduksi noise gambar yang dihasilkan dengan signifikan.

Adapun kamera yang mereka unggulkan itu nantinya akan ada sejumlah empat pasang di belakang dengan masing-masing resolusi 200 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 10 MP (telefoto, optical zoom 3x), dan 10 MP (telefoto optical zoom 10x).

Andalan Samsung sebelum ini merupakan Galaxy S22 Ultra yang dikeluarkan tahun lalu. Kamera pada ponsel tersebut punya resolusi hingga 100MP dan dilengkapi dengan fungsi space zoom hingga 100x. Upgrade kamera secara signifikan pada dua varian ini nggak terlepas dari bantuan kendali chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang meningkatkan performa CPU hingga 36%. 

Sebutan Samsung untuk chipset unggulannya itu disebut sebagai 'For Galaxy'. Kemampuan pemroses yang super garang itu diharapkan bisa meningkatkan performa gaming setara dengan apa yang diterapkan pada konsol video games ataupun PC Gaming (teknologi ray tracing, rendering super cepat).

Dalam hal ini, Samsung juga menghadirkan vapor cooling chamber yang lebih besar untuk seluruh model Galaxy S23 Series 5G untuk mendukung pengguna bermain games dengan lancar. 

Kalau lo mau punya HP canggih ini, setelah dirilis lo bisa melakukan pre-order di situs samsung.com/id sejak 2 Februari hingga 23 Februari 2023. Dapetin varian Galaxy S23 Ultra 5G, Galaxy S23+ 5G, dan Galaxy S23 5G dengan harga mulai dari Rp12.999.000.

Menurut lo gimana Civs, apakah Samsung Galaxy S23 Ultra ini worth to buy? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!