Tech

IPHONE 15 BAKAL DIJUAL MURAH?

Kalau emang iPhone 15 dijual murah, kira-kira perlu nggak ya buat upgrade lagi nih kalau udah punya iPhone 14 Civs?

title

FROYONION.COM - Beberapa waktu terakhir lagi banyak rumor yang beredar nih Civs soal kemungkinan iPhone 15 yang bakal dirilis tahun ini, tepatnya pada September 2023. Tepat setahun setelah seri iPhone 14 rilis 2022 kemarin, kira-kira worth it nggak ya upgrade jadi iPhone 15 kali ini? 

Tapi di lain itu, ada hal yang bikin kaget juga, Civs. Ada desas-desus kalau keluaran seri terbaru dari iPhone ini bakal dibanderol dengan harga yang murah. 

Emang sih kayaknya belakangan perusahaan Apple lagi muter otak buat bisa ngalahin pesaing-pesaingnya di dunia gadget dari segi harga. Diketahui, Apple memang mentereng sebagai brand mewah dengan segudang kualitas ponsel terbaik yang diakui banyak dunia. 

Dilansir dari macworld, disebutkan kalau harga iPhone 15 Plus digadang-gadang bakal dimulai dari US$849 dollar alias sekitar Rp13,2 juta atau US$799 dollar atau Rp12,4 juta. Strategi ini diambil gara-gara stok penjualan iPhone 14 Plus yang disebut lesu sejak dirilis Oktober 2022 lalu.

Sebagai informasi, rumor ini disebarkan sama seorang pembocor informasi soal gadget a.k.a tipster bernama yeux1122 di blog Naver. Doi sih menyebutkan kalau penjualan ponsel iPhone 14 Plus itu jauh dari proyeksi yang sudah dibikin Apple. 

Buat mengakomodasi model Plus di iPhone 15 nanti, makanya raksasa teknologi ini bakal mencoba strategi penurunan harga pada ponsel tersebut. Kalau lo nggak kebayang tentang kira-kira murah atau enggaknya ponsel ini, coba gue kasih perbandingan nih.

BACA JUGA: SENSOR KAMERA SONY DI IPHONE 15, BIKIN UNTUNG ATAU BUNTUNG?

Sekarang ini iPhone 14 Plus dibanderol dengan harga US$899 atau sekitar Rp13,9 juta. Sementara, iPhone 14 Pro Max sebagai model tertinggi mereka saat ini dijual dengan harga US$1.099 atau sekitar Rp17,1 juta. Nah dengan begitu, cukup berasa kan beda harga dari iPhone 15 Plus sebagaimana tercatat di atas tadi? 

Masih merujuk pada penerawangan tipster yeux1122 tadi, penurunan harga itu nantinya bakal berpengaruh ke model iPhone terbaru ini yang bakal jadi lebih kecil 6,1 inci. Tapi emang sih, belum ada keterangan resmi dari Apple sejauh ini tentang rumor yang beredar. 

Akun yeux1122 diketahui memang punya rekam jejak membocorkan sejumlah informasi terkait iPhone dengan tepat. Salah satunya terekam dari prediksi harga, chip dan warna iPhone 14 Pro terdahulu. Makanya, seringkali informasi yang disebarkan akun ini dipercaya banyak orang sebagai 'clue'. 

Kalau menurut doi, strategi penurunan harga Apple ini dilakukan secara pasti untuk memahami target pasar mereka sekarang ini. Dipercaya juga kalau penurunan harga bakal dimaknai positif oleh konsumen. 

BACA JUGA: DILEMA ANAK MUDA MASA KINI, BELI IPHONE MURAH TAPI BERISIKO

FITUR APA AJA DI IPHONE 15? 

Nah, informasi lain yang gue dapat dari Macrumors mengatakan kalau iPhone 15 ini nggak bakal jauh berbeda dari pendahulunya. Ponsel masih akan tetap menggunakan USB-C dengan teknologi kamera periskop dan chip modern Qualcomm. 

Tapi, menurut jurnalis Bloomberg Mark Gunman, Apple diperkirakan bakal menggunakan model 'ultra' sebagai versi tertingginya pada seri ini menggantikan versi 'Pro Max' sebagaimana dipakai ponsel sebelumnya. Diketahui, penyematan kata 'ultra' juga sudah dipakai untuk memperkenalkan Apple Watch Ultra pada 2022 lalu. 

Selain itu, desas-desus lain mengatakan kalau iPhone 15 nantinya tidak akan memiliki notch. Tapi, diperkirakan kalau seluruh seri iPhone 15 ini nantinya bakal dilengkapi dengan dynamic island sebagaimana diperkenalkan pertama kali pada iPhone 14 Pro. 

Dari sisi desain ponsel, tidak akan ada perubahan yang signifikan dari iPhone 14. Selain itu, nggak akan ada juga fitur Touch ID pada model ini nantinya, sehingga pengguna harus terus menggunakan Face ID untuk membuka kunci. 

Hal ini dilakukan untuk mengganti pengerjaan fitur Face ID di bawah layar yang belum rampung tahun ini --diperkirakan selesai 2025--. 

Dari sisi transfer data, pastinya ponsel ini bakal lebih cepat dan unggul karena mengadopsi port USB-C. Emang sih, hal ini nggak lepas dari kebijakan Eropa yang mengharuskan ponsel menggunakan port jenis tersebut di negaranya. Jadinya, raksasa penghasil ponsel pintar ini harus mengganti port lightning andalannya selama ini kalau mau masuk ke pasar Eropa. 

Menurut analis Apple, iPhone 15 Pro nantinya bakal didukung dengan USB 3.2 atau jenis Thunderbolt 3. Sehingga, proses transfer video ataupun file lainnya bakal bisa lebih cepat hingga 20GB/s. Bahkan, kalau pakai Thunderbolt 3, maka transfer data bisa mencapai kecepatan 40Gb/s. 

Buat seri ini sih memang belum ada gebrakan baru buat chip penggeraknya. Apple masih akan bakal menggunakan chip modem 5g Qualcomm. Padahal, sebelumnya ada desas-desus kalau mereka bakal menggunakan chip modem internalnya sendiri yang paling cepat tahun ini, tapi sepertinya teknologi itu belum siap. 

KAMERA YANG MAKIN TOP

Di ponsel ini, kemungkinan besar akan diperkenalkan teknologi lensa telefoto bernama 'periskop'. Dengan mendapat lensa ini, maka kemampuan zoom optik bakal jauh lebih baik dibandingkan dengan lensa telefoto biasa.

Nantinya, zoom optik bisa dilakukan hingga 5-10 kali. Berbeda dengan kemampuan zoom yang bisa dilakukan iPhone terbaik saat ini pada model Pro, yakni terbatas pada 3 kali zoom.

Tapi sih, desas-desus mengatakan kalau lensa periskop ini cuma bisa lo nikmati terbatas pada model paling atas iPhone 15 dan termahal pastinya. 

Di sisi lain, sensor kamera juga diperkirakan bakal menggunakan punya Sony sehingga bisa lebih canggih sekarang ini. Belum ketahuan sih jenis sensor apa yang bakal dipakai, tapi katanya sih teknologi ini memungkinkan pengambilan gambar meski terganggu cahaya. Sehingga, bisa secara otomatis mengurangi kekurangan atau kelebihan pencahayaan. 

Dengan kata lain, kalau lo ambil gambar backlight atau objek yang membelakangi sumber cahaya, maka kemungkinan dengan sensor ini bisa mengoreksi hal tersebut sehingga bukan lagi masalah. 

Nah, kalau dengan iming-iming harga yang lebih murah dan beberapa upgrade fitur sebagaimana gue tulis di atas ini. Menurut lo apakah iPhone 15 ini layak buat dibeli tahun ini? Bisa nggak ya ponsel Apple benar-benar jadi investasi berjangka panjang meski update serinya secepat ini. (*/)

BACA JUGA: APPLE RILIS IPAD MURAH YANG MUNGKIN COCOK BUAT LO KAUM MENDANG-MENDING

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!