Tips

5 TIPS BANYAKIN FOLLOWERS INSTAGRAM NGGAK PAKE BELI

Punya jumlah pengikut atau followers yang tinggi di Instagram bisa mendatangkan lo banyak keuntungan. Mulai dari jaringan yang luas hingga peluang bisnis. Gimana caranya? Mari kita simak!

title

FROYONION.COM – Media sosial sudah menjadi wadah atau media untuk anak muda berkarya, apalagi jika mereka mampu menciptakan karya ciamik yang membuat pengguna tertarik. Percaya deh cepat atau lambat lo akan mampu mengumpulkan banyak pengikut.

Sadar atau nggak, media sosial jadi tren anak muda Indonesia sebagai sumber keuntungan. Nggak cuma soal endorse terus lo dapat uang, lo juga bisa mendapat relasi orang-orang penting di sana.

Punya banyak followers di Instagram menjadi hal penting untuk mempertahankan eksistensi seseorang. Tentu saja ini bukan sekedar angka yang tinggi, melainkan followers yang benar-benar terhubung dengan akun IG alias bukan bot.

Lo pasti tau jasa suntik followers Instagram menjamur dimana-mana. Penawaran yang datang nggak jarang bikin lo tertarik. Tinggal bayar lantas followers cepat naik.

Daripada membayar untuk layanan yang belum jelas kualitasnya, lebih baik memahami ilmu dasar. Meskipun perkembangannya nggak instan, namun sudah pasti pengikut akun lo bukan bot.

Lo nggak perlu merogoh kocek untuk membeli followers. Tips ini bakal dibagikan oleh Jerry Salim yang merupakan praktisi sosial media khususnya Instagram dan ahli memperbanyak followers IG dengan langkah-langkah efektif.

OPTIMASI BIO INSTAGRAM

Nah soal Bio di Instagram, kalo kata Jerry nggak boleh diisi sembarangan. Lo harus bisa memberikan gambaran umum tentang lo atau bisnis yang lo kerjakan dalam 150 karakter di sana.

Di sini juga harus mencakup beberapa hal penting seperti, kepribadian merek, deskripsi jelas, dan jangan lupa Call to Action (klik tautan, hubungi kami, baca lebih lanjut dan lain-lain).

"Bio Instagram adalah hal pertama yang dilihat oleh banyak orang, sehingga harus bisa memberitahu siapa pemilik akun pengguna," kata Jerry mengutip Detik.com.

BEREKSPERIMEN WAKTU POSTING

Bereksperimen waktu posting. Memang nggak ada patokan yang pasti untuk waktu posting terbaik di IG. Setiap akun memiliki pasar yang berbeda sesuai minat masing-masing. Ada konten untuk anak-anak, remaja dan dewasa.

Lo bisa memanfaatkan fitur Insights untuk mengetahui jam-jam followers paling aktif. Nah dari fitur itu dilaporkan secara lengkap, mengenai jangkauan konten dan waktunya.

Kata Jerry, sebagai bahan uji coba, lo bisa memposting di waktu berbeda. Nanti lo bakal tau kapan followers akun lo paling aktif.

PELAJARI ALGORITMA IG

Selanjutnya soal Algoritma. Algoritma adalah cara kerja IG untuk mempromosikan sebuah konten kepada pengguna. Agar lo bisa menjangkau banyak orang, lo mesti mempelajarinya.

Lo mungkin bisa mempelajari dari faktor yang buat postingan muncul di timeline. Seperti Timeliness (seberapa baru postingan), Interest (minat seseorang berdasarkan aktivitas sebelumnya/komentar/like), Frequency (seberapa sering pengguna membuka IG) hingga Following (sebuah postingan dari akun yang diikuti).

"Tanpa memahami algoritma IG dengan baik dan benar, maka jangkauan konten Anda kurang maksimal karena pihak IG tidak memprioritaskannya untuk dibagikan kepada pengguna lain" jelas Jerry.

LO MESTI KONSISTEN POSTING

Ini jadi kunci penting untuk terus memperbanyak followers Instagram. Memang setelah lo posting konten secara konsisten nggak ada perubahan. Namun, seiring berjalannya waktu pasti mendapatkan engagement yang baik.

Tujuannya agar algoritma Instagram mau menampilkan postingan di bagian teratas feed followers. Terus upload konten yang relevan dengan tema akun yang udah lo tentukan setiap hari.

MESTI COBA BERBAGAI MACAM KONTEN

Tadi udah, soal konsisten posting. Sekarang lo mesti coba berbagai jenis konten apabila merasa stuck dengan konten lo yang sekarang. Stuck gimana sih? Kayak misalkan lo udah konsisten posting konten setiap hari, tapi engagement dan followers masih segitu-segitu aja.

Banyak faktor yang jadi penyebab stuck Civs. Bisa jadi karena audience lo kurang minat terhadap konten tersebut. Alhasil algoritma tadi sama sekali nggak melirik konten lo untuk dibagikan ke lebih banyak orang.

Lo mungkin bisa analisa sederhana atau riset manual soal apa yang paling banyak dicari orang. Atau mungkin bisa cari yang lagi hype saat ini atau lo bisa cari apa yang lagi banyak jadi perbincangan banyak orang.

Nah beda cerita kalo konten yang lo bikin mampu menarik interaksi pengguna lain, otomatis IG menyebarkan ke lebih banyak orang.

Segitu dulu Civs, cara-cara di atas mungkin bisa lo praktekkan dan terapkan di Instagram lo. Sedikit demi sedikit asal konsisten pengikut lo bakal naik secara organik, jangan lupa untuk terus berkarya dan bikin bangga Civs! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.