Tech

ENAM REKOMENDASI LAPTOP BUAT PEKERJA HYBRID

Belakangan, makin banyak pekerja kantoran yang memilih untuk WFA alias Work From Anywhere. Istilah kerennya sih pekerja hybrid. Kerja dari mana saja kayak gini harus ditunjang device yang mumpuni, dong. Salah satunya adalah laptop.

title

FROYONION.COM - Selepas pandemi, sempat muncul perdebatan apakah sebaiknya karyawan tetap bekerja dari rumah (WFH) atau kembali bekerja di kantor (WFO). Di tengah perdebatan itu, muncul jalan tengah untuk bisa bekerja dari mana saja alias Work From Anywhere (WFA). 

Artinya, pekerja WFA bisa sesekali pergi ke kantor untuk bekerja, tapi bisa juga memilih untuk bekerja dari rumah atau tempat lain. Yang penting kerjaan beres! Istilah keren yang biasa digunakan untuk pekerja WFA ini tuh hybrid, alias percampuran antara WFO dan WFH.

Pekerja hybrid biasanya akan memilih working space di luar rumah seperti kafe atau co-working space sebagai lokasi kerja selain di kantor atau rumah. Bekerja secara hybrid seperti ini tentu harus didukung dengan device yang mumpuni. Salah satunya adalah laptop. 

Laptop memegang peranan penting bagi pekerja hybrid karena hampir semua pekerjaan dilakukan melalui device yang satu ini. Kinerjanya harus tangkas, bisa diajak multitask, baterai awet dan dilengkapi fitur-fitur canggih buat mendukung pekerjaan sehari-hari. 

Buat kalian pekerja hybrid yang lagi cari rekomendasi laptop buat kerja dari mana saja, cek daftar di bawah, deh. Lengkap nih, mulai dari laptop bisnis premium sampai chromebook yang ringkas tapi tetap efisien.  

BACA JUGA:

REKOMENDASI LAPTOP UNTUK DESAIN GRAFIS, ANTI LELET! 

1. ACER TRAVELMATE P2

Nggak harus mahal, laptop buat pekerja hybrid dari pabrikan Acer ini dibanderol mulai Rp12 jutaan aja. Bobotnya lumayan enteng, cuma 1.6 kilogram. Pas banget buat dibawa ke mana-mana. 

Dengan harga yang masih cukup terjangkau, Acer TravelMate P2 menghadirkan fitur luar biasa. Tampilannya dijamin cakep dengan layar WUXGA 16:10. Kegiatan mengetik juga bisa dilakukan dengan nyaman berkat touchpad OceanGlass yang berukuran lebih besar serta tombol keyboard berjarak 1.55 mm.  

Engselnya bisa diputar hingga 180 derajat sehingga kalian akan dapat meletakkannya secara mendatar apabila diperlukan. Acer TravelMate P2 nggak ketinggalan dilengkapi fast charging. Cukup 30 menit pengisian daya dan kalian sudah bisa menggunakannya untuk menonton video selama 4 jam. Keren! 

2. ACER TRAVELMATE P4

Cari laptop yang ringan namun tetap tangguh? Acer TravelMate P4 bisa jadi pilihannya. Laptop satu ini sudah berstandar militer dengan sertifikasi MIL-STD-810H. Desainnya tipis dan ringan, beratnya aja cuma 1.3 kilogram.  

Nggak sekedar tipis dan tangguh, Acer TravelMate P4 juga turut dilengkapi fitur-fitur kekinian yang pasti mendukung kinerja sehari-hari. Sebut saja mulai dari FHD IR Webcam, Privacy Panel, Fingerprint, serta Backlit Keyboard. 

Dihargai di angka Rp20 jutaan, Acer TravelMate P4 menawarkan peningkatan performa melalui layar WUXGA dan prosesor IntelCore generasi ke-13 dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2050. Semua ini masih ditambah pengisian cepat 65Wh serta baterai yang tahan lama.  

Singkatnya sih, laptop tahan banting! Pas banget buat kalian yang kerjanya suka pindah-pindah dari satu coffeeshop ke coffeeshop lainnya. 

BACA JUGA:

LAPTOP FOLDABLE HARGA 50 JUTAAN? WORTH TO BUY NGGAK SIH? 

3. ACER TRAVELMATE P4 SPIN

Selain Acer TravelMate P4, ada lagi varian selanjutnya yaitu P4 Spin. Bedanya, jika Acer TravelMate P4 di poin kedua di atas masih berupa notebook dengan mode clamshell dan tanpa touchscreen, P4 Spin hadir dengan tampilan yang lebih modern.

Engsel laptop ini bisa diputar hingga 360 derajat alias convertible. Layarnya juga sudah mendukung touchscreen dengan resolusi 2.2K untuk menghadirkan pengalaman visual yang menyenangkan. Tersedia pula stylus pen untuk memudahkan kalian menulis catatan tangan.  

Didukung prosesor IntelCore i7 vPro Generasi ke-13 dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2050, laptop ini pastinya tangguh untuk diajak multitasking. Harus zoom meeting di luar ruangan? Tenang, TravelMate P4 Spin dilengkapi kamera custom hingga 1080p HD video 60fps dan IR Camera yang dapat melakukan face recognition

Tersedia pula dual microphone yang turut dioptimisasi dengan Acer Purified Voice AI-powered noise-reduction. Suara yang keluar bakal lebih jernih tanpa adanya gangguan ketika melakukan video conferencing. Hmm, budget Rp20 jutaan bakal worth it banget sih buat meminang Acer TravelMate P4 Spin ini. 

4. ACER TRAVELMATE P6

Buat kalian para eksekutif muda yang sering bepergian dan butuh laptop bisnis premium, ada Acer TravelMate P6 untuk kalian. Dari segi layar aja sudah keliatan betapa premiumnya laptop satu ini. Panel layarnya dipersenjatai OLED 2.8K untuk pengalaman melihat yang lebih baik.  

Jeroannya sudah menggunakan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-13 dan desain Intel Evo. Memori LPDDR5 32 GB dengan pengisian cepat 65 Wh akan membuatnya semakin ideal sebagai laptop bisnis.  

Pertemuan bisnis online melalui zoom meeting atau video conference juga diakomodir dengan baik oleh Acer TravelMate P6. Sejumlah fitur disematkan mulai dari webcam FHD IR, teknologi noise-reduction melalui Acer Purified Voice yang sudah bertenaga AI hingga speaker yang menghadap atas dengan DTS Audio. 

Masih kurang? Ada lagi fitur Privacy Panel yang akan mengaburkan sudut pandang hingga lebih dari 90 derajat. Ini akan menghindari kegiatan di laptop dari pengintaian. Koneksi internet nirkabel juga dijamin lebih cepat dan kuat berkat konektivitas 2x2 Wi-Fi 6E dan 5G.  

Semua fitur premium dalam laptop bisnis ini terkemas dalam dimensi yang terbilang  compact dan ringan. Bobotnya hanya 1.1 kilogram saja! Sepadan banget dengan harga yang berada di kisaran Rp30 jutaan. 

BACA JUGA:

PRO KONTRA PAKAI LAPTOP KANTOR BUAT KEPENTINGAN PRIBADI

 5. ACER CHROMEBOOK SPIN 714

Kalau kalian termasuk pekerja hybrid dengan pekerjaan yang nggak menuntut spek device terlalu berat, bisa banget nih pilih Acer Chromebook Spin 714. Sesuai namanya, chromebook ini nggak menggunakan OS seperti yang biasanya ada pada laptop seperti Windows, Linux ataupun Mac melainkan Chrome OS.  

Seluruh ekosistem Google pastinya akan didukung oleh chromebook. Sebut saja seperti Google Document yang menggantikan Microsoft Word hingga penyimpanan data Google Drive. Nah, hal-hal inilah yang membuat chromebook memiliki kinerja yang lebih efisien dibanding laptop biasa.

Acer Chromebook Spin 714 hadir guna mendukung produktivitas dengan tetap memiliki desain tangguh. Ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-13 untuk memaksimalkan kinerja responsif, device ini juga turut mengusung desain konvertibel dengan layar 14 inchi WUXGA serta active stylus USI.  

Harus melakukan video conference di rumah? Beres, ada webcam QHD 2K serta audio premium yang akan memberi kejernihan suara. Butuh device-nya untuk dipakai seharian? Tenang, teknologi pengisian daya cepat hanya butuh waktu 30 menit untuk penggunaan selama empat jam.  

Chromebook ini juga tetap tahan banting berkat sasis aluminium anodized yang telah tersertifikasi standar MIL-STD 810 dari Amerika. Ini menjadikannya tahan terhadap keausan sebagai akibat dari penggunaan sehari-hari, tahan tekukan dan penyok serta mampu menangkal korosi guna mempertahankan tampilannya. 

6. ACER CHROMEBOOK ENTERPRISE SPIN 714 

Nah, kalau yang satu ini bakal cocok buat kalian para pekerja kantoran. Acer Chromebook Enterprise Spin 714 akan memberi penggunanya akses penuh ke Chrome Enterprise Upgrade. Kemampuan bisnis bawaan dari Chrome OS akan bisa kalian dapatkan. 

Manfaatnya apa aja, nih? Departemen IT nantinya akan dapat dengan mudah mengirim perangkat kepada karyawan melalui pendaftaran tanpa sentuh. Pengelolaan dan pengamanan perangkat juga dapat dilakukan tanpa hambatan yang akan membantu mengurangi biaya pemeliharaan.  

Perangkat ini akan sangat membantu IT dari beberapa tugas administratif biasa. Keamanan akses ke aplikasi dan data untuk keperluan tenaga kerja cloud juga dapat terjaga. Intinya, akses penuh ini akan sangat membantu pekerjaan sehari-hari. 

Kemampuan bisnis bawaan dari Chrome OS ini juga akan memastikan Acer Chromebook Enterprise Spin 714 memiliki waktu boot yang cukup cepat, kemudahan dalam penggunaan hingga keamanan yang canggih. Aplikasi berbasis Google Play akan memberikan pengguna akses ke seluruh aplikasi yang dibutuhkan dalam pekerjaannya.  

Nah, itu dia enam rekomendasi laptop yang cocok buat kalian para pekerja hybrid. Gimana, udah menentukan laptop mana yang akan menemani kalian WFA? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read