Sports

RICCARDO GAGNO, KIPER YANG CETAK GOL JARAK JAUH DARI PENALTI SENDIRI

Dewi Fortuna itu bernama Riccardo Gagno, seorang kiper 24 tahun yang berhasil membawa timnya menjaga asa di jalur juara. Bukan hanya gol yang indah, kebahagiaan Modena FC malam itu lahir darinya.

title

FROYONION.COM - Jika kiper melakukan penyelamatan gemilang mungkin sudah biasa. Sebut saja Rene Higuita, kiper legendaris kebangsaan Kolombia yang melakukan 'scorpion kick' saat pertandingan kontra Inggris 1995 silam.

Kisah lain yang masih jelas di benak para pendukung Liverpool, Jerzy Dudek yang mengantarkan the Reds juara Liga Champions usai berhasil menggagalkan tendangan penalti para pemain AC Milan di final Istanbul 2005 lalu.

Kini ada nama lain muncul dan menjadi hangat diperbincangkan di media sosial Twitter, bukan karena penyelamatannya, kiper ini justru membawa timnya menang di penghujung laga.

Namanya adalah Riccardo Gagno, kiper Modena FC, klub Serie C atau kasta ketiga Liga Italia.

Ceritanya bermula pada pertandingan Modena FC vs Imolese dalam lanjutan pekan ke-36 Serie C 2021/2022, Sabtu 9 April 2022. Modena FC yang bermain di kandang sendiri justru kewalahan karena barisan pertahanan Imolese.

Hingga babak pertama berakhir, Imolese yang kini berada di posisi 19 klasemen sementara berhasil menahan imbang sang pemuncak klasemen dengan skor sama kuat, 0-0.

Barulah, di pertengahan pertama babak kedua, bek Modena, Antonio Pergreffi membawa tim yang bermarkas di Alberto Braglia Stadium itu unggul, 1-0.

Namun di menit ke-87 petaka bagi rumah terjadi, pemain bertahan Modena dianggap melakukan pelanggaran terhadap penyerang Imolese di dalam kotak penalti sendiri. Wasit yang tak jauh dari kejadian itu pun memberikan hadiah penalti dan mengganjar bek tersebut dengan kartu kuning.

Matteo Livero, sang eksekutor penalti bagi Imolese pun dengan tenang menceploskan bola ke gawang Riccardo Gagno. Meski arah bola bisa ditebak Gagno, tendangan yang terlampau keras membuat Gagno tak bisa menjangkau bola tersebut.

Usai gol itu, Modena FC yang ingin menjaga asa menjadi juara Serie C Italia pun makin mengencangkan serangannya. Beberapa kali peluang tercipta namun tak berujung gol.

Akhirnya, gol penentu kemenangan itu nyatanya datang dari sang kiper, Riccardo Gagno. Menerima back pass dari pemain belakang Modena FC, Gagno yang bermaksud ingin secepatnya mengalirkan bola ke lini serang justru malah mencetak gol penentu kemenangan.

Usai Riccardo Gagno mencetak gol, para pemain Modena FC berlari menghampiri dan memeluknya.
Usai Riccardo Gagno mencetak gol, para pemain Modena FC berlari menghampiri dan memeluknya. (Sumber: Instagram @RiccardoGagno26)

Tendangan keras dari depan kotak penalti yang dilesatkan Gagno membuat kiper Imolese tak berdaya. Bola tendangannya sempat memantul di depan garis kotak penalti dan membuat kiper Imolese yang lebih dulu maju tak dapat menjangkau si kulit bundar.

Tentu gol ini membuat para pemain Modena FC berlari menghampiri Gagno dan ramai-ramai memeluk erat sang 'Dewi Fortuna' dari Modena FC itu.

Malam yang indah bagi kiper berusia 24 tahun itu, selain bisa membawa timnya bertahan di puncak klasemen, malam itu pun tercatat dalam sejarah pribadinya.

Modena FC kini bercokol di punckal klasemen sementara Grup B Serie C dengan 84 angka selisih 4 angka dari pesaing terdekatnya Reggiana yang sama-sama menyisakan dua laga sisa.

Kebahagiaan seluruh warga Modena agaknya berasal dari kaki kiper Riccardo Gagno. Selamat mencatatkan sejarah baru, Gagno! (*/)

BACA JUGA: KISAH PERJUANGAN PRATAMA ARHAN: DARI BLORA KE NEGERI SAKURA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Haidar Rais

Content Writer yang lagi belajar menikmati setiap perjalanan, asam garam, semuanya. Mohon doanya.