Sports

RAMADHAN SANANTA: MASA DEPAN PENYERANG TIMNAS INDONESIA

Musim gemilang Ramadhan Sananta bersama PSM Makassar pada musim ini menghantarkan dirinya menjadi salah satu andalan lini serang Timnas Indonesia dalam helatan Sea Games 2023 di Kamboja.

title

FROYONION.COMIndonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pemain bola profesional yang melimpah. Akan tetapi, Timnas Indonesia sempat mengalami masa sulit untuk menemukan pemain depan.

Setelah beberapa nama besar tidak lagi berseragam Timnas Indonesia, seperti Kurniawan Dwi Yulianto hingga Bambang Pamungkas, belum ada pemain yang mampu menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh para senior. Hal ini juga sempat menjadi permasalahan Pelatih Shin Tae-yong ketika menukangi Timnas Indonesia.

Meskipun demikian, krisis lini serang Timnas Indonesia mulai menemukan titik terang. Penyerang Persikabo 1973, Dimas Drajad dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat lini serang Timnas Garuda. Terbukti, pemain berusia 26 tahun tersebut berhasil mencetak tiga gol dari tujuh laga yang sudah dimainkan bersama Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Selain Dimas Drajad, Shin Tae-yong juga memanggil satu nama muda yang digadang-gadang menjadi harapan baru di lini serang Timnas Indonesia, yakni Ramadhan Sananta. Pemain yang menghantarkan PSM Makassar menjadi juara di Liga 1 Indonesia menampilkan performa yang ciamik bersama Juku Eja. Terlebih, Ramadhan Sananta saat ini menjadi andalan lini serang Timnas Indonesia yang tengah berlaga dalam gelaran SEA Games 2023 di Kamboja.

PROFIL RAMADHAN SANANTA

Muhammad Ramadhan Sananta lahir pada 27 November 2002 di Daik, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Sebelum menjadi di posisi penyerang dengan insting gol tajam, Ramadhan Sananta ternyata dulunya pernah bermain sebagai seorang. Hal ini terjadi ketika dirinya bermain untuk mewakili Kepulauan Riau di ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah atau POPWIL.

Dilansir dari YouTube LIB TV, Ramadhan Sananta menyebutkan bahwa dirinya bermain sebagai seorang stopper pada gelaran ini karena tidak ada pemain yang tersedia di posisi tersebut. Tidak tanggung-tanggung, pemain jangkung dengan tinggi badan 182 cm tersebut bermain sebagai seorang stopper dari awal hingga akhir gelaran turnamen.

“Dari penyisihan sampai final, stopper terus,” jelas Ramadhan Sananta dikutip dari YouTube LIB TV.

Dilansir dari laman Transfermarkt, karir profesional Ramadhan Sananta dimulai pada musim 2021/2022 ketika dirinya memperkuat tim Liga 3 Indonesia, PS Harjuna Putra. Tidak sampai semusim penuh memperkuat tim asal Deli Serdang, Sumatera Utara tersebut, Ramadhan Sananta langsung mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan salah satu tim Liga 1 Indonesia, Persikabo 1973 pada musim yang sama.

Ramadhan Sananta bergabung bersama Persikabo pada awal 2022 silam. Selama lebih kurang empat bulan berseragam tim asal Bogor, Jawa Barat tersebut, Ramadhan Sananta hanya bermain dalam empat laga saja dan tidak berhasil mencetakkan satupun gol ke gawang lawan.

Pada musim 2022/2023, Ramadhan Sananta terbang jauh ke Pulau Sulawesi untuk bergabung bersama salah satu tim besar di Indonesia, yaitu PSM Makassar. Bersama Juku Eja, Ramadhan Sananta berhasil menemukan performa terbaiknya dan mentasbihkan dirinya sebagai salah satu penyerang lokal terbaik di Indonesia pada saat ini.

PERFORMA GEMILANG BERSAMA PSM MAKASSAR

Ramadhan Sananta secara resmi bergabung bersama PSM Makassar pada 24 Mei 2022. Laga debut Ramadhan Sananta bersama PSM Makassar terjadi dalam laga menghadapi Persik Kediri dalam lanjutan fase grup Piala Presiden pada 19 Juni 2022 silam. Meskipun demikian, Ramadhan Sananta tidak berhasil mencetak gol dalam laga debutnya tersebut.

Gol pertama Ramadhan Sananta bersama PSM Makassar terjadi ketika dirinya tampil dalam laga melawan Persib Bandung pada 29 Agustus 2022. Tidak hanya satu, Ramadhan Sananta berhasil mencetak dua gol sekaligus dalam laga lanjutan pekan kelima Liga Indonesia tersebut. 

Semenjak itulah, keran gol Ramadhan Sananta bersama Juku Eja terus mengalir hingga berhasil menghantarkan tim tersebut menjadi juara Liga 1 Indonesia pada musim 2022/2023. Total sebelas gol berhasil dicetak Ramadhan Sananta dari 24 laga yang dimainkan bersama PSM Makassar di Liga 1 Indonesia. Selain itu, Ramadhan Sananta juga berhasil mencetak dua assist bagi tim yang juga memiliki julukan Ayam Jantan dari Timur tersebut.

KARIR DI TIMNAS INDONESIA

Berkat penampilan gemilangnya bersama PSM Makassar pada musim ini, Ramadhan Sananta berhasil mendapatkan panggilan Timnas Senior Indonesia pada usia yang relatif masih sangat muda. Pelatih Shin Tae-yong pertama kali memanggil Ramadhan Sananta untuk memperkuat Timnas Indonesia ketika menghadapi Curacao dalam laga persahabatan pada 24 dan 27 September 2022 lalu. Total, Ramadhan Sananta sudah mencatatkan 4 caps bersama Timnas Senior Indonesia dengan torehan satu gol.

Selain memperkuat tim senior, Ramadhan Sananta juga dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di Sea Games 2023 Kamboja. Hingga artikel ini dituliskan, Ramadhan Sananta sudah memainkan tiga laga dan berhasil mencetak tiga gol bersama Indonesia dalam turnamen antar negara di Asia Tenggara tersebut. 

Tiga gol ini masing-masing dicetak oleh Ramadhan Sananta dalam laga kedua ketika menghadapi Myanmar (dua gol) dan laga ketiga ketika menghadapi Timor Leste (satu gol). Ramadhan Sananta pun bersyukur atas torehan yang berhasil dia catatkan bersama Timnas Indonesia U-23 di gelaran Sea Games tahun ini.

“Ya Alhamdulillah saya bisa mencetak gol pada pertandingan sore ini,” ucap Ramadhan Sananta usai dirinya mencetak dua gol dalam laga melawan Myanmar, seperti yang dikutip dari laman PSSI.

“Gol ini bukanlah segalanya, semoga ke depan saya bisa lebih kerja keras lagi dan bisa mencetak gol lagi ke depannya,” jelasnya lagi.

Semoga penampilan Ramadhan Sananta terus konsisten atau bahkan bisa lebih baik lagi agar bisa menjadi jawaban dari krisis penyerang yang tengah terjadi dan mampu memberikan kejayaan bagi Timnas Indonesia ke depannya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Irfan Jumadil Aslam

Freelance content writer yang memiliki minat untuk mendalami dunia olahraga.