Sports

MOTOGP MUSIM 2023 DIMULAI, MENGUSUNG FORMAT MAIN RACE DAN SPRINT RACE

Ada yang berbeda dengan MotoGP musim 2023. Sekarang, para riders harus berkompetisi dengan menjalani main race dan sprint race. Seperti apa tantangannya?

title

FROYONION.COMEvent balap motor terbesar di dunia, yaitu MotoGP, akhirnya siap dimulai kembali nih. Sebagai race pembuka, MotoGP mengawali musim 2023 ini dengan menggelar Portuguese GP, tepatnya di sirkuit Autódromo Internacional do Algarve pada tanggal 24 hingga 26 Maret 2023.

RACE TAMBAHAN BAGI MOTOGP

Uniknya, setiap pekan race-nya, MotoGP akan menggelar dua balapan sekaligus, yaitu sprint race dan main race, dengan total 42 balapan hingga akhir musim.

Sprint race ini bakal jadi sejarah baru bagi MotoGP. Meskipun sempat menuai protes dari para riders dikarenakan format sprint sangat menguras fisik dan mental. Namun, pada akhirnya sprint race akan tetap diselenggarakan.

Rencananya, sprint race bakal diadakan setiap hari Sabtu pukul 15.00 waktu setempat pada tiap pekan race-nya. Berbeda dengan main race, durasi sprint race hanya setengah dari durasi umum main race.

Meskipun terhitung sebagai balap tambahan, hasil sprint race nggak akan menentukan posisi start pada main race, dikarenakan main race pun memiliki kualifikasinya tersendiri.

Dampak dari adanya sprint race nggak cuma di mental dan fisik riders MotoGP aja. Akibat adanya race tambahan ini, Moto2 dan Moto3 juga terkena ‘batu’-nya. Sesi pemanasan (warm-up) untuk Moto2 dan Moto3 pada Minggu pagi dihapus. Jadi, sekarang hanya menyisakan MotoGP, juga dengan durasi yang dikurasi dari 20 menit jadi 10 menit.

Lalu setelah sesi pemanasan MotoGP, riders wajib menyapa para fans dan penonton yang hadir di tribun sirkuit. Jadi semacam fan service yang jika dilihat-lihat mirip seperti yang dilakukan oleh pembalap F1.

STREAMING MOTOGP 2023 GRATIS

Dengan banyaknya hal baru yang bakal terjadi di MotoGP 2023 ini, salah satu platform hiburan olahraga terkemuka, yaitu SPOTV, menawarkan uji coba gratis buat kalian yang ingin menyaksikan MotoGP lewat streaming app mereka, yaitu SPOTV NOW.

Jika mendaftar selama periode 22 Maret hingga 4 April 2023, para penggemar MotoGP bisa menikmati tayangan live streaming selama 2 minggu secara gratis. Nggak cuma untuk menyaksikan MotoGP aja, tapi, penggemar MotoGP juga bisa menyaksikan Formula E Prix di São Paulo, Brasil, secara gratis pula.

Lewat SPOTV NOW, penggemar MotoGP juga bisa menikmati race dengan lebih imersif berkat tayangan Helicam dan kamera dalam pesawat. Lalu di media sosial, SPOTV beserta krunya akan menghadirkan konten tambahan seperti behind the scene, daily highlights, bahkan Facebook Live di paddock dengan para riders,

Kalian bisa men-download aplikasi SPOTV NOW lewat App Store ataupun Google Play Store. Lalu untuk saluran TV kabel, SPOTV juga hadir di Indonesia melalui First Media, MNC Vision, K-Vision, UseeTV, dan MAXstream.

Jadi, jangan sampai ketinggalan race pembuka MotoGP di akhir pekan ini! 

JADWAL MOTOGP 2023

Buat kalian yang nggak mau ketinggalan MotoGP tahun ini, berikut jadwal lengkapnya sampai akhir tahun 2023 nanti.

PORTUGUESE GP

Autódromo Internacional do Algarve 24th – 26th MARCH

ARGENTINA GP

Termas de Río Hondo 31st MARCH – 2nd APRIL

AMERICAS GP

Circuit of The Americas 14th – 16th APRIL

SPANISH GP

Circuito de Jerez - Angel Nieto 28th – 30th APRIL

FRENCH GP

Le Mans 12th – 14th MAY

ITALIAN GP

Autodromo Internazionale del Mugello 9th – 11th JUNE

GERMAN GP

Sachsenring 16th – 18th JUNE

DUTCH GP

TT Circuit Assen 13rd – 25th JUNE

KAZAKHSTAN GP

Sokol International Racetrack 7th – 9th JULY

BRITISH GP

Silverstone Circuit 4th – 6th AUGUST

AUSTRIAN GP

Red Bull Ring - Spielberg 18th – 20th AUGUST

CATALAN GP

Circuit de Barcelona-Catalunya 1st – 3rd SEPTEMBER

SAN MARINO GP

Misano World Circuit Marco Simoncelli 8th – 10th SEPTEMBER

INDIAN GP

Buddh International Circuit 22nd – 24th SEPTEMBER

JAPANESE GP

Mobility Resort Motegi 29th SEPTEMBER – 1st OCTOBER

INDONESIAN GP

Pertamina Mandalika Circuit 13th – 15th OCTOBER

AUSTRALIAN GP

Phillip Island 20th – 22nd OCTOBER

THAILAND GP

Chang International Circuit 27th – 29th OCTOBER

MALAYSIAN GP

Sepang International Circuit 10th – 12th NOVEMBER

QATAR GP

Lusail International Circuit 17th – 19th NOVEMBER

VALENCIA GP

Circuit Ricardo Tormo 24th – 26th NOVEMBER (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.