Sports

MESSI VS RONALDO: SIAPAKAH GOAT SESUNGGUHNYA?

Piala Dunia Qatar 2022 lagi panas, Ronaldo dan Portugal gugur di babak 8 besar, Messi dan Argentina melaju ke Final. Kalo gini apa iya Lionel Messi adalah GOAT sesungguhnya?

title

 

 


 

 

FROYONION.COMTersingkirnya Cristiano Ronaldo dan Portugal di babak 8 besar Piala Dunia Qatar 2022 dan lolosnya Lionel Messi dan Argentina ke Final membuat perdebatan siapakah the real GOAT atau Greatest All of Time jadi pertanyaan lagi nih. Ditambah kedua pemain ini belum pernah merasakan gelar juara dunia bersama negaranya.

Banyak beredar kabar bahwa Piala Dunia 2022 merupakan yang terakhir bagi kedua pemain terbaik sepanjang masa itu. Selain karena faktor umur yang sudah tidak muda lagi, Piala Dunia juga cuma digelar setiap 4 tahun sekali, yang mana pasti susah kekejar di umur Ronaldo yang sudah 37 tahun dan Messi 35 tahun.

Kenyataan itu juga yang bikin Cristiano Ronaldo atau CR7 meneteskan air mata usai kalah 1-0 dari Maroko. Kekalahan tersebut semakin pedih kalo kita kutip pertanyaan doi melalui interview kontroversial Piers Morgan yang dilakukan sebelum Piala Dunia dimulai. Ronaldo bilang kalo doi bisa juara Piala Dunia, bahkan dengan cara apapun (meskipun bukan doi yang paling berkontribusi), itu bakal jadi penutup karir yang indah dan berencana akan langsung gantung sepatu alias pensiun. 

BACA JUGA: SELESAI! ARGENTINA JAWARA PIALA DUNIA 2022!

Messi dan Cristiano Ronaldo alias Bang Dodo lagi duel catur di Warpat. (Sumber: Dok. Louis Vuitton, Edited by: Agifa Gumelar)
Messi dan Bang Dodo lagi duel catur di Warpat. (Sumber: Dok. Louis Vuitton, Edited by: Agifa Gumelar)

Kejadian mengsedih CR7 setelah tersingkir dari Piala Dunia bikin banyak fans sepakbola di dunia juga turut merasakannya, tapi gue juga yakin bukan cuma fans Ronaldo aja yang sedih, bahkan fans Messi, Mbappe sampe fansnya Lakaka juga ikut merasakan kesedihannya. Sebab bagaikan mantan, CR7 adalah salah satu sosok yang mungkin tidak akan pernah ada lagi, cuma bedanya ini di dunia sepakbola ya, Civs. 

Kesedihan terus melanda buat fans setia Bang Dodo (sapaan akrab Ronaldo) setelah menyaksikan rival sejatinya, Messi berhasil mengalahkan Kroasia di Semi Final dengan skor 3-0 tanpa balas. Ngga cuma itu, Messi juga kembali bermain sangat apik dan berhasil mengobrik-abrik pertahanan Kroasia dengan membuahkan 1 assist dan 1 goal pinalti. Doi juga dinobatkan sebagai Man of the Match pada pertandingan malam itu.

Ngomongin soal siapa yang terbaik dari keduanya, rasanya ngga cukup kalo kita cuma ngomongin Piala Dunia aja. Messi dan Ronaldo ini memang dikenal sebagai pemain record breaker atau pemecah record dari pemain-pemain sebelumnya. Ga heran juga kalo keduanya layak dijuluki sebagai GOAT. Nah daripada kita cuma ngomongin masa sekarang, mending kita ngomongin juga apa aja yang udah ditoreh dari kedua pemain ini ya, Civs.

Biar enak mungkin kita mulai dari statistik sepanjang karir Ronaldo dan Messi dulu kali ya. Nah secara statistik sebenernya keduanya tipis-tipis aja. 

Statistik goal sepanjang masa Messi vs Ronaldo (Sumber: https://www.messivsronaldo.app/)
Statistik goal sepanjang masa Messi vs Ronaldo (Sumber: https://www.messivsronaldo.app/)

Secara angka goal, Ronaldo memang lebih lebih unggul sedikit dibanding Messi. Tapi kalo dilihat dari segi assist terbanyak, Messi lah pemanangnya dan kalo pengen lebih rinci lagi presentase goal yang terbaik ternyata Messi juga pemenangnya. Statistik diatas juga menunjukan kalo Messi punya appereance atau jumlah penampilan yang lebih sedikit dari CR7, karena Messi sendiri lebih mudah 2 tahun dan secara jam terbang memang lebih banyak Bang Dodo. Secara statistik bisa disimpulkan kalo Messi ternyata lebih baik daripada Ronaldo nih, Civs.

Tolak ukur lain sebagai pemain terbaik tentunya adalah Ballon D’or. Buat yang belum tau, itu merupakan salah satu penghargaan tertinggi di dunia sepak bola loh, Civs. Messi sendiri sudah memenangkan Ballon D’or sebanyak 7 kali dan sekaligusnya menjadinya pemain bola dengan Ballon D’or terbanyak. Sedangkan Bang Dodo cuma (ga cuma sih) memenangkan sebanyak 5 kali, yang berarti Messi masih lebih unggu dibanding Bang Dodo.

Wah gila juga ya Messi! Kalo kek gini ngapain dibanding-bandingin, udah pasti Messi is the GOAT lah!

Eitss tahan dulu civs, terlepas dari lebih unggulnya statistik Messi dan banyaknya Ballon D’or yang diraih doi. Tetap aja, Ronaldo adalah satu satunya yang bisa disandingkan sama Messi, bahkan selama 16 tahun mereka sudah berbagi panggung dunia sepakbola. 

Pertama, dibandingkan Messi, Ronaldo sudah bermain di 3 liga terbaik di Eropa (EPL, La Liga, Serie A) yang mana secara kapasitas dan pengalaman Bang Dodo lebih teruji. Sedangkan Messi lebih lama di La Liga dan sekarang bermain di Ligue 1 Prancis yang katanya sering disebut liga petani karena sangking gampangnya juara liga di sana.

Bang Dodo ga cuma ngerasain main di 3 liga terkeras di Eropa, doi juga terbilang sukses dengan banyaknya gelar juara yang diraih bersama MU, Real Madrid dan Juventus. Meskipun memang doi belum bisa juara Liga Champions waktu bersama Juventus. Tapi tetep aja, buat juara liga dan cup di Serie A ngga gampang juga ya civs.

Mungkin penjelasan rekam jejak singkat Ronaldo dan Messi di atas bisa membantu dalam mencari jawaban siapa yang terbaik dari keduanya. Yaa meskipun gue sendiri kadang bosan sih kalo ada yang nanya “Messi atau Ronaldo?” karena buat gue Messi atau Ronaldo keduanya sama-sama terbaik dan tidak ada duanya. Bahkan setiap kali nonton mereka tanding bawaannya selalu bikin excited dan merasa wah di saat bersamaan.

Messi dan Ronaldo mungkin sekarang berada di ujung karirnya dan tidak akan lama lagi gantung sepatu. Gue sebagai orang yang hidup dimana bisa menyaksikan Messi dan Ronaldo sebagai rival dari kecil adalah sebuah keistimewaan dan anugerah yang mungkin nggak akan dirasakan oleh generasi-generasi selanjutnya.

Buat kalian fans Ronaldo dan Messi mungkin sekarang adalah saatnya untuk berdamai dan menerima kenyataan kalo keduanya adalah yang terbaik, the GOATS. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Agifa Gumelar

Penikmat Sepakbola yang suka dengerin musik, nonton film dan nontonin Youtube tentang self-improvement.