Sports

LIMA TAHUN BERTENGGER DI PUNCAK, THE MINIONS AKHIRNYA TURUN TAHTA

Peringkat pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamujo/Marcus Fernaldi Gideon kembali turun seiring dengan menurunnya performa mereka sejak awal tahun 2021.

title

FROYONION.COMPasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon atau yang lebih dikenal dengan sebutan “The Minions,” akhirnya turun tahta dari peringkat 1 dunia yang sudah 5 tahun atau 226 pekan menjadikan mereka sebagai ganda putra nomor 1 dunia.

Dengan kadaluarsanya point ranking dunia pekan ke-40 hingga pekan 43 tahun 2019, maka sebagian poin The Minions akan hangus. Artinya, pasangan ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi akan memuncaki peringkat satu dunia menggantikan pasangan Kevin/Marcus. 

The Minions turun satu peringkat ke posisi kedua setelah pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi berhasil merebut tahta ranking satu dunia tersebut. Meskipun demikian, sampai saat ini belum ada pasangan ganda putra manapun dalam sejarah bulutangkis yang mampu menempati posisi nomor satu dunia selama lima tahun beruntun. 

Kevin/Marcus pertama kali memuncaki ranking satu dunia pada 16 Maret 2017. Namun, perjalan pasangan ini tidak selalu mulus, pasalnya pada tahun yang sama, tepatnya 5 April 2017, keduanya sempat turun ke posisi kedua. Akan tetapi, hal itu tidak berlangsung lama. Tak lama kemudian, mereka pun kembali menjadi ganda putra nomor satu dunia sepekan kemudian. Masih di tahun yang sama, Kevin/Marcus kembali mengalami penurunan ke posisi ketiga hingga 12 September 2017.

Barulah pada 27 September 2017, The Minions kembali menjadi “raja” di sektor ganda putra. Mereka berhasil mempertahankan posisi peringkat satu dunia sampai dengan 11 September 2022, atau selama 214 pekan beruntun. Jika ditotal, Kevin/Marcus menjadi ganda putra nomor satu dunia selama 226 pekan. 

KABAR RENGGANGNYA HUBUNGAN KEVIN DAN COACH HERRY

Kabar tidak mengenakkan berembus dari Pelatnas PBSI Cipayung. Dilansir dari JawaPos.com, internal PBSI menceritakan bahwa ada situasi yang tidak harmonis antara Kevin Sanjaya dan sang pelatih, Herry IP. 

Kabar tersebut mulai tercium oleh BadmintonLovers (BL) yang curiga kenapa coach Naga Api, sapaan bagi coach Herry IP ini tidak mendampingi pasangan The Minions dalam Kejuaraan Dunia dan Japan Open lalu. Kecurigaan BL pun terbukti, saat ini situasi keduanya memang sedang tidak baik-baik saja. 

Diketahui, saat ini Kevin berlatih secara terpisah dengan tim nasional ganda putra dan sudah tidak berlatih lagi dengan Marcus. Pasalnya, Marcus memilih untuk banyak berlatih di Cipayung dengan tim ganda putra utama lainnya. 

“Hubungan Marcus dan Coach Herry IP masih sangat baik-baik saja. Mereka masih makan bareng setelah Japan Open. Hanya dengan Kevin yang masih sangat memburuk. Kevin sudah tidak mau dilatih oleh Coach Herry dan Coach Herry sudah menutup pintu bagi Kevin,” ucap sumber JawaPos.com.

Herry IP pun enggan memberikan komentar mengenai kabar keretakan hubungannya dengan Kevin tersebut. Ia pun mengaku tidak mengetahui bagaimana perkembangan program latihan Kevin saat ini. 

“Yang jelas saya tidak ada masalah dengan dia (Kevin Sanjaya). Kalau dia ada masalah dengan saya, itu bukan urusan saya. Kalau tanya soal itu, silakan tanya Aryono (Asisten pelatih ganda putra),” pungkasnya.

KRITIK HERRY IP 

Berawal dari teguran Herry IP terhadap penampilan Kevin pada babak 16 besar Indonesia Open 2022 lalu, saat itu The Minions kalah dari pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dengan skor 21-14 dan 21-12.

Selama laga berlangsung, Kevin terlihat menunjukkan body language yang tidak baik yang ditujukan kepada pasangannya Marcus Fernaldi Gideon yang saat itu baru saja recovery setelah menjalani operasi. Herry IP lantas memberikan kritik terbuka terhadap attitudebody language, dan sikap Kevin tersebut. Ia juga menilai bahwa Kevin tidak bermain total dan cenderung asal-asalan. Tidak hanya Herry IP, netizen pun bisa melihat gestur tersebut sehingga hal ini menjadi perbincangan di media sosial. Kevin tidak terima dengan kritikan tersebut, hingga mengadukan hal ini kepada pengurus PP PBSI. Sejak saat itu, Kevin kerap mangkir dari latihan di Pelatnas Cipayung. 

Baik Kevin maupun Herry IP sama-sama memiliki sudut pandang yang berbeda. Semoga ada titik terang dari permasalahan ini ya Civs, dan The Minions bisa kembali ke performa terbaik mereka. (*/)

BACA JUGA: AIRBADMINTON BAKAL DEBUT DI ANOC WORLD BEACH BALI TAHUN DEPAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer