Sports

AIRBADMINTON BAKAL DEBUT DI ANOC WORLD BEACH BALI TAHUN DEPAN

Bermain bulutangkis merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Buat lo yang hobi main bulutangkis, ada cabang baru nih dalam bulutangkis, yakni AirBadminton. Olahraga ini juga bakal debut di ajang ANOC World Beach, loh. Simak artikel berikut, Civs!

title

FROYONION.COM - Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang populer dengan lebih dari 300 juta pemain aktif di seluruh dunia. Selain itu, dengan bermain bulutangkis, kita setidaknya bisa membakar lebih dari 450 kalori, loh! 

BTW nih Civs, udah pada tau belum sama olahraga yang satu ini? Badminton World Federation (BWF) baru aja ngenalin inovasi olahraga terbaru dalam cabang bulutangkis yakni AirBadminton. Tentunya program ini nggak lepas dari kemitraan antara BWF dengan sponsornya, yakni HSBC.

Presiden BWF, Poul Erik Hoyer berharap partisipasi global terhadap olahraga ini semakin luas.

“Ini adalah momen penting bagi bulutangkis. Secara strategis AirBadminton memungkinkan kami memenuhi tujuan, menempatkan raket di tangan sebanyak mungkin orang,” katanya.

“Di masa depan, kami melihat AirBadminton sebagai versi olahraga yang menarik, baru, dan energic. Tujuan umumnya adalah untuk menginspirasi lebih banyak orang untuk memainkan bulutangkis,” tambahnya lagi. 

Kalo kita lihat sekilas, nggak terlalu jauh berbeda nih, Civs, sama bulutangkis biasa, mulai dari cara bermain, ukuran lapangan, sampe tinggi dan lebar net yang sama. Yang membedakan antara bulutangkis biasa dengan AirBadminton adalah lokasi bermainnya, Civs. 

Seperti yang udah kita tau, bulutangkis biasa dimainkan di dalam ruangan atau hall, sementara pada AirBadminton dimainkan di luar lapangan alias outdoor dengan permukaan keras seperti rumput atau pasir.

Perbedaan lain di antara keduanya adalah bentuk “kok” atau bola yang digunakan. Dalam bulutangkis biasa, kok atau bola terbuat dari bulu angsa, sedangkan bola yang digunakan dalam AirBadminton berbahan dasar plastik dengan sedikit bahan karet pada bagian ujungnya. Akan tetapi, kok AirBadminton dirancang sedikit lebih berat namun punya daya tahan dan stabilitas yang lebih tinggi sehingga tidak mudah tertiup angin saat memainkannya, Civs. Oh iya, raket yang digunakan pada AirBadminton juga sama, loh, dengan raket yang digunakan pada bulutangkis biasa. 

Tujuan dari pengenalan AirBadminton ini adalah untuk mempromosikan manfaat kesehatan dan sosial dari bulutangkis, dengan memberikan pengalaman positif kepada lebih banyak orang di lebih banyak tempat.

Untuk itu, BWF telah bekerja sama dengan produsen olahraga terkemuka untuk memproduksi dan meluncurkan AirShuttle secara massal. Tujuannya agar shuttlecock dapat dimainkan dengan kecepatan angin hingga 12 km per jam. 

Dilansir dari Badmintalk.com, AirBadminton dipastikan bakalan memulai debutnya pada ANOC World Beach Games yang akan diselenggarakan di Bali tahun 2023 mendatang. Ajang ini akan menjadi edisi kedua setelah perhelatan sebelumnya yang diselenggarakan di Doha, Qatar pada tahun 2019 lalu. 

Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) telah mengumumkan kabar tersebut beberapa waktu lalu dan memasukkan AirBadminton sebagai salah satu dari empat olahraga baru yang ditambahkan ke program olahraga pada tahun 2023.

Dipilihnya AirBadminton ini berdasarkan kriteria dasar bahwa program tersebut harus mencakup olahraga pantai yang dapat disampaikan secara berkelanjutan dan sesuai dengan tujuan olimpiade untuk menyasar kaum muda dan inklusitas. 

Debut AirBadminton pada ANOC World Beach Games Bali mendatang direncanakan akan menampilkan sebanyak 72 Atlet yang terdiri dari 36 pria dan 36 wanita di empat cabang medali yakni trio putra, trio putri, ganda campuran, dan beregu campuran.

Gimana nih, Civs? tertarik nggak buat nyobain olahraga yang satu ini? Atau malah tertarik buat jadi atletnya? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer