Sports

DRAMATIS, KEMENANGAN PERDANA CARLOS SAINZ JR. DI F1 GP INGGRIS

Carlos Sainz Jr. berhasil menyabet gelar jawara untuk pertama kalinya di F1 GOP Inggris. Dan kemenangan itu dibumbui insiden dramatis. Kayak gimana detailnya? Simak di sini, Civs.

title

FROYONION.COM - Carlos Sainz Jr. menjadi headline dengan menyabet titel juara di F1 yang digelar di Inggris baru-baru ini. Pembalap kelahiran Spanyol tersebut berhasil meraih kemenangan perdananya pada F1 GP. Kemenangan perdananya ini sukses capai di pada balapan ke-150 dalam perjalanan kariernya. Serunya nonton race ini lebih kerasa kalo lo nonton di tempat nongkrong anak muda bareng temen-temen lo, Civs.

Race F1 GP Inggris 2022 3 Juli lalu itu dimulai dengan adanya drama di tikungan pertama, pembalap dari Tim Alfa Romeo berkebangsaan China yaitu Zhou Guanyu terlibat kecelakaan yang mengerikan di tikungan pertama hingga terlempar sampai harus melewati batas lintasan (barrier) di sirkuit Silverstone, Inggris, sehingga Red Flag harus dikibarkan dan balapan harus dihentikan sementara waktu.

Kecelakaan ini berawal dari George Russel yang terlibat kontak dengan Pierre Gasly, sehingga Russel kehilangan kendali. Kemudian ada kontak dengan Zhou Guanyu sehingga Guanyu terlempar hingga mobilnya terbalik. Lalu ia masih terlempar hingga ke gravel lalu melewati barrier, sehingga mengakibatkan red flag

RESPEK NOMOR SATU

Hal menarik terjadi pada saat setelah kecelakaan terjadi. George Russel yang mengetahui Zhou Guanyu mengalami kecelakaan langsung mengejar/berlari menuju mobil Zhou yang berada pada pinggir bangku penonton untuk memastikan kondisi Zhou Guanyu.

Reaksi spontan Russel ini menarik perhatian penonton karena menggambarkan bahwa rivalitas hanya pada saat di lintasan/trek. Namun, di luar lintasan para pembalap tetap mengedepankan rasa respect terhadap sesama pembalap. Selain itu, tim medis dan  para marshal juga ikut membantu untuk mengeluarkan Zhou dari dalam mobil. 

Beruntung, dengan kecelakaan yang mengerikan tersebut, kondisi dari Zhou Guanyu baik-baik saja tanpa ada cedera yang mengkhawatirkan, sehingga kabar tersebut merupakan kabar yang sangat baik untuk para pecinta F1 di Indonesia bahkan dunia. 

Setelah melakukan pemeriksaan, kemudian sang rookie dipersilakan untuk kembali ke garasi Alfa Romeo. Teknologi halo juga sangat melindungi Zhou dari dampak kecelakaan yang mengerikan ini.

MEMIMPIN DI LAP 48

Setelah berkibarnya red flag, beberapa saat kemudian race dimulai kembali dengan pole position yaitu Carlos Sainz Jr. Balapan dimulai kembali pada lap 3 dan persaingan sengit pun dimulai dengan berbagai duel yang dilakukan oleh Sainz, Verstapen, Leclerc, Peres, serta Hamilton. 

Balapan dihiasi dengan tensi tinggi saat memasuki lap ke 6. Perez memasuki pit karena sebelumnya terjadi kontak dengan pembalap lain sehingga membuat persaingan sedikit berkurang, tetapi duo Ferrari yaitu Sainz dan Leclerc masih direpotkan dengan sang pemimpin klasemen sementara yaitu Max Verstappen. Tak lupa Hamilton, Alonso, Norris juga mengikuti dari belakang.

Pada lap ke 10, Sainz melakukan kesalahan karena melebar sehingga membuat Max Verstappen mengambil alih pimpinan balapan dengan Sainz dan Leclerc di belakangnya. 

Namun Verstappen memimpin tidak bertahan lama karena di lap 12 Max mengalami masalah pada mobilnya kemudian memasuki pit sehingga duo Ferrari kini berada di depan cukup lama. 

Memasuki lap ke 39, safety car memasuki lintasan karena adanya masalah pada mobil Esteban Ocon, sehingga membuat balapan sedikit lebih lambat lagi dari sebelumnya. 

Memasuki lap ke 46 terjadi persaingan ketat pada posisi 1 hingga 4-6 besar, karena terjadi duel antara beberapa pembalap tersebut. Namun, pada lap-48 perlahan posisi Leclerc melorot, yang tadinya berada di zona podium, tetapi kemudian berada di posisi 4. Sedangkan rekan satu timnya, Carlos Sainz Jr. berada pada posisi terdepan.

Ia diikuti Perez yang tiba-tiba berada di urutan kedua pada beberapa putaran kemudian, lalu diikuti oleh Hamilton dan Leclerc di belakangnya, yang masing-masing dari mereka sudah sedikit membuat jarak.

Hingga akhirnya, pada lap-52 yang merupakan lap terakhir, posisi dari pilot/pembalap tersebut tidak berubah, dan tidak dapat mengganggu posisi dari Sainz hingga garis finish. 

PELUANG JUARA MUSIM 

Di posisi runner-up adalah Sergio Perez dengan tim Red Bull dengan catatan waktunya tertinggal 3,779 detik dari Carlos Sainz Jr.

Kemudian di posisi ketiga ditempati oleh sang juara dunia tujuh kali yaitu Lewis Hamilton yang juga melakukan balapan kandangnya pada seri F1 GP Inggris semalam. 

Sementara itu satu tim Sainz dari Scuderia Ferrari yaitu Charles Leclerc menempati posisi keempat. 

Hasil ini cukup mengkhawatirkan karena Leclerc sedang memburu juara dunia musim ini dengan persaingannya bersama Max Verstappen dan Sergio Perez. Dengan hasil ini, posisi tabel Klasemen Sementara F1 di seri ke 10 masih dipimpin oleh Max Verstappen yang pada race kali ini menempati P7, diikuti Sergio Perez di P2, dan Charles Leclerc di P3.

Sedangkan pemenang pada race kali ini yaitu Carlos Sainz Jr menempati P4 untuk posisi klasemen sementara.

Dengan demikian, masih terbuka lebar peluang untuk semua pembalap di atas untuk dapat menjuarai F1 musim ini dengan jarak yang lumayan dengan posisi puncak yaitu antara 43-54 poin.

Balapan selanjutnya yaitu di seri ke-11 akan diadakan pada 8-11 Juli 2022 di Austria. Patut ditunggu nih Civs, apakah bakal ada kejutan di seri berikutnya? (*/) 

BACA JUGA: INI SEPATU TERBARU KEVIN DURANT YANG BAKAL RELEASE DI INDONESIA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.