Sports

APA YANG MEMBUAT TIMNAS 3X3 BASKET PUTRA TIDAK MEMBAWA MEDALI SEA GAMES KALI INI?

SEA Games ke-31 kali ini menjadi peruntungan yang bagus bagi timnas basket 3x3 putri, sedangkan untuk timnas basket 3x3 putra hanya pulang membawa pengalaman saja. Kok bisa? Padahal timnas basket 3x3 putra tahun lalu mendapatkan medali perak dan menjuarai ABL tahun ini.

title

FROYONION.COM - Gelaran SEA Games ke-31 di Vietnam sudah dilaksanakan sejak 6-23 Mei 2022. Untuk basket sendiri digelar pada tanggal 13-14 Mei 2022 kategori 3x3, 16-22 Mei 2022 untuk kategori 5x5. Pertandingan dilaksanakan di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Vietnam.

Timnas putri sendiri mencetak sejarah baru di ajang SEA Games kali ini. Nathania dkk membawa pulang medali perunggu dan mengalahkan Filipina dengan skor akhir 16-10. Sebelumnya di babak semifinal, timnas putri melawan tim tuan rumah yaitu Vietnam, namun kalah dengan skor 16-19. Padahal di babak penyisihan sebelumnya, tim dari Vietnam mengalami kekalahan dengan skor 18-19.

Sejak di semifinal pun, timnas putri mengalami kesulitan saat melawan tim dari Vietnam. Game yang sangat ketat dan intensitas yang tinggi membuat stamina para pemain cepat menurun. Di babak perebutan medali perunggu juga sama, kedua tim yaitu Indonesia dan Filipina mengalami penurunan stamina.

Untuk timnas putra sendiri, mereka pulang dengan tangan kosong saja. Di babak semifinal, Oki dkk mengalami kekalahan dari tuan rumah Vietnam dengan skor 15-21. Di babak perebutan juara ketiga pun juga mengalami kekalahan dengan skor 10-14 dari Filipina.

Kok bisa sih timnas 3x3 khususnya putra tidak mendapatkan medali sama sekali? Kalau dipikir-pikir, roster yang sekarang menurut gue lebih kuat daripada roster tahun sebelumnya. Bahkan di ajang ABL International Championship 2022, timnas putra menjuarai ajang ini, sedangkan timnas putri menduduki posisi ke-3.

Menurut sepenglihatan gue nih ya, gue sendiri juga nggak begitu yakin timnas putra bakalan pulang membawa medali. Kalau dilihat secara roster sih memang bagus, ini dibuktikan ketika menjuarai ABL beberapa bulan lalu, tapi secara stamina dan kepadatan jadwal pemain ini yang bikin gue nggak yakin timnas bakal menjuarai SEA Games kali ini.

Sebelum ABL 2022 dimulai, para pemain ini sudah bekerja keras dalam ajang IBL 2022 di babak penyisihan. Jadwal yang padat sekali bahkan setiap hari selama sebulan penuh di bulan Maret, para pemain ini membela tim masing-masing untuk lolos ke babak playoff IBL 2022. Setelah babak penyisihan selesai, para pemain ini melakukan training camp untuk persiapan gelaran ABL 2022 selama kurun waktu kurang lebih dua minggu.

Setelah ABL 2022 selesai terlaksana pada pertengahan bulan April, timnas putra kemudian mengikuti ajang Asia Pacific Super Quest di Manila, Filipina pada tanggal 30 April 2022. Selanjutnya timnas melakukan training camp lagi untuk mempersiapkan SEA Games yang dilaksanakan tanggal 13 & 14 Mei kemarin.

Jarak yang begitu padat antara pertandingan satu dengan pertandingan lainnya membuat para pemain ini tidak bisa full recovery. Di ajang Asia Pacific Super Quest di Manila, Filipina kemarin juga gue lihat para pemain ini kelihatan banget staminanya nggak prima, apalagi Jamar Andre Johnson, pucet banget kayak orang belum sarapan. 

Andai jadwal pemain ini tidak terlalu padat banget, gue yakin timnas putra bisa masuk babak final SEA Games sih. Para pemain ini butuh recovery yang cukup agar stamina mereka tidak anjlok. Memang benar sih timnas harus ikutan beberapa ajang yang udah gue sebutin tadi sebagai laga uji coba agar membentuk mental dan pengalaman, tapi kalau sepadat ini ya kurang efektif juga.

Selain jadwal pemain yang padat, gue lihat juga kayaknya lapangan 3x3 di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Vietnam ini licin banget kayak ubin masjid habis disemprot air. Para pemain pun sering terpeleset, nggak cuma pemain Indonesia saja, bahkah semua pemain yang ikut SEA Games kali ini termasuk tuan rumahnya sendiri. Entah mungkin karpetnya yang baru atau sepatu para pemain yang aus, tapi ngeri juga kalau pemain kepleset terus kena cedera, bisa merugikan tim.

Terlepas dari semua itu, gue respek banget dengan timnas basket baik putra maupun putri. Mereka sudah berusaha semaksimal mungkin untuk ajang SEA Games kali ini. Gue berharap semoga staminanya cepat pulih karena jadwal pertandingan kedepannya juga mulai padat, apalagi timnas putri 3x3 ini ikutan juga di timnas 5x5 yang hanya terpaut satu hari pertandingan saja.

Kalau timnas putra sendiri yang gue tau bakalan aja jadwal FIBA ASIA Cup Qualifier 2022 yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta tanggal 12-24 Juli 2022 mendatang. Tapi gue belum tau rosternya diisi siapa saja, entah sama seperti yang ada di SEA Games sekarang atau ada perubahan.

Setelah FIBA ASIA Cup Qualifier 2022 selesai, akan dilanjutkan kembali IBL 2022 babak play off di awal bulan Agustus 2022. Ya semoga saja stamina para pemain ini sudah pulih dan prima di ajang IBL nanti terutama Jamarr Andre Johnson, Oki Wira, dan Sandy Ibrahim karena ketiga pemain tersebut lolos ke babak playoff bersama timnya, sedangkan Surliyadin tidak. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.