Sports

ALASAN KENAPA PREMIER LEAGUE BISA JADI LIGA ANTARKLUB SEPAK BOLA PALING EKSIS DI DUNIA

Dari sederet Liga sepak bola yang ada, rasanya hanya Liga Inggris yang punya eksistensi antarklub yang kompetitif di dalamnya.

title

FROYONION.COM - Setelah banyaknya pemain top dunia yang hijrah dari Eropa ke benua lainnya, rasanya kini liga-liga top Eropa tak terlalu menjadi daya tarik lagi untuk ditonton oleh para pecinta bola. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi kasta tertinggi Liga Negeri Ratu Elizabeth.

Pasalnya hanya Liga Inggris lah yang kerap kali menyuguhkan drama-drama menarik yang kompetitif di setiap musimnya. Bukan hanya satu dua tiga klub saja yang punya kuasa, hampir semua jajaran klub di Liga Inggris punya kejutan yang out of the box.

Salah satunya ditunjukkan oleh klub yang baru kembali dipromosikan di tahun 2008 ke Premier League, di musim 2015/2016 klub Leicester City secara mengejutkan keluar sebagai juara dan meraih trofi liga tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa rivalitas di Liga Inggris begitu kompetitif. Tidak hanya klub besar saja berpeluang bersaing di papan atas, hampir semua klub di Liga Inggris punya peluang yang sama.

BACA JUGA: MESSI VS RONALDO ADALAH PERDEBATAN TERBAIK DALAM SEJARAH SEPAK BOLA

Pada Liga Eropa lainnya, biasanya sang juara sudah bisa ditebak sejak paruh musim pertama. Sementara di Liga Inggris, justru penentuan siapa jawaranya akan dilihat dari beberapa gim terakhir di musim tersebut.

Contohnya pada Premier League musim 2022/2023 lalu, klub yang berjuluk The Gunners punya peluang yang sangat besar untuk dinobatkan sebagai sang raja. Namun di penghujung musim berkat konsistensi salah satu klub rivalnya, Manchester City tiba-tiba menyalip posisi tersebut dan keluarlah menjadi kampiunnya.

Bahkan saat ini klub wakil liga Inggris tersebut menjelma menjadi klub yang mengerikan setelah raihan trofi yang mereka dapatkan selain hanya trofi Liga Inggris.

Sebenarnya hampir tidak ada klub yang sering bertubi-tubi memegang tahta tertinggi liga Inggris saat ini. Mungkin jika dilihat dari sejarahnya dulu, memang klub berjuluk Setan Merah pernah mendominasi juara secara berturut-turut di Liga Inggris tersebut.

Tapi jika dilihat beberapa tahun kebelakang ini, singgasana juara sering gonta-ganti yang mendudukinya, sebelum akhirnya Manchester City menjelma jadi raja terakhir secara tiga musim beruntun menguasai Liga Inggris. Meski begitu, posisi runner up tidak pernah diisi oleh klub yang sama.

Premier League juga sukses menduduki peringkat pertama di Liga terbaik yang ada di dunia. Bukan tanpa alasan, jumlah penonton setiap musimnya sangatlah fantastis. Hanya di Liga Inggris, klub di dalamnya mendapatkan royalti hak siar yang merata sehingga berdampak pada pemasukan klub dan kualitas pemain di dalamnya yang menunjang kompetisi Liga yang kompetitif.

ADANYA PERAN KRUSIAL INVESTOR

Industrialisasi sepak bola bagi sebagian orang memang menjadi industri yang menjanjikan. Maka tak heran jika banyak orang-orang kaya yang ingin berinvestasi untuk sepak bola, salah satunya seperti Liga Inggris itu sendiri.

Adanya campur tangan dari para investor ini terhadap klub jelas memberikan dampak yang cukup berarti. Finansial klub akan berpotensi lebih aman, sehingga secara fasilitas dan belanja pemain pun mendatangkan para pemain yang berkualitas.

BANYAKNYA RIVALITAS DERBI YANG TERJADI

Salah satu faktor yang membuat Premier League ini tetap menjadi Liga yang eksis dan menyenangkan untuk jadi tontonan yang dinikmati adalah karena banyaknya derbi panas antarklub yang sering terjadi.

North West Derby yang mempertemukan dua klub raksasa liga Inggris yaitu Manchester United dan Liverpool. Tak hanya satu derbi, bahkan kedua klub tersebut masih memiliki satu derbi panas lagi yang terjadi saat bergulirnya Liga Inggris.

Derbi tersebut yaitu derby Manchester yang menyuguhkan pertandingan sengit antara ‘The Red Devils’ dan ‘The Citizens’. Sementara satu derbi Liverpool lainnya disebut  dengan derby Merseyside yang mempertemukan Liverpool dengan Everton FC.

Di wilayah Ibu Kota London, Arsenal kontra Chelsea pun merupakan tontonan derbi yang sering dinantikan oleh para pecinta sepak bola. Tidak hanya dengan Chelsea, Arsenal kontra Tottenham Hotspur pun menjadi derbi yang disebut sebagai North London Derby.

Bukan hanya bagi klub berlabel Liga Champions saja yang punya derbi panas di Liga Inggris, klub seperti Newcastle United kontra Sunderland, Aston Villa dan Birmingham City juga punya derbinya masing-masing yang masih tetap seru jika ditonton.

WADAHNYA LIGA PEMAIN TOP DUNIA

Tidak dapat dipungkiri jika Premier League jadi salah satu liga wadahnya pemain-pemain top dunia. Hampir semua pemain yang berkarier di klub Liga Inggris, akan dipanggil oleh tim nasionalnya.

Padahal tadinya banyak nama pesepak bola yang tak terlalu terkenal, tapi semenjak merumput di Liga Inggris seakan nasibnya berubah dan namanya menjadi ngetop. Bahkan tak jarang juga hingga menjadi rebutan bidikan dalam jendela transfer.

Dengan dibukanya jendela transfer untuk mengarungi musim berikutnya, tentu Liga Inggris kedatangan para rekrutan anyar yang mungkin belum pernah mencicipi panasnya persaingan di liga tersebut. Namun, hal ini akan menjadi momentum yang berarti bagi para pesepak bola profesional yang telah bergabung di salah satu klub Premier League.

Bak masakan tanpa garam rasanya jika para pesepak bola dalam karier profesionalnya tidak mencicipi sengitnya persaingan Liga Inggris. Bukan tanpa alasan, Liga Inggris punya tantangan tersendiri bagi para pesepak bola yang menjadi bagian di liga tersebut.

Setidaknya di Liga Inggris sendiri tidak hanya satu atau dua klub saja yang  mendominasi langganan juara. Jadi, para pemain yang punya karier gemilang pun belum tentu dapat bersinar dengan terang jika merumput di Premier League. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Tegar Rayandra

Mengaku akademisi komunikasi yang suka nulis sana-sini. Suka content writing dan public speaking.