Sports

MESSI VS RONALDO ADALAH PERDEBATAN TERBAIK DALAM SEJARAH SEPAK BOLA

Sepak bola terus menciptakan perdebatan-perdebatan baru yang mendebatkan pemain terbaik sepanjang masa. Dan salah satu perdebatan terbaik yang pernah ada adalah perdebatan Messi vs Ronaldo

title

FROYONION.COM - Dalam dunia sepak bola, terdapat beberapa perdebatan mengenai siapakah pesepakbola yang layak menyandang title “GOAT” atau pemain terbaik sepanjang masa. 

Di setiap era sepak bola, terdapat berbagai perdebatan untuk menentukan siapakah pemain terbaik sepanjang masa. Dahulu ada perdebatan mengenai Johan Cruyff vs Alfredo di Stefano, Pele vs Maradona, dan yang terakhir adalah Messi vs Ronaldo.

Perdebatan-perdebatan ini bukan tanpa alasan, perdebatan ini terlahir karena para pemain yang didebatkan ini memiliki statistik yang konsisten tiap musimnya dan juga memiliki pengaruh terhadap dunia sepak bola.

Perdebatan dalam dunia sepak bola yang paling panas bisa dibilang jatuh kepada perdebatan Messi vs Ronaldo. Kedua pemain ini selama 1 dekade terakhir secara konsisten terus menjaga rivalitas mereka.

Perdebatan Messi vs Ronaldo bahkan terus berlanjut di usia-usia tua mereka. Jika biasanya usia pemain bola usai di usia 30-32 tahun, Messi dan Ronaldo sukses mempertahankan performanya hingga batas usia pensiun pemain sepak bola yang biasanya berumur 35 tahun.

Maka dari itu, sangat adil rasanya untuk mengatakan bahwa perdebatan siapakah pemain bola terbaik sepanjang masa antara Messi vs Ronaldo merupakan perdebatan terbaik dalam dunia sepak bola.

Namun kini, pasca Messi mengumumkan kepindahannya ke Inter Miami dan Ronaldo yang sudah lebih dahulu meninggalkan liga top Eropa untuk menuju ke liga Arab. Rasanya, perdebatan antara Messi vs Ronaldo sudahlah usai. Terlebih, nampaknya Messi sudah sukses menyelesaikan perdebatan tersebut setelah dirinya sukses “menamatkan” sepak bola lewat trofi piala dunia. 

Namun dengan munculnya bintang-bintang muda baru seperti Haaland, Mbappe, Jude Bellingham, dan lain sebagainya. Nampaknya membuat kita para pecinta sepak bola untuk mulai mengikhlaskan era Messi vs Ronaldo sebagai era terbaik dalam dunia sepak bola.

Namun, yang menjadi pertanyaan selanjutnya setelah berakhirnya perdebatan Messi vs Ronaldo adalah, siapakah yang akan melanjutkan perdebatan siapakah pesepakbola terbaik sepanjang masa? Setelah Cruyff vs Di Stefano, Pelé vs Maradona, ataupun Messi vs Ronaldo? Mengapa akhirnya perdebatan Messi vs Ronaldo sangat sulit untuk tergantikan?

BERTARUNG DI ERA YANG SAMA

Salah satu faktor yang membuat perdebatan Messi vs Ronaldo menjadi perdebatan terbaik sepanjang sejarah sepak bola dunia adalah keduanya bermain di era yang sama.

Berbeda dengan Cruyff vs Di Stefano atau Pele vs Maradona yang mana perdebatan tersebut tidak terasa nyata karena pemain-pemain tersebut bermain di era yang berbeda. Perdebatan Messi vs Ronaldo nyatanya hadir pada era yang sama.

Messi dan Ronaldo yang hanya terpaut 2 tahun. Yang mana keduanya mulai mencuri perhatian dunia ketika pertandingan final Liga Champions pada musim 2008/2009 dimana di tahun itu keduanya mulai mencuri perhatian dunia.

Sehingga perdebatan Messi vs Ronaldo terasa begitu nyata karena keduanya saling berkompetisi di era yang sama. Para pecinta sepak bola memiliki statistik dari keduanya dari musim yang sama, sehingga perdebatan dilakukan dengan data-data yang berdasarkan real time. 

Faktor kesamaan era inilah yang akhirnya membuat perdebatan Messi vs Ronaldo begitu luar biasa dan bertahan untuk waktu yang lama.

RIVALITAS KLUB 

Menurun dari faktor pertama, yaitu kesamaan era. Satu keunggulan lain yang membuat perdebatan Messi vs Ronaldo terasa sangat “panas” adalah adanya rivalitas dari klub yang pernah mereka bela.

Ronaldo memang sukses mencuri perhatian bersama Manchester United. Namun, dirinya makinya besar kala membela raksasa Liga Spanyol yaitu Real Madrid.

Disisi lain, Rivalnya yaitu Lionel Messi sudah sejak kecil membela rival dari Real Madrid, yaitu FC Barcelona.

Rivalitas Real Madrid vs FC Barcelona atau biasa dikenal dengan derby El Clasico merupakan rivalitas atau derby terpanas dalam dunia sepak bola. Derby ini selalu sukses membuat para pecinta  sepak bola fokus dan terpana dengan pertandingan dua raksasa asal Spanyol tersebut.

Dengan hadirnya Messi di FC Barcelona dan Ronaldo di Real Madrid, nyatanya membuat perdebatan antara Messi vs Ronaldo sebagai perdebatan pemain terbaik sepanjang masa makin terasa panas. 

Rivalitas klub yang memiliki 2 pemain terbaik di dunia nyatanya makin membuat perdebatan pemain terbaik sepanjang masa antara Messi vs Ronaldo menjadi perdebatan yang akan selalu diingat dalam dunia sepak bola. 

Sedangkan perdebatan-perdebatan sebelumnya dirasa kurang memiliki nilai rivalitas dari tim yang dibela. Memang, Cruyff pernah bermain di FC Barcelona dan Di Stefano pernah bermain untuk Real Madrid. Tapi, keduanya bermain di era yang berbeda, sehingga rivalitas klub mereka tidak terbawa dalam perdebatan pesepakbola terbaik sepanjang masa edisi mereka. 

Disisi lain, dengan Messi dan Ronaldo bermain di era yang sama, dan bermain untuk klub yang memiliki rivalitas yang kuat. Pada akhirnya membuat perdebatan pesepakbola terbaik sepanjang masa edisi mereka terasa sangat panas dan mudah diingat oleh para pecinta sepak bola di era tersebut.

NARASI PERDEBATAN YANG DIKEMAS SECARA MENARIK

Faktor lain yang akhirnya membuat perdebatan antara Messi vs Ronaldo sangat menarik adalah, bagaimana narasi yang mengemas perdebatan tersebut dikemas dengan sangat menarik.

Narasi-narasi seperti “alien vs robot”, “bakat vs kerja keras”, dan lain sebagainya nyatanya sukses menarik seluruh pecinta sepak bola untuk membicarakan perdebatan antara dua mega binta tersebut.

Selain itu narasi-narasi lain di luar sepak bola mulai dari kekayaan, gaya hidup, perilaku di luar lapangan, dan lain sebagainya sukses dijadikan “kampanye” oleh media-media olahraga untuk menjadikan perdebatan Messi vs Ronald menjadi perdebatan yang akan terus dikenang oleh publik pecinta sepak bola. 

MENANTI PERDEBATAN BARU DALAM DUNIA SEPAK BOLA

Setelah Messi dan Ronaldo meninggalkan liga Eropa, perdebatan antara Messi vs Ronaldo tampaknya sudah berakhir. Meskipun begitu, tentunya akan ada perdebatan baru dalam dunia sepak bola.

Kini nama seperti Haaland vs Mbappe kian diperbincangkan sebagai perdebatan baru dalam dunia sepak bola. Namun, apakah keduanya mampu menyaingi atau bahkan mengalahkan perdebatan Messi vs Ronaldo? (*/) (Photo credit: James Harris)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop