Esensi

PENGEN KERJA LEBIH TENANG? WASPADAI KLIEN KAYAK BEGINI!

Bukan cuma pasangan yang punya red flag, klien juga. Daripada terus-terusan ‘masa bodo’ sama red flag-nya klien, mending perhatiin beberapa hal ini supaya kerjaan lo bisa lebih tentram, Civs.

title

FROYONION.COM - Hidup tuh ada aja tantangannya. 

Waktu masi bocil, pengen cepet-cepet SD biar bisa pake seragam. Udah gitu pengen cepet-cepet SMP supaya bisa jadi ABG. Ngeliat kakak-kakak SMA yang keren jadi pengen cepet jadi anak SMA. Begitu stres belajar, pengen cepet kuliah biar bisa belajar yang kita mau aja. 

Pas kuliah ternyata bosen dan pengen cepet-cepet kerja. Giliran udah kerja dan udah menghadapi kerasnya dunia, pengen balik bocil lagi. Hadeh… Dasar manusia. 

Buat yang udah kerja ataupun belom, pasti hal ini cepet atau lambat bakal lo rasakan juga. Terjun ke dunia profesional emang ada serunya. Bisa punya penghasilan sendiri, belajar mengatur kehidupan sendiri, dan kesempatan untuk punya pengalaman lebih banyak. 

Bagian nggak serunya juga banyak. Salah satunya kalo dapet klien yang aneh bin ajaib. Gue rasa buat yang kerja di kantor, freelance, sampe kerja di pabrik pun pasti pernah ngerasain kerja sama dengan orang yang sebenernya punya banyak red flags atau hal yang harus kita hindari. 

Red flag-nya apa aja tuh? 

1. BAYARAN DAN BUDGET-NYA SERET

Setuju dong kalo kerja itu untuk mencari nafkah? Baik kita ataupun klien pasti sama-sama butuh kedua belah pihak untuk mencapai keuntungan. 

Kalo lo nemuin klien yang budgeting awalnya udah asal-asalan, mending tinggalin aja. Dalam arti yang suka bilang, “Budget mah gampang, idenya aja dulu,” atau yang kayak, “Kayaknya bisa deh pake artis A buat jadi KOL, masukin aja dulu ke budgeting nanti dananya aku tanya bos,” itu udah pertanda nggak baik sih. 

Masalahnya, di industri kreatif Indonesia sering banget kejadian kayak gini. Ide udah mateng, tapi budget-nya nggak approveAlhasil, harus rombak ide lagi deh supaya bisa nyesuain sama dana yang ada. Kalo lo kebagian klien yang kayak gini terus, lama-lama kan pusing juga karena lo harus kerja dua kali. 

Lebih baik pastikan budget dari awal supaya kerjanya sama-sama enak. Penting juga untuk memastikan bayaran atau invoice cair tepat waktu. Kalo klien nggak cairin invoice lebih dari 30 hari, red flag juga tuh, Civs!

Penting halnya untuk kita sebagai pekerja di industri kreatif, baik yang di kantor maupun freelance, punya kontrak yang jelas supaya hal-hal kayak gini nggak terjadi. 

BACA JUGA: EMANGNYA NGERJAIN KERJAAN DI LUAR JOB DESC ADA MANFAATNYA?

2. NGGAK TAHU WAKTU KERJA DAN ISTIRAHAT

Tipe yang ini ada dua macem, antara klien yang slow response banget waktu kita hubungi, atau yang tiba-tiba WA jam 2 pagi buat bahas kerjaan.

Keduanya nggak bisa ditoleransi kalo udah kejadian berulang kali. Karena adanya peraturan berapa lama jam kerja berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 35/2021 pasal 21 ayat (1) adalah karena lamanya jam kerja kita berpengaruh sama efektivitas kinerja dan besarnya gaji. 

Jadi kalo tiba-tiba lo disuruh revisi jam 2 pagi sama klien, abaikan aja ya. Lebih baik tetap tutup mata, bobo, bangun seperti biasa dan baru bales WA-nya. 

Nah, hal ini biasanya sulit nih buat yang punya motto ‘yang penting klien senang’. Tipe-tipe yang suka nggak enakan sama klien kalo bales WA lama, pengen kasih kesan baik, eh tapi malah mengorbankan kesehatan mental diri sendiri. 

Tahu nggak Civs, dari survey kecil-kecilan yang dilakukan Froyonion, ternyata mayoritas (44,3%) responden lebih memilih lingkungan kerja yang suportif dibanding gaji yang gede (16,5%). 

Jadi plis, perhatikan kesehatan mental lo juga yah. 

BACA JUGA: EMANGNYA ‘PEKERJAAN IDEAL’ CUMA TENTANG GAJI YANG GEDE?

3. NGASIH BRIEF DADAKAN

Menurut gue se-impulsif apapun seseorang, tetep nggak suka kalo dikasih brief dadakan. 

Sering juga nih dialami sama para pekerja kreatif ataupun freelancer. Tadinya di-brief A, tiba-tiba H-1 deadline brief-nya diubah. Ckckck…

Kadang alasan klien juga macem-macem. Ada yang bilang permintaan bos (sering terjadi), ada yang bilang kalo brief kemarin kurang lengkap (kezel nggak tuh), ada juga yang bilang, “Ya udah lah kak, ikutin brief ini aja ya. Kan gampang tinggal ubah dikit.”

Di saat seperti inilah senyum karier dibutuhkan :) 

Dear klien di luar sana, plis kalo ada brief dadakan setidaknya bilang maaf, tolong, dan terima kasih. Kami paham kok pasti kalian juga menghadapi kesulitan di tempat kerja sampe harus kasih brief dadakan, tapi kalo diiringi dengan tiga kata tersebut, rasanya lebih adem aja. 

BACA JUGA: 5 CARA MENULIS CREATIVE BRIEF UNTUK LO PEKERJA KREATIF

Kalo komunikasinya enak, permasalahan juga pasti akan beres dengan enak. Walaupun kasih brief dadakan bukan excuse juga ya. Lagi-lagi, perhatikan kontrak kerjanya. Kalo di kontrak udah menyebutkan nggak boleh ada brief dadakan di H-1 deadline, lo bisa menolak dengan tegas, Civs. 

Namun gue juga paham kok, di dunia kerja kita nggak bisa selalu dapet enaknya aja. Nggak bisa juga milih kita mau ketemu orang yang kayak gimana. Sabar itu perlu, tapi ketegasan juga perlu. Kalo klien udah kasih banyak red flags, lari bestie! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.