Esensi

4 HAL YANG BIKIN LO MERASA BERSYUKUR BISA BEKERJA DI IBUKOTA

Kerja di Jakarta memang terkenal keras. Di balik itu, ada 4 hal yang bikin lo tambah bersyukur. Apa aja? Selengkapnya, baca di sini, Civs!

title

FROYONION.COMSiapa sih yang nggak mau kerja di ibukota? Gue bisa tebak kalau lo juga pengin kan bekerja di sini, ya, Civs? Sudah menjadi hal lumrah kalau kota Jakarta dipilih menjadi tempat berkarir impian bagi lulusan baru alias fresh graduate.

Seolah menjadi tren anak muda Indonesia, gue pun berpikir demikian. Yah, walaupun semenjak kecil berdomisili di kota Bekasi–yang banyak orang bilang kalau tinggal di sini ibarat beda planet dengan Jakarta. Namun, ada aja terbesit keinginan untuk bekerja di sana.

Banyak juga sih teman-teman gue yang aslinya itu berdomisili di sekitar pinggiran Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan dari luar daerah bahkan rela merantau untuk mencari penghidupan di kota megapolitan ini.

Gue jadi kepikiran, hal apa sih yang membuat mereka begitu cinta dan bangga bisa bekerja di sini? Kalau boleh jujur sih yang namanya macet, banjir, lingkungan yang ramai, dan semrawut memang belum bisa lepas sepenuhnya dari sini.

Belum lagi, soal rata-rata pekerja di kota Jakarta juga terkenal dengan tekanan kerja yang begitu tinggi, pada akhirnya membuat mereka merasa lelah secara fisik dan juga mental.

Tapi, kalau kita amati secara teliti dibandingkan segala hiruk pikuk kota Jakarta yang dikenal begitu keras–ternyata ada sisi lain yang bisa membuat lo tambah bersyukur bisa bekerja di kota ini, Civs. Mau tahu? Baca di bawah ini sampai selesai, ya!

BACA JUGA: 3 STRATEGI KREATIF MENGURANGI POLUSI IBU KOTA LEWAT OJEK ONLINE

1. MAU APA AJA ADA

Nggak salah sih kalau kota Jakarta ibarat toko palugada alias apa lo mau gue ada, ya. Maksudnya itu segala kebutuhan, baik itu kebutuhan primer, sekunder, tersier, pangan, papan, sandang juga tersedia lengkap di sini. 

Misalnya, pengin nyari baju murah? Mampir aja ke Pasar Tanah Abang, mau beli gadget murah tapi nggak murahan? Belokin aja langkah kaki lo ke Glodok, eh malam-malam lo lapar biarpun duit pas-pasan? Silakan mampir ke Taman Menteng yang dikenal sebagai tempat nongkrong anak muda.

Tapi, yang namanya baru dapat gaji sebesar UMP kota Jakarta, ya pasti aja tergiur dengan aneka jajanan kafe atau restoran terkini yang bakal menggoda dompet kita. Saran gue sih dengan segala kemudahan yang ada, tetaplah bijak mengatur keuangan lo, ya Civs!

2. UMP TERBILANG TINGGI

Hal selanjutnya nih yang bikin lo tambah sumringah terus auto bersyukur adalah gaji yang lo punya memang terbilang tinggi. Dikutip dari kontan.co.id, rata-rata pendapatan pekerja atau buruh di Jakarta berada pada nominal Rp 4.453.935. Hmm, begitu menggiurkan, bukan?

Makanya, nominal gaji berdasarkan UMP yang cenderung tinggi dibandingkan daerah lainnya di Indonesia, membuat banyak fresh graduate dan juga kaum pencari kerja, banyak yang mencoba peruntungan nasibnya di sini.

Tapi, ada tapinya nih. Sekalipun lo dapat gaji yang lumayan, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatan lo untuk tabungan di masa depan atau sisihkan sedikit aja untuk jadi modal investasi, nabung di saham, misalnya.

3. PUNYA TEMAN DARI BERMACAM LATAR BELAKANG BUDAYA

Kemudian, bekerja di kota besar seperti Jakarta, lo berkesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan berbagai rekan kerja yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Selain itu juga punya karakter dan kebiasaan yang unik pula.

Hal itu menjadikan pengalaman kerja lo semakin berharga karena rekan kerja lo meleburkan budaya yang mereka bawa dari daerah asalnya ke sini. Makanya nggak heran jika suatu ketika lo malah hafal dengan bahasa daerahnya mereka.

Belum lagi, lo juga jadi paham bahwa bekerja itu bukan semata mencari cuan aja. Melainkan, jiwa sosial yang lo miliki akan semakin terasah dengan kehadiran mereka yang membuat hari-hari lo semakin berwarna. Jiaaakh~

4. KESEMPATAN NONTON ACARA KELAS DUNIA

Jakarta juga jadi kota andalan bagi gelaran acara kelas dunia. Misalnya, baru-baru ini ada ajang balapan Formula E yang digelar di kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Sebelumnya, di tahun 2018 juga telah diselenggarakan ajang perlombaan olahraga tingkat internasional, Asean Games–yang kebetulan, Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia jadi tuan rumahnya. 

Beragam artis dan musisi papan atas dunia pun memilih Jakarta sebagai venue untuk menyapa penggemar dari seluruh nusantara. Sebut aja Katy Perry, Beyonce, Westlife, dan bahkan musisi KPOP seperti BTS atau penyanyi yang dikenal dengan tembang Baby, Justin Bieber juga bersiap datang ke sekian kalinya di sini!

5. TEMPAT MENCARI JODOH

Ini nih, alasan terakhir yang ada di keseluruhan tulisan ini dan bikin lo langsung bersyukur. Bukan nggak mungkin kalau niat lo bekerja di Jakarta, bisa bawa pulang jodoh untuk pendamping hidup selamanya.

Di tengah gempuran rekan kerja lo yang sering menyindir kedekatan lo dengan seseorang, mungkin di dalam lubuk hati yang terdalam, lo juga kepengin punya jodoh yang nggak jauh dari tempat kerja.

Ya, memang percaya nggak percaya sih, ternyata mereka yang bekerja di sini, ujung-ujungnya juga dapat jodoh orang sini. Namun, kalau lo pengin dapat jodohnya dari luar sana sih ya silakan aja. Lagipula kita bukan biro jodoh. Wkwkwk.

Jadi, begitulah keempat hal yang semoga bikin lo makin bersyukur bisa bekerja di Jakarta. Terlepas dari karakteristik kotanya yang begitu kejam, nyatanya kota ini bisa kok menjadi tempat nyaman untuk lo bisa mengembangkan karir. (*/)

BACA JUGA: FENOMENA MAHASISWA BEDA JURUSAN, JUSTRU DAPAT KARIR YANG LUMAYAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas