Potensi Diri

MAU KONSULTASI PSIKOLOG TANPA BIKIN KANTONG JEBOL? INI ALTERNATIFNYA!

Cara ini bisa jadi alternatif, namun akan lebih bijak untuk memprioritaskan berkonsultasi dengan psikolog ataupun psikiater berlisensi, ya, Civs!

title

FROYONION.COMTren anak muda jaman sekarang cenderung makin melek soal kesehatan mental. Keberadaan psikolog pun jadi garda terdepan dalam memulihkan masalah kejiwaan yang kerap terjadi. Namun, melihat biaya yang harus dikeluarkan, banyak yang memilih untuk mengurungkan niat karena terkendala biaya.

Sebagai contoh, biaya konsultasi psikolog di Jakarta, berkisar mulai dari Rp250.000 hingga mencapai Rp605.000 tiap sesinya. Jelas, nominal ini terasa berat bagi lo kaum mendang-mending dengan upah minimum sekelas Jakarta sebesar Rp4,6 juta.

Padahal manfaat yang didapatkan dengan berkonsultasi bersama psikolog profesional, lo akan diberikan saran, sugesti, beserta obat-obatan yang diperlukan dalam memulihkan kondisi jiwa. Solusi yang tersedia juga menyesuaikan kebutuhan tiap individu, Civs.

Tapi, permasalahan layanan kesehatan mental di Indonesia bukan hanya soal biaya. Terbatasnya dokter spesialis jiwa yang kompeten juga menjadi problematika dalam beberapa tahun terakhir. Melansir data Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, saat ini baru terdapat 1.221 psikiater yang tersebar di penjuru negeri.

Belum lagi, lo sering menemukan dokter yang kurang profesional dengan menakut-nakuti pasiennya. Selain itu, stigma masyarakat awam yang merasa aneh jika ada di antara kita yang berobat ke layanan psikolog atau poli jiwa jadi penghalang untuk menciptakan kesadaran kesehatan jiwa di bumi pertiwi ini.

Terus, ada nggak sih alternatif konsultasi psikolog yang nggak bikin kantong jebol, apalagi tanpa repot-repot ke rumah sakit?

Di dalam artikel ini akan dibahas beberapa alternatif terapi yang bisa lo coba. Namun, perlu diingat bahwa pilihan ini hanya mengatasi gejala ringan. Untuk konsultasi yang lebih lengkap, psikolog atau praktisi yang berlisensi tetap jadi solusi utama, ya, Civs! 

BACA JUGA: TERNYATA SELF-DIAGNOSIS BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN MENTAL LO

APLIKASI MEDITASI

Salah satu cara alternatif saat lo merasa stres atau tiba-tiba merasa cemas adalah dengan melakukan meditasi. Singkatnya, meditasi adalah teknik untuk mencoba fokus berpikir secara lebih dalam, dan mengesampingkan pikiran negatif yang tengah  lo rasakan.

Senangnya, sekarang lo nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk menyewa instruktur meditasi profesional. Pasalnya, tersedia banyak aplikasi meditasi yang bisa lo unduh lewat smartphone. Lo pun bisa melakukan meditasi secara cuma-cuma di rumah dengan memperoleh manfaat yang sama.

JASA LIFE COACH

Berkonsultasi dengan psikolog ataupun psikiater emang jadi rujukan utama. Namun, menggunakan jasa life coach juga bisa lo pilih untuk dapat menyelesaikan masalah dengan beberapa saran atau sugesti yang bisa membuat lo lebih pulih dan merasa lebih semangat.

Seorang life coach akan berupaya untuk menemukan jalan keluar yang tepat terhadap masalah yang lo hadapi. Uniknya, lo nggak hanya bertanya seputar kesehatan jiwa. Topik soal karier dan asmara juga bisa lo konsultasikan, loh. Mereka bisa lo temui dengan mudah di media sosial atau jejaring internet.

LAYANAN PSIKOLOG ONLINE

Nah, layanan psikolog online emang nggak berbeda jauh dengan konsultasi secara langsung bersama psikolog berlisensi. Perbedaannya terletak pada cara berkonsultasi, lantaran layanan psikolog online dapat menyesuaikan kesibukan lo, baik itu lewat video call ataupun via pesan singkat.

Biaya yang mesti dikeluarkan pun cenderung lebih terjangkau dibandingkan konsultasi langsung secara offline dengan psikolog. Agar konsultasi dapat berjalan aman dan nyaman, lo bisa memanfaatkan aplikasi layanan psikolog online yang keberadaannya mudah ditemukan di smartphone. Tinggal pilih psikolog, sesuaikan jadwal, bayar, dan nikmati layanannya.

JANGAN LUPA ISTIRAHAT

Hah seriusan? Cuma dengan cukup istirahat aja bisa memulihkan dan membuat kesehatan jiwa lo akan jauh lebih baik, Civs. Selain itu, lo akan selalu menjaga pikiran positif supaya terhindar dari penyebab stres, gangguan kecemasan, dan gangguan kejiwaan lainnya.

Tapi, bukan berarti jika kesehatan jiwa lo tengah terganggu, lantas mengabaikan langkah-langkah utama seperti yang gue jelaskan di awal dan lebih memilih tidur-tiduran aja di kasur. Intinya, prioritaskan untuk dapat bertemu langsung dengan tenaga psikolog maupun psikiater, dan sempurnakan dengan istirahat yang cukup.

Selain mencoba beberapa cara alternatif di atas, lo juga bisa berkonsultasi atau dengan psikolog maupun psikiater melalui fasilitas BPJS Kesehatan. Melansir Hypeabis, pelayanan psikolog dapat di-cover lewat BPJS Kesehatan dengan cara memilih fasilitas kesehatan atau rumah sakit yang menerima layanan psikolog dengan BPJS Kesehatan. Pastikan lo telah terdaftar sebagai penerima bantuan BPJS Kesehatan ya, Civs! (*/)

BACA JUGA: MANFAAT POSITIF UNTUK LO YANG SUKA LIHAT MEME, SALAH SATUNYA BISA MEREDAKAN STRES

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas