Tips

MAU KERJA REMOTE? LO WAJIB KUASAI DULU 3 SKILLS PENTING INI!

Kuasai dulu yuk ketiga skills penting ini biar lo makin siap bekerja secara remote, Civs!

title

FROYONION.COMLo sadar nggak, Civs? Perkembangan dunia kerja itu pesat banget. Apalagi kalau ngomongin sistem kerja. Dari yang harus bolak-balik ke kantor, eh sekarang muncul remote working, di mana lo bisa bekerja tanpa harus ke kantor.

Gimana nggak nge-tren? Melansir Business 2 Community, selama lima tahun terakhir, minat penduduk dunia untuk bekerja secara remote naik sebesar 44%.

Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 yang muncul di tahun 2020, membuat sistem kerja yang lagi naik daun ini makin digandrungi, tak terkecuali hadir sebagai tren anak muda Indonesia dalam bekerja.

Dari fakta tersebut, nggak menutup kemungkinan tren bekerja secara remote bakal terus berkembang seiring waktu ke waktu.

Remote working bukan cuma menawarkan kemudahan bekerja di mana aja tanpa perlu ke kantor. Work-life balance alias keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari juga bakal lo dapatkan, Civs!

Makin penasaran buat cepat-cepat dapat tawaran bekerja secara remote?

Sebelumnya, lo harus kuasai dulu nih tentang 3 skills penting dalam bekerja secara remote. Selengkapnya, temukan jawabannya di artikel ini!

BACA JUGA: WAJIB TAU! INI ALASAN DI BALIK STARTUP INDONESIA YANG RAMAI PHK KARYAWAN

APA ITU KERJA REMOTE?

Banyak yang mengira sistem kerja ini layaknya sebuah remote yang bisa dikendalikan secara jarak jauh. Well, emang tepat sih. Seperti yang dibahas oleh Skill Crush, kerja remote atau remote working memungkinkan lo untuk bekerja tanpa pergi ke kantor.

Dalam arti lain, lo bisa bekerja di mana aja. Mau di dalam rumah, kafe, coworking space, di dalam mobil, atau bahkan di rumah tetangga lo juga bisa deh, Civs. Wkwkwk.

Jadi, hal-hal seperti itu yang membuat banyak remote worker ternyata betah menyelesaikan pekerjaan secara jarak jauh, di mana aja, dan kapan aja.

Bahkan, menurut studi oleh Flex Jobs menunjukkan rata-rata pekerja remote merasakan kondisi kesehatan mental yang jauh lebih baik. Inilah yang gue singgung sebelumnya di mana remote working berkontribusi pada work-life balance.

Jika kita bahas tentang tingkat produktivitas kerja seorang remote worker juga menunjukkan pengaruh yang positif. Mereka jadi makin semangat bekerja tanpa hiruk pikuk kemacetan jalanan dan pastinya terhindar dari rekan kerja yang toxic.

PROFESI YANG BISA DIKERJAKAN SECARA REMOTE

Ngomongin soal beberapa profesi yang dapat dikerjakan secara remote, kira-kira ada apa aja ya, Civs? Coba simak di bawah ini. Siapa tau profesi idaman lo termasuk loh!

1. CONTENT WRITER

Yap, betul banget! Profesi content writer atau penulis konten merupakan salah satu dari sekian bidang pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote. Contohnya ya artikel yang lo baca sekarang ini. 

Dikutip dari Career Side Kick, tugas content writer terdiri dari kegiatan menulis, mengedit, dan mengirimkan dokumen. Jadi, cukup bermodal laptop/komputer dan kuota internet yang cukup, lo juga bisa menjadi remote content writer.

2. CONTENT MARKETING

Profesi content marketing juga bisa lo pilih ketika memutuskan bekerja secara remote. Biasanya, sebagai content marketing lo akan bertugas memasarkan konten suatu produk atau jasa di perusahaan tempat lo bekerja lewat platform media sosial.

Syarat untuk menjadi remote content marketing juga nggak ribet. Umumnya, perusahaan meminta sejumlah kualifikasi. Mulai dari  content writing, copywriting, proof reading, social media savvy, dan kemampuan basic digital marketing.

3. PROGRAMMER

Lo punya keahlian di bidang programming? Jangan berpikir kalau profesi ini cuma bisa dikerjakan di kantor. Pasalnya, kini ada banyak perusahaan yang menawarkan posisi sebagai remote programmer.

Tanggung jawab sebagai remote programmer ialah menguji program melalui penggunaan bahasa pemrograman seperti JavaScript, C++, dan aplikasi SQL. Berbekal laptop/komputer yang support dengan tools tersebut lo juga bisa jadi remote programmer.

4. GRAPHIC DESIGNER

Nah, profesi satu ini sebagai graphic designer juga udah jelas-jelas bisa dilakukan secara remote! Sama halnya profesi yang lain, berbekal laptop/komputer dan aplikasi pengolah desain grafis, peluang menjadi remote graphic designer juga terbuka lebar.

Salah satu kunci terbaik bagi lo yang ingin berkarier sebagai remote graphic designer adalah memiliki portofolio pendukung yang berisi karya-karya maupun pengalaman lo membuat sebuah karya desain grafis. 

5. VIDEO EDITOR

Sebenarnya masih ada banyak profesi yang bisa lo jalankan secara remote. Namun untuk yang satu ini gue jelaskan juga bahwa profesi sebagai video editor pun dapat dikerjakan secara remote tanpa perlu jauh-jauh ngedit di kantor.

Bicara soal syarat-syarat untuk menjadi remote video editor terbilang mudah. Pastikan lo memiliki skills atau keterampilan meng-edit video, maupun suara, dan tentunya memiliki laptop/komputer yang dapat menunjang profesi lo ini, Civs!

3 SKILLS PENTING BEKERJA SECARA REMOTE

Waktunya lo catat nih 3 skills penting yang wajib dimiliki sebagai remote worker biar karier lo bisa bersaing dengan kompetisi yang ada saat ini. Dilansir dari CNBC, berikut selengkapnya:

1. KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

Sumpah deh yang namanya kemampuan komunikasi itu nggak memandang profesi tertentu. Sekalipun lo akan terjun sebagai remote worker, punya kemampuan komunikasi yang baik tentu akan menunjang pekerjaan.

Misalnya, lo harus menghadiri virtual meeting mingguan, namun ternyata lo harus datang pula ke acara keluarga. Lantas, apa solusinya? Salah satu kuncinya pasti terletak pada kemampuan komunikasi lo, sehingga nantinya akan dihasilkan satu keputusan yang bijak.

2. FAMILIAR DENGAN TEKNOLOGI ALIAS NGGAK GAPTEK

Sebagai remote worker, lo juga harus bersiap untuk beradaptasi dengan beberapa platform teknologi yang sering dipakai untuk berkirim pesan, hingga berkoordinasi dengan tim atau klien. Malu kan kalau ketahuan gaptek~

Adapun platform tersebut di antaranya seperti Slack, Trello, Zoom Meeting, Clickup, Notion, Google Workspace, dan masih banyak lagi. Beda perusahaan, beda pula platform yang digunakan. Jadi, persiapkan aja biar lo nggak ketinggalan mempelajari platform tersebut.

3. PANDAI MEMANAJEMEN WAKTU

Skills berikut ini juga wajib untuk dikuasai. Ya! Pandai memanajemen waktu atau istilahnya disebut dengan time management. Soalnya, makin ke sini, makin banyak perusahaan yang menargetkan kualifikasi remote worker dengan keahlian memanajemen waktu.

Misalnya, lo bekerja secara remote di salah satu tech startup di Indonesia yang ritme kerjanya begitu dinamis. Maka, lo perlu menerapkan keterampilan ini untuk mencegah hal-hal yang bisa membuat kinerja lo atau bahkan kinerja perusahaan malah jadi nggak efisien, Civs.

Nah, sampai sini jadi makin tau kan tentang 3 skills yang wajib lo miliki sebagai remote worker?

Bagi lo yang mau mendapatkan pekerjaan dengan sistem ini, lo bisa mengenali karier yang mendukung remote working, membuat portofolio yang menarik, dan mencari lowongan pekerjaan yang membuka remote job.

Selebihnya, jangan lupa berdoa dan selalu optimis biar lo cepat dapat pekerjaan remote working impian ya, Civs! (*/)

BACA JUGA: INI DIA, CARA JITU MENJADI KARYAWAN TETAP SETELAH MAGANG

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas