Potensi Diri

KENAPA ADA ORANG YANG LEBIH MERASA KREATIF SAAT MALAM HARI?

Barangkali sebagai morning person, lo penasaran kenapa ada orang yang lebih merasa kreatif saat malam hari? Apakah mereka punya kekuatan tertentu atau ada faktor lain? Selengkapnya, baca di sini, Civs!

title

FROYONION.COMApakah lo sering bertemu dengan orang yang merasa lebih kreatif di malam hari? Kebiasaan ini erat kaitannya dengan budaya anak muda Indonesia alias begadang. Ibarat dua dunia yang berbeda. Ketika malam hari lo sudah merasa ngantuk, tapi mereka justru melek dan merasa lancar mendapatkan ide-ide nan kreatif.

Keheranan yang dirasakan bukan cuma itu saja, tapi barangkali lo juga kerap mengamati orang yang merasa dirinya lebih kreatif di malam hari malah punya tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Hal tersebut akhirnya melahirkan karakteristik orang-orang yang dibedakan atas morning person dan night owl.

Apabila lo merasa lebih sibuk di malam hari dengan memikirkan sesuatu atau cenderung lebih merasa fokus di malam hari, maka lo di sebut night owl. Sedangkan, jika lo lebih akrab dengan rutinitas bangun pagi hingga pekerjaan yang dapat di kerjakan pada siang hari, maka lo termasuk golongan morning person.

Terkait hal ini, memanglah unik bila dibahas dari sudut pandang seorang peneliti. Menurut Daniel Kripke, Guru Besar Kesehatan Jiwa di UC San Diego, menjelaskan bahwa yang menyebabkan kedua karakteristik ini berbeda adalah faktor ritme sirkadian alias relasi antara waktu tidur dengan organ tubuh lainnya yang pada setiap orang berbeda pula.

Pada orang yang memiliki karakter morning person, umumnya memiliki produksi melatonin yang cenderung tinggi sehingga memicu kantuk disertai penurunan suhu tubuh pada malam hari sekitar dua jam sebelum bangun tidur. Akibatnya lo terbiasa merasa ngantuk dan dapat tidur di malam hari.

Sedangkan, orang yang memiliki karakter night owl alias merasa lebih segar untuk beraktivitas di malam hari, ternyata dipicu dari proses biologis yang lebih rumit. Lebih lambat bila dibandikan morning person. Hal ini juga ditambah dengan suasana hati positif yang terasa di sore hari, sehingga menimbulkan pikiran kreatif di malam hari.

Tak jarang kedua karakteristik yang dimiliki setiap orang ini enggak terlepas dari pola pikir masyarakat yang memang lebih akrab dengan morning person. Misalnya, anggapan kalau orang yang biasa bangun pagi memiliki sikap disiplin dan sukses. Padahal, mau sukses atau enggak ya balik lagi dengan etos kerja masing-masing, kan Civs?

Fakta menarik lainnya terkait fenomena tersebut juga memicu peneliti untuk menyimpulkan relasinya dengan Rapid Eye Movement (REM) atau fase ketika lo tertidur, tapi mata bergerak cepat. Bagian ini, usut punya usut juga berkaitan dengan meningkatnya kreativitas. Makanya, kita banyak mendengar fakta sebagian orang ada yang lebih leluasa mendapatkan ide di malam hari.

Sementara itu, bila kita membahas seseorang yang pernah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-44 yaitu Barack Obama. Sewaktu dirinya menjabat sebagai kepala negara paman Sam tersebut, malam hari adalah waktu ternyaman baginya untuk bekerja dan melakukan hobi. Terlebih jadi kesempatan emas untuk menciptakan ide-ide unik yang jarang dipikirkan pada siang hari.

BACA JUGA: BEGADANG BAKAL SETERUSNYA BURUK BUAT LO

Bicara soal hobi begadang yang sudah menjadi rutinitas night owl juga banyak dilakukan bagi mereka yang ingin merasakan ketenangan. Pasalnya, waktu malam hari itu begitu syahdu. Lo enggak bakal menemukan kebisingan dapur saat ibu lo tengah memasak atau keributan yang dilakukan ponakan lo, Civs. Hehehe.

Kata orang sih, idealnya ketika lo ingin beraktivitas dan menemukan ide-ide kreatif di malam hari, pasang aja pada pukul 12 malam ke atas hingga sebelum waktu subuh dan siapkan kopi. Dijamin pikiran bakalan lebih fokus untuk lo yang memang hobi begadang dan termasuk night owl.

Namun, dari segelintir keuntungan yang dirasakan night owl untuk merasa lebih kreatif saat malam hari, apakah ada efek sampingnya?

Karena yang enak belum tentu baik, menurut dr. Saddam Ismail seperti dikutip dari kanal YouTube pribadinya, seseorang yang menjalani aktivitas begadang alih-alih mendapatkan ide kreatif di malam hari lebih besar mengalami efek samping seperti kurang tidur dan tubuh yang gampang lesu serta ngantuk.

Kalau sudah parah, resiko mengalami penyakit berat pun lebih besar, Civs. Sebut aja seperti penyakit obesitas karena metabolisme yang terganggu, hingga penyakit diabetes karena kencenderungan orang yang aktif di malam hari lebih sering mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Tentu mempengaruhi keseimbangan asupan glukosa bagi tubuh lo.

Namun, gimana kalau lo terpaksa begadang di malam hari? 

Amannya, lo dapat memaksimalkan tidur di siang hari. Seperti lumrahnya kebutuhan tidur orang dewasa sekitar 8 jam per hari, maka bila ada waktu luang ya sempatkan untuk tidur sebelum lo beraktivitas di malam hari. Enggak disarankan juga untuk mengonsumsi kopi atau minuman soda yang justru bikin lo susah tidur setelahnya.

Nah, selain itu sebagai upaya pencegahan resiko berbagai penyakit yang mengintai night owl alias kebiasaan begadang. Pertama, lo dapat mencukupkan waktu untuk beristirahat sejenak, kemudian kerjakan tugas yang enggak begitu berat dan banyak mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan air putih, supaya metabolisme dan daya tahan tubuh lo dapat terjaga ya, Civs!

Setelah baca ini, diharapkan lo makin paham terkait alasan bagi mereka yang lebih merasa kreatif saat malam hari. Jadi, lo pilih ikut-ikutan begadang seperti night owl  atau tetap menjadi morning person, Civs? (*/)

BACA JUGA: BEGADANG DAN BUDAYA ANAK MUDA INDONESIA LAINNYA YANG BERDAMPAK BESAR PADA KESEHATAN, BAHKAN MEMICU KEMATIAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas