Esensi

JURUSAN KOMUNIKASI NGGAK MELULU SOAL NGOMONG?

Katanya sih kalo lo bawel dan ekstrovert, lo cocok banget untuk masuk Jurusan Komunikasi. Emang iya?

title

FROYONION.COM - Jurusan komunikasi menjadi salah satu jurusan favorit yang di incar para calon mahasiswa baru. Jurusan ini dinilai memiliki peluang besar ke depan, ada yang bilang sih kalau jurusan komunikasi berkaitan dengan ngomong. 

Jadi nih orang yang punya sifat introvert atau bisa dibilang yang tidak nyaman ketika banyak interaksi tidaklah cocok masuk jurusan komunikasi, eits tapi tunggu dulu. Emang iya harus pinter ngomong dulu? Apa orang introvert tidak boleh masuk jurusan komunikasi? 

Jawabannya tidak ada larangan bagi siapapun untuk masuk jurusan tersebut, lagian nih jurusan komunikasi nggak melulu perihal ngomong dengan banyak orang kok. Masih banyak hal yang dipelajari bukan cuma komunikasi aja pastinya. 

Penasaran apa aja pembelajaran yang didapat dari jurusan komunikasi dan bikin kalian semakin percaya diri, simak ulasan berikut ini: 

1. KAMERAMEN

Kameramen merupakan orang yang bertugas di belakang layar, kayak di TV gitu. Jurusan komunikasi ini cocok buat kalian yang punya hobi potret atau kamera, kalian akan mendapat mata kuliah yang khusus melatih kalian dalam hal kameramen. 

Nah selain itu kameramen sangat cocok untuk yang suka di belakang layar. Misal nih nggak suka ngomong layaknya presenter berita, kameramen solusinya karena hanya akan bertugas di belakang layar untuk mengatur kamera. Jadi tidak perlu takut grogi atau salah ngomong. 

Kameramen akan melatih kalian lebih kreatif, bagaimana caranya agar video terlihat bagus lalu bisa juga penataan posisi objek yang pas entah untuk foto atau video. Intinya banyak-banyak berkreasi dalam pengambilan gambar agar ada nilai seni yang membuat orang yang melihatnya terkesan serta meningkatnya perkembangan dunia kreatif di indonesia.

BACA JUGA: YANG HARUS LO TAHU KALO MAU MAGANG DI STASIUN TV

2. EDITING

Kalau yang tadi bahas soal kamera, jurusan komunikasi ada juga bagian yang namanya editing. Setelah melakukan pengambilan video langkah selanjutnya yaitu editing. Fokus editing hanya di depan laptop, mungkin akan kurang interaksi atau intinya nggak banyak berkomunikasi. 

Editing yaitu proses penyempurnaan dari sebuah video agar hasilnya lebih bagus dan mengurangi hal-hal yang tidak diperlukan dalam video. Seperti pengaturan suara agar tidak terlalu keras, penambahan filter untuk mempercantik lalu ada juga di buat intro atau semacam animasi tambahan lainnya. 

Jurusan komunikasi dengan pilihan editing ini sah-sah saja bila introvert mencoba masuk ke jurusan ini. Sebab nantinya editing akan berperan besar dalam sebuah broadcasting, jadi bagi introvert jangan minder untuk masuk ke jurusan komunikasi. 

Mencoba hal baru tentunya butuh proses yang tak mudah, tapi ketika kalian berusaha semuanya akan terlihat mudah khususnya menjadi wadah untuk generasi agar terus berkreasi menciptakan dunia kreatif anak muda.

3. VOICE OVER

Siapa bilang jurusan komunikasi hanya ngomong di depan kamera? Eits jangan salah ya. Di jurusan komunikasi belajar ngomong bukan cuma di depan umum saja. Buat yang nggak percaya diri tampil depan kamera tenang aja ya karena di jurusan ini ada juga loh ngomong di balik layar.

Konsepnya seperti rekaman suara, atau broadcasting radio. Di era-era sekarang ini tampilan suara lebih digemari para anak muda, biasanya disebut voice over. Voice over berkembang pesat di media sosial dalam bentuk podcast.

Podcast ini berisi 2 orang yang sedang mengobrol dengan tema yang ditentukan atau bisa seperti storytelling bercerita. podcast dinilai mendorong kembali radio tapi versi modern. Nah pentingnya voice over ini bukan hanya untuk podcast saja, bisa untuk keperluan komersial iklan atau bahkan perfilman loh. Buat yang punya skill suara unik dalam berbicara bisa dicoba untuk menggali lebih dalam dunia voice over, karena denger-denger nih pendapatan seorang VO lumayan besar. Jadi berminat masuk jurusan komunikasi nggak nih?

4. DESAIN GRAFIS

Zaman digitalisasi sekarang ini semua butuh yang namanya branding khususnya bagi perusahaan untuk mengenalkan produk dan jasa mereka ke publik. Tapi sering terkendalanya dalam promosi yaitu agar konsumen tertarik dengan suatu produk yang iklankan. 

Cara jitu dalam proses promosi branding dengan adanya desain grafis yang dapat menarik minat. Salah satu keuntungan jika kalian masuk jurusan komunikasi adalah mempelajari desain grafis. Yups jurusan ini setidaknya akan memberikan dasar-dasar pembuatan desain seperti logo. 

Kalau kalian belum jago menggambar jangan takut ya karena di jurusan komunikasi secara tidak langsung akan membuat kalian adaptasi dengan aplikasi-aplikasi tertentu dari mulai aplikasi edit sampai desain.

Proses pembelajarannya bukan hanya di lingkungan kampus saja, kalian bisa ikuti beberapa organisasi yang menyangkut minat bakat tentang desain. Dengan belajar di organisasi nantinya bertemu dengan banyak teman dan pastinya menambah soft skill yang bermanfaat untuk kedepannya setelah lulus. 

Desain grafis berperan penting untuk media promosi kreatif, bahkan melihat dari media sosial karir graphic designer akan terus diperlukan dan belum banyaknya yang ahli desain grafis membuat peluang terbuka lebar untuk para mahasiswa komunikasi terus belajar.

5. WRITING ATAU KEPENULISAN

Ada yang suka dunia kepenulisan tapi bingung masuk jurusan yang tepat sesuai hobimu? Jurusan komunikasi bisa menjadi pilihan yang tepat, jangan beranggapan jurusan komunikasi pasti tentang ngomong aja. 

Di jurusan ini kalian akan ketemu yang namanya jurnalistik atau kepenulisan juga. Kalian mungkin tidak asing kan kalau jurusan komunikasi biasa menyangkut soal berita, presenter, news anchor, atau wartawan. 

Nah salah satu tugasnya bukan hanya ngomong di depan kamera, memberitakan atau memberikan informasi berita dalam bentuk video seperti di layar TV. Sebelumnya harus ada seseorang yang bertugas mencari berita biasanya disebut wartawan, mereka mencari berita secara langsung ke lapangan. 

Setelah mendapat berita, berita tersebut diolah dan ditulis kembali agar bisa disampaikan ke publik. Bukan hanya belajar menulis berita yang benar, di jurusan ini nantinya akan melatih kalian menulis cerita fiksi sampai penulisan skenario film.

Gimana masih beranggapan jurusan komunikasi isinya Cuma ngomong? Jangan minder lagi ya kalau mau masuk jurusan komunikasi tapi nggak PD ngomong karena di sana kalian akan belajar banyak hal menarik dan pastinya seru.

BACA JUGA: BEGINI RASANYA KERJA DARI MAGANG SAMPAI FULL-TIME DI FROYONION

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khanifah Auliana

Mahasiswi KPI di salah satu universitas Pekalongan. Hobi nulis, pingin jadi novelis, pebisnis dan dosen biar nggak bosen.