Potensi Diri

BERIKUT 5 KEBIASAAN BUAT NINGKATIN KREATIVITAS LO MENURUT PSIKOLOG

Kreativitas itu bisa meningkat dan menurun, bergantung pada apa yang lo lakuin sehari-hari. Simak artikel ini supaya lo tahu cara ningkatin kreativitas.

title

FROYONION.COM - Sebagian orang menganggap bahwa menjadi orang dengan kreativitas tinggi adalah anugerah. Orang yang kreatif pun punya aura khas yang membuat orang lain tertarik dengan mereka. Orang Yunani kuno percaya bahwa kreativitas berasal dari kelompok dewi Musai. 

Kelompok dewi Musai dipercaya membisikkan pengetahuan rahasia ke telinga para cowok. Yang dipilih oleh dewi Musai inilah yang membedakan penyair, sejarawan, dan musisi hebat lainnya. Dalam hal ini, enggak ada bedanya antara orang Yunani kuno dengan yang menganggap bahwa kreativitas adalah anugerah.

Orang kreatif memiliki otak kanan imajinatif yang mendominasi dirinya daripada otak kiri mereka yang lebih analitis. Kalau kata Big Think, manusia adalah inovator alami dalam banyak hal. 

Terdapat banyak cara untuk berinovasi, dalam hal ini, psikolog Scott Barry Kaufman mengatakan bahwa kreativitas sudah ada di dalam diri kita. Tinggal lo menumbuhkan kreativitas tersebut. Caranya bisa dengan lo menerapkan poin-poin di bawah ini:

1. TERUSLAH BELAJAR

Belajar yang dimaksud dalam hal ini bukan cuman belajar di kelas. Kaufman mengartikan kecerdasan sebagai kemampuan dalam memahami informasi, baik melalui pengamatan sendiri atau belajar dari orang lain.

Nanti ilmu yang lo dapet bisa dipadukan dengan imajinasi dalam menciptakan ide kreatif. Menurut Kaufman, kreativitas membutuhkan kemampuan untuk mengetahui apa yang telah terjadi sebelumnya sekaligus memiliki pandangan jauh ke depan, dan visi untuk membayangkan dunia sebagaimana adanya.

Pendidik dan sejarawan Tim Leunig setuju dengan Kaufman. Baginya, pengetahuan adalah fondasi kreativitas. Lo pun bisa belajar apa saja dari hal-hal terdekat yang ada di sekitar lo. Inget, belajar dan mencari inspirasi bisa di mana aja.

BACA JUGA: KINUR’S STORY: RESEP BERKIPRAH TANPA IJAZAH DI INDUSTRI KREATIF

2. MENCARI PENGALAMAN BARU

Kaufman mencatat bahwa orang-orang kreatif cenderung ingin tahu, mengapresiasi keindahan, dan mendorong diri mereka untuk keluar dari zona nyaman. Untuk memuaskan keinginan ini, mereka mencari hal baru melalui membaca, jalan-jalan, memasak dan bersosialisasi.

Sebagaimana lo belajar di kelas, pengalaman baru memberikan banyak pengetahuan untuk mengembangkan imajinasi lo. Menurut Kaufman, dua bahan utama dalam menumbuhkan kreativitas adalah kecerdasan dan imajinasi.

“Begitu kita benar-benar terbuka terhadap apa yang kita alami, saat itulah kita benar-benar tumbuh. Dan saya pikir, saat itulah kreativitas yang paling optimal muncul,” kata Kaufman.

Vincent van Gogh misalnya, dia sangat terinspirasi oleh lukisan balok kayu Jepang (disebut ukiyo-e). Meskipun dia tidak pernah mengunjungi Jepang, dia semakin terpesona dengan budaya Jepang, 

Van Gogh membeli cetakan seni Jepang dan berlatih menyalin teknik master seperti Utagawa Hiroshige. Dengan mengintegrasikan pengalaman segar ini ke dalam tradisi Eropanya—dengan sejumput imajinasi—Van Gogh pada gilirannya menjadi salah satu pelukis pasca-impresionis yang paling berpengaruh.

BACA JUGA: WALAU BUTA WARNA, VAN GOGH BERHASIL MEMBUAT LUKISAN YANG SEMPURNA

3. BERGABUNG KE DALAM PERMAINAN

Banyak cara buat memicu imajinasi lo, selain mencari pengalaman, bisa juga lo bergabung ke dalam permainan atau simulasi. Pendekatan ini membutuhkan relaksasi yang oleh fisikawan Leonard Mlodinow disebut sebagai “filter kognitif”. 

Filter kognitif ini berfungsi sebagai penjaga pikiran dan mengawasi pikiran alam bawah sadar lo. Namun, filter kognitif ini bisa jadi membatasi pikiran lo dalam mencari ide kreatif. Salah satu cara untuk sedikit lepas dari filter kognitif adalah dengan cara bergabung ke dalam permainan.

Permainan apa sih yang dimaksud? Yaitu permainan yang bisa mengasah kreativitas lo. Kalau kata Big Think, bermain menciptakan rasa aman psikologis yang bikin lo jadi bisa mengekspresikan diri lo, mengalami hal yang tidak biasa, serta melatih otot-otot imajinatif lo.

4. BERDAMAI DENGAN KESENDIRIAN

Cara lain untuk mengendurkan filter kognitif yang udah disebutin di atas adalah dengan mengingat saat-saat lo sendirian. Melamun pun sebetulnya bikin pikiran lo terbebas dari gangguan dan membangkitkan imajinasi.

Beberapa seniman atau penulis membutuhkan waktu sendiri supaya bisa tenang dan bisa membuat karya. Membuat karya kolaborasi pun pada awalnya tentu lo perlu bikin ide sendiri dulu, kemudian lo padukan dengan ide orang lain sampai akhirnya menjadi sebuah karya.  

5. KREATIVITAS ADALAH KERJA KERAS, CIVS

Ada satu kebiasaan lagi yang bisa ningkatin kreativitas lo, yaitu dedikasi dan kerja keras. Penulis bernama Ursula K. Le Guin pernah bilang bahwa, kalau lo belum belajar suatu hal, mungkin lo memandang mereka seakan penyihir.

Namun, banyak hal dipelajari dengan menjalankan latihan yang metodis, berulang, dan terus-menerus. “Dengan kata lain, dengan bekerja,” kata Le Guin.

Jadi orang kreatif itu enggak turun begitu aja. Lo enggak bisa menunggu dewa menganugerahkan lo kreativitas, tetapi lo perlu untuk melangsungkan latihan dengan langkah-langkah tertentu.

Kebiasaan sehari-hari nyatanya berdampak pada sejauh mana tingkat kreativitas. Lo bisa ningkatin kreativitas dengan melakukan hal-hal biasa, tapi konsisten. Dengan begitu, lo bisa menciptakan ide kreatif dan membuat karya yang bisa lo banggain. (*/)

BACA JUGA: JAMUR AJAIB ATAU ‘MAGIC MUSHROOM’ BISA BIKIN KREATIF, BENARKAH BEGITU?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung