Esensi

JAMUR AJAIB ATAU ‘MAGIC MUSHROOM’ BISA BIKIN KREATIF, BENARKAH BEGITU?

Mungkin lo pernah mendengar atau memakan magic mushroom. Psilocybe pada jamur ajaib menurut studi bisa bikin lo jadi kreatif. Benarkah demikian?

title

FROYONION.COM - Seorang pengguna Twitter pernah bercerita bahwa bapaknya melihat seekor T-rex lantaran efek halusinasi akibat memakan “jamur ajaib” alias magic mushroom. Memakan jamur ajaib bisa bikin lo berhalusinasi dan susah tidur.

Seorang pengguna Quora pernah mengkonsumsi jamur ajaib. Lalu ketika mendapat efek halusinasi, dia ingin menyudahi dan mencari caranya di mesin pencarian melalui gawai. Namun, yang dia dapati adalah huruf-huruf pada gawainya meleleh dan berterbangan.

JAMUR AJAIB DAPAT MENYELESAIKAN MASALAH

Sebuah studi oleh Luisa Prochazkova di bawah pengawasan Dr. Bernhard Hommel membahas tentang jamur ajaib. Mengutip dari Big Think, penelitian tersebut berlangsung di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Psychedelic Society of the Netherlands.

Dalam acara tersebut, sejumlah 38 sukarelawan diminta untuk melakukan tiga tes: tugas konsep gambar, tugas penggunaan alternatif, dan tugas matriks progresif. Tugas konsep gambar mengharuskan peserta untuk menemukan asosiasi umum di antara beberapa objek dan mengesampingkan yang tidak sesuai. 

Lalu pada tugas penggunaan alternatif, peserta diminta untuk membayangkan sebanyak mungkin kegunaan benda rumah tangga biasa dalam batas waktu. Kedua tes tersebut mengukur keterampilan berpikir konvergen dan divergen peserta, baik dari segi kreativitas maupun pemikiran elastis.

Kemudian tugas matriks progresif, tugas ini menguji kecerdasan yang mengukur kemampuan peserta dalam memecahkan masalah dengan alasan dan pemikiran logis. Setelah tes putaran pertama, peserta diberi 0,37 gram jamur ajaib kering dan mengulangi serangkaian tes lainnya. Ternyata hasilnya signifikan.

“Hasilnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi jamur ajaib dosis mikro bikin peserta untuk membuat solusi alternatif yang lebih out-of-the-box untuk suatu masalah, sehingga memberikan dukungan awal untuk asumsi bahwa dosis mikro meningkatkan pemikiran divergen,” kata Prochazkova

Studi ini tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara memakan jamur ajaib atau tidak, khususnya dalam mengukur kemampuan peserta dalam memecahkan masalah dengan alasan dan pemikiran logis. 

Enggak disangka-sangka ya, karena kebanyakan yang lo tahu tentu memakan jamur ajaib tujuannya untuk sekadar rekreasi aja, bukan untuk kegunaan yang lain. Jamur ajaib biasanya tumbuh di kotoran hewan, kayu, dan lain-lain. 

Jamur ajaib diperkirakan ada sekitar 116 jenis di dunia dan hanya terdapat 1 jenis di Indonesia, yaitu Psilycobe subaeruginacens var. subaeruginacens. Jenis-jenis jamur ajaib paling banyak terdapat di Meksiko, yaitu sebanyak 44 jenis.

DOSIS YANG TEPAT

Psikolog James Fadiman dan Sophia Korb telah mengumpulkan lebih dari 1.500 laporan yang merinci pengalaman individu dengan dosis mikro atau microdosing. Berdasarkan penelitiannya, mereka mendefinisikan microdosing yaitu ketika pengguna mengambil sejumlah kecil obat psikotropika, seperti LSD ataupun jamur ajaib. 

Microdosing biasanya sekitar sepersepuluh dan seperdua puluh dari efek rekreatif zat tersebut. Sama seperti obat yang lain, dosis supaya efektif bervariasi berdasarkan metabolisme dan toleransi individu masing-masing yang bisa jadi berbeda satu sama lain. 

Tujuan microdosing adalah untuk mengambil cukup zat untuk meningkatkan aktivitas mental dan menciptakan perasaan tenang, tetapi enggak sampai berhalusinasi. Inget ya, dosisnya sedikit aja! Kebanyakan microdoser mengikuti resimen satu hari aktif dan dua hari libur. 

Sebuah studi dari University of Zurich menemukan, bahwa psilocybe menghambat sistem limbik pada otak yang terkait dengan pengendalian emosi dan dorongan naluriah. Dengan memperlambat amigdala secara khusus, obat tersebut menekan emosi negatif penggunanya dan memperbaiki suasana hati mereka.

Sebagian studi menyarankan jamur ajaib untuk memperluas pikiran. Namun, penelitian lebih lanjut dirasa masih perlu untuk sampai pada gagasan bahwa jamur ajaib dapat meningkatkan kreativitas. Perlu lo ketahui juga bahwa jamur ajaib ini termasuk narkotika golongan I ya, Civs. (*/)

BACA JUGA: 7 CARA MENGATASI ‘HANGOVER’ ATAU BASIAN BUAT LO YANG DOYAN MINUM

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung