Fashion

7 REKOMENDASI SARUNG MEREK LOKAL YANG BIKIN PENAMPILAN LEBARAN LO MAKIN EDGY

Nggak kerasa kurang dari 1 minggu lagi kita akan merayakan hari raya Idulfitri. Nah, biar penampilan lo makin edgy waktu lebaran, berikut rekomendasi sarung merek lokal yang bisa lo pake waktu lebaran nanti, Civs!

title

FROYONION.COM - Saat momen lebaran Masyarakat Indonesia biasanya identik dengan membeli pakaian baru. Bahkan saking seringnya tradisi beli pakaian baru waktu lebaran, ampe bikin Mantan Presiden Megawati ngomel, lho. Menurut gue sih nggak apa-apa toh beli pakaian baru tiap hari rayalagipula idulfitri adalah agenda tahunan yang nggak dirayain tiap hari kok.

Biasanya saat hari raya mayoritas masyarakat Indonesia membeli pakaian-pakaian muslim seperti mukenah, gamis, baju koko, hingga sarung. Bokap gue sendiri selain membeli baju kokoh buat lebaran, sarung termasuk wishlist wajib doi nih buat dibeli. Seperti bapak-bapak pada umumnya, sarung bokap gue itu motifnya gitu-gitu aja, kalo nggak polos ya kotak-kotak. Ada juga yang mirip motif batik gitu.

Nah, kali ini gue mau merekomendasikan ke elo sarung lokal antimainstream yang bisa lo pake buat lebaran agar lebaran lo makin edgy!

1. Sobat Gurun Clothes

Di list yang pertama, gue cantumin sarung yang diproduksi oleh Sobat Gurun Clothes. Merek sarung satu ini ownernya adalah salah seorang Stand Up Comedian terkenal di Indonesia, Tretan Muslim.

Sarung Sobat Gurun memiliki motif sarung yang antimainstream banget! Selain bisa dipake buat solat, sarungnya ini nggak kalah keren buat dipake untuk sekadar main atau dipake buat nongkrong. 

Motif sarung ini unik-unik, ada motif astronaut, samurai, street punk, dan masih banyak lagi. Untuk harganya sendiri, Sarung Sobat Gurun dibanderol dengan harga mulai dari Rp250.000 sampai harga Rp400.000-an.

2. Sarongue

Nggak jauh beda dengan Sobat Gurun, Sarongue pun memiliki motif sarung yang anti mainstream juga, Civs. Bahkan Sarongue pilihan motifnya lebih banyak dibandingkan dengan Sobat Gurun. Kalo lo suka yang simple tapi elegan, lo bisa membeli Sarongue yang bermotif monochrome.

Kalau lo orangnya suka warna-warna cerah, banyak ada juga model sarungnya yang memiliki warna colorfull dan warm, enak diliat memanjakan mata banget. ada juga motif-motif lainnya kayak motif anime, jersey, astronaut, dan masih banyak lagi motif sarung unik lainnya, Civs. 

Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, mulai dari Rp200 ribuan sampe harga Rp280 ribuan. Menurut gue pribadi harga segitu cukup terjangkau dengan pilihan motif sarung yang banyak banget.

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI OUTFIT MEREK LOKAL YANG COCOK BUAT LO PAKAI SAAT LEBARAN

3. Alif Saroong

Sarung merek lokal selanjutnya yang nggak kalah kerennya adalah Alif Saroong. Motif sarungnya ini pada saat launching nggak jauh beda dengan sarung motif batik lainnya. Namun, Alif Saroong tidak hanya menghadirkan motif sarung batik biasa, ia memadukan sarung batiknya dengan gambar wayang.

Kini Alif Saroong tidak hanya memproduksi sarung bermotif batik, ia juga kini memproduksi sarung kekinian seperti 2 brand di atas. Motif-motifnya antara lain; astronaut, monochrome, batik kekinian nan elegan, dan masih banyak lagi. Alif Saroong dalam caption Instagramnya selalu menjelaskan filosofi atau makna dari design sarung yang ia produksi.

Alif Saroong dibanderol dengan harga mulai dari Rp100 ribuan sampai Rp150 ribuan. Lebih murah dibandingkan 2 brand pendahulunya, Civs!

4. Durchvolk

Nggak mau kalah, brand fashion asal Bandung ini juga memproduksi sarung juga, Civs. Jika 3 brand di atas pure memang hanya memproduksi sarung, berbeda dengan Durchvolk ini yang produksinya bukan hanya sarung. Seperti brand fashion pada umumnya, Durchvolk memproduksi juga kaos, celana, sandal dan produk fashion lainnya.

Untuk sarungnya sendiri, Durchvolk pernah berkolaborasi dengan brand Leo Richie memproduksi sarung polos hitam yang dipadukan dengan warna kuning, putih, biru. Namun, ada juga kok motif lainnya yang lebih colorfull dari Durchvolk ini. Sarung dari Durchvolk dibanderol dengan harga mulai dari Rp160 ribuan sampai harga Rp240 ribuan.

5. Urbain Inc

Sepertinya sarung motif kekinian mulai menjamur dan memiliki banyak peminat, hingga brand-brand fashion pun ikut-ikutan memproduksi sarung juga. Urbain Inc termasuk di antaranya. Selain memproduksi pakaian pada umumnya, Urbain Inc juga memiliki produk sarungnya tersendiri.

Menurut gue pribadi motif sarungnya seperti sarung lokal Indonesia pada umumnya, polos dan kotak-kotak bergaris. Harga sarungnya juga terjangkau, ada di kisaran angka Rp125 ribu. Namun, gue malah salfok sama produksi sajadahnya yang keren abis.

Sajadahnya ini berwarna navy yang dipadukan dengan motif kotak-kotak yang elegan. Bahkan harga sajadahnya ini lebih mahal dibandingkan harga sarunganya. Untuk sajadahnya sendiri Urban Inc memasang harganya di angka Rp199 ribu, Civs.

6. This Time Brand

Brand fashion lainnya yang juga memproduksi sarung kekinian datang dari This Time Brand. This Time Brand memproduksi 10 motif sarung kekinian. Untuk harga sarungnya, semua pilihan sarung This Time Brand dibanderol di harga Rp160.000.

This Time Brand memiliki motif sarung seperti; bandana, Alien, Coconut Tree, tie dye, dan motif-motif unik lainnya.

7. Fisikkal

Fisikkal sebagai brand yang menjual merch stand up comedy seperti kaos, hoodie, masker, dan sebagainya, ia juga turut memproduksi sarung kekinian. Namun, Fisikkal hanya memiliki 1 pilihan sarung yang merupakan sarung limited edition kolaborasi antara Fisikkal dengan Stand Up Comedian Rin Hermana.

Sarungnya sendiri memiliki kombinasi warna yang elegan saat dipakai. Sarung Fisikkal dibanderol dengan harga Rp180.000. Akan tetapi, waktu gue cek di marketplacenya, sarung ini udah sold out dan belum diproduksi kembali oleh Fisikkal.

Nahhh, itulah beberepa merek sarung lokal yang bisa lo pake saat lebaran nanti. Di antara 7 merek di atas, lo tertarik buat beli yang mana buat lebaran nanti, Civs? (*/)

BACA JUGA: 5 STYLE RAMBUT COWOK YANG COCOK BUAT HARI RAYA LEBARAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rifky Aritama

Pencari cuan lewat tulisan, content writer di sebuah digital agency