Pop

REKOMENDASI LAGU YANG BISA BALIKIN SEMANGAT LO YANG LAGI NGERASA DOWN

Musik merupakan bahasa perasaan, yang mana di setiap lantunannya dapat mempengaruhi mood seseorang. Terkadang, lo cuma butuh musik untuk sekadar hiburan, menenangkan perasaan, dan ngebangkitin semangat lo lagi.

title

FROYONION.COM - Siapa sih yang nggak pernah ngerasa down dalam hidup? Kalo pun ada, bisa dipastikan itu bukan orang, tapi robot. Canda. Salah satu cara untuk mengusir rasa tersebut adalah dengan dengerin musik. 

Menurut penelitian, mendengarkan musik bisa mempengaruhi suasana hati seseorang serta meningkatkan kebahagiaan dan juga mengurangi anxiety. Musik yang kita dengerin akan memberikan stimulus bagi otak sehingga suasana hati jadi terpengaruh juga. 

Misalnya nih, lo lagi dikejer-kejer sama deadline pekerjaan. Di saat yang bersamaan, temen lo malah nyetel musik metal. Otomatis bikin perasaan lo campur aduk, kan?

Begitu juga ketika kita lagi galau atau down, pastinya lo butuh musik yang menenangkan untuk bikin suasana hati lo jadi bahagia lagi. Perasaan down sendiri manusiawi banget ya Civs. Nggak apa-apa, asal kita tetep kuat ngadepinnya, percaya deh bakal ada pelangi setelah badai. Ngomongin masalah down, gue punya rekomendasi lagu penyemangat buat lo yang lagi ngalemin masa-masa sulit biar lo tetep bisa menghargai dan mencintai diri lo sendiri, simak yok lagu apa aja!

1. USIK – FEBY PUTRI

Gue pertama kali denger lagu ini tuh pas pertengahan tahun 2020, pas Covid19 lagi naik-naiknya banget. Kebetulan juga waktu itu gue salah satu yang kena imbasnya. Yah, jadi curhat kan. Tapi serius, hari-hari gue lalui dengan dengerin lagu ini. 

Liriknya seakan ngebakar semangat gue buat bangkit lagi dari keterpurukan. Awalnya, gue terbius sama suara Feby yang comfortable banget di telinga gue. Tapi makin gue denger, makin relate banget sama gue. Pokoknya kombinasi suara Feby sama lirik lagunya bener-bener ngebius banget. Sampai akhirnya masuk ke part yang ini: 

Tiada yang meminta seperti ini

Tapi menurutku Tuhan itu baik

Merangkai ceritaku seperti ini, tetap menunggu dengan hati yang lapang

Bertahan dalam macamnya alur hidup

Sampai bisa tiba bertemu cahaya…

Sesuai dengan judulnya, makna lagu Usik ini sendiri bercerita tentang seseorang yang kehidupannya sering diusik sama omongan-omongan orang lain yang kerap kali menghancurkan hati dan perasaan. 

Liriknya tuh kayak relate banget sama masalah hidup gue, nggak cuma gue sih, mungkin masalah kebanyakan anak muda sekarang mulai dari masalah pekerjaan, sampai percintaan, dari orang-orang sekitar yang suka menjatuhkan.

Tapi hidup akan terus berjalan karena jalan hidup sudah ditentukan sama Tuhan dan berharap senyum kembali bertemu dengan cahaya yang diartikan di sini adalah kebahagiaan atau kesuksesan.

Lagu ini gue rekomendasiin banget sih, soalnya banyak pesan dan nasehat positif yang terkandung di dalamnya kalo lo dengerin dari awal sampe akhir.

2. MANUSIA KUAT – TULUS 

Lo pasti setuju dong kalo Tulus kalo bikin lagu nggak pernah gagal? Walaupun karakter suara Tulus tuh lembut, tapi ternyata doi nggak gagal ngebawain lagu bertempo cepat. Yap, salah satu lagu Tulus yang bisa buat lo semangat lagi adalah Manusia Kuat. Lagu yang masuk di daftar album Monokrom yang rilis tahun 2016 silam. 

Lagu ini menurut gue merupakan ajakan buat kita untuk pantang menyerah dan semangat dalam menjalani hidup sekaligus menyakinkan kita kalo nggak ada satupun manusia yang bisa mematahkan langkah kita untuk meraih mimpi. 

Berikut potongan liriknya:

Kau bisa patahkan kakiku

Tapi tidak mimpi-mimpiku

Kau bisa lumpuhkan tanganku

Tapi tidak mimpi-mimpiku…

Oh iya, lagu ini jadi salah satu Official Song di Asian Para Games 2018 lalu loh Civs!

 3.    DIRI – TULUS

Masih dari karyanya Tulus nih Civs. Salah satu lagu easy listening dari album Manusia ini bisa jadi lagu penyemangat buat lagi ngerasa down. Lewat lagu ini, Tulus mencoba untuk mengingatkan kita untuk nggak terus-terusan menyalahkan diri sendiri dan berdamai dengan keadaan. 

Berikut potongan lirik yang menurut gue ngena banget:

Bisikkanlah, terima kasih pada diri sendiri

Hebat dia terus menjagamu dan sayangimu

Suarakan, bilang padanya jangan paksakan apa pun

Suarakan, ingatkan terus aku makna cukup

Dari potongan lirik di atas, bisa kita petik pelajaran kalo terkadang kita tuh suka lupa berterima kasih sama diri sendiri yang udah berjuang untuk meraih apa yang diimpikan.

Kadang, apa yang kita impikan malah nggak sesuai sama kenyataan. Karena pada dasarnya, sesuatu yang dipaksa nggak akan menghasilkan yang terbaik. Toh, kalau gagal kita juga yang bakal nge-down sendiri. Untuk itulah, Tulus mengajak kita untuk selalu bersyukur atas apa yang udah kita raih.

4.    SEKUAT HATIMU – LAST CHILD

“Peluklah lelah jiwaku, Mama

Yang terluka dipecundangi dunia

Hanya kasihmu yang mampu lindungi lemah hatiku

Yang tak sekuat hatimu…”

Sekilas, potongan lirik di atas terkesan cengeng banget ya Civs. Terus hubungannya sama topik yang lagi gue bahas apa?

Disadari atau enggak, terkadang hal-hal yang ngebuat kita down itu awalnya kita sendiri yang ciptakan. Dari hal kecil aja, misalnya, ngebangkang sama omongan orang tua.

Lo pengen coba ini, tapi orang tua lo ternyata nggak setuju sama pilihan lo itu. Ya, nggak apa-apa, namanya juga proses pencarian jati diri yakan. 

Setiap orang di usia remaja pasti pernah ngebangkang apa yang dikatakan orang tua. Kalo nggak gitu, kita nggak bakalan berkembang dong. 

Nah lagu ini tuh isinya tentang permohonan maaf dari seorang anak untuk Ibunya. Coba deh lo inget-inget, berapa kali lo bicara dari hati ke hati ke Ibu lo? Mulai sekarang bisa yuk kalo lagi ada masalah, ceritain ke Ibu lo. Kan lumayan tuh selain beban pikiran lo berkurang, lo juga bakal dimasakin makanan enak-enak sama Ibu lo.

Itulah beberapa rekomendasi lagu yang bisa balikin semangat lo pas lagi down Civs. Apa pun permasalahan hidup yang lagi lo hadepin sekarang, tetap hadapi dengan senyuman ya. Karena pasti akan ada pelangi setelah badai. (*/)

BACA JUGA: PUNYA SELERA MUSIK BAGUS BIKIN COWOK AUTO-GANTENG, EMANGNYA IYA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer