Pop

OLSKI : BAND DARI YOGYAKARTA YANG LAGU-LAGUNYA ANAK MUDA BANGET!

Olski merupakan band yang saat ini cukup dikenal di Yogyakarta, apalagi mereka sudah melakukan tour di beberapa kota, jadi band ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Mari kita simak Civs.

title

FROYONION.COM – Kota Yogyakarta memang banyak sekali melahirkan musisi-musisi maupun band-band hebat. Seperti Sheila on 7, Letto, Seventeen, Jikustik dan lain sebagainya. Tidak heran apabila band-band dari Yogyakarta ini mudah dikenal, karena dari kegigihan mereka membuat band mereka bisa bekerja sama dengan label-label ternama.

Selain band-band di atas, terdapat salah satu band yang ber-genre­ pop/folk yaitu “OLSKI”. Mereka merupakan band yang digawangi oleh tiga personil, yaitu Febrina Claudya (Vocal), Shohih Febriansyah (Glockenspiel) dan Dicki Mahardika (Gitaris).

Pada tahun 2022 ini, kabarnya mereka juga baru saja merilis single kembali lho, Civs. Olski juga baru saja melakukan tour pada bulan Juni-Juli 2022 lalu sebagai salah satu bentuk promosi lagu baru mereka yang berjudul “Sepeda Senja".

Tour tersebut dilaksanakan ke beberapa kota di Pulau Jawa, di antaranya Wonosobo, Magelang, Tangerang Selatan, Semarang, Malang dan Surabaya. Dalam rangkaian tour tersebut, Olski mengusung tema bertajuk “Nice To Meet You”.

Lalu pada bulan Agustus 2022 kemarin, Olski juga sempat melakukan konser pada acara “Youthland Music Festival” tentu acara tersebut merupakan acara yang sangat cocok untuk anak-anak muda, apalagi acara tersebut merupakan acara yang cukup tren untuk anak-anak muda di Indonesia.

Musisi di Indonesia juga pasti memiliki gaya serta ciri khasnya masing-masing dalam berkarya. Olski merupakan band yang unik bagi anak-anak muda zaman sekarang, karena lirik lagu yang mudah dipahami dan musiknya yang easy listening. Pada saat live di panggung kadang-kadang juga penonton dibuat gemas dengan tingkahnya yang lucu dan suara sang vokalis yang khas. 

BONGKAR PASANG PERSONIL

Olski telah terbentuk dari tahun 2013, dengan anggota awal yaitu Dicki Mahardika, Olyvia Devi, dan Shohih Febriansyah. Namun, seiring berjalannya waktu mereka beberapa kali melakukan pergantian vokalis, mereka juga sempat memiliki 4 personel. 

Dikutip dari jogja.idntimes.com Pada tahun 2013, Olski menambah personel mereka dengan Luthfiah Rizka sebagai percussionist. Pada tahun 2014, sang vokalis saat itu Olyvia digantikan oleh posisinya oleh Dionisia Stella. Namun, belum genap satu tahun, vokalis Olski ini berubah kembali. 

Adska Dorra, menggantikan posisi Stella sebagai vokalis pada saat itu. Selain itu, Luthfiah Rizka yang saat itu berposisi sebagai percussionist, digantikan oleh Atika Putri Adenia yang bermain sebagai pemain drum atau cajon.

Beberapa tahun berjalan, tepat di tahun 2016 posisi sang vokalis kembali diganti, saat itu sang vokalis Adska digantikan oleh Febrina Claudya atau biasa dipanggil Dea. Ia menjadi vokalis band Olski hingga saat ini.

Namun, seperti diketahui sekarang ini, Olski beranggotakan 3 personel dengan anggotanya adalah Febrina Claudya, Dicki Mahardika, dan Shohih Febriansyah.

ALBUM PERTAMA YANG BERKESAN

Olski merilis album pertamanya berjudul In The Wood, dibuat saat mereka sedang berada di Hutan Pinus Dlingo, Bantul Yogyakarta. Pada waktu itu mereka langsung memastikan bahwa mereka akan merilis album.

Kabarnya, Olski mengambil judul album tersebut karena mereka ingin menghadirkan suasana yang sejuk dan santai pada saat orang-orang sedang mendengarkan lagu mereka.

Dalam album tersebut terdapat beberapa lagu, seperti “Tunggu”, “Datang Bulan”, “Rindu” dan salah satu lagu yang top dari mereka yaitu “Titik Dua Bintang”. 

Album ini dirilis pada tahun 2017, mereka merilis album In The Wood yang bisa didengarkan oleh pendengarnya dalam bentuk fisik maupun digital. 

Lagu-lagu dalam album In The Wood ini juga memiliki keterkaitan satu sama lain, Civs. Dilihat dari lirik pada masing-masing lagu, album ini seperti curhatan dari seorang gadis yang menceritakan proses hubungannya dengan seorang lelaki. Sangat-sangat menggambarkan anak-anak muda sekarang ya Civs, apalagi ini  dikemas dalam bentuk sebuah karya.  

Kemudian pada tahun 2020, Olski juga merilis sebuah single terbaru mereka yang berjudul Berlayar, lagu ini bertemakan pantai dan laut, lagu ini dirilis tepat pada saat Hari Nelayan Nasional pada tanggal 6 April 2020.

MERILIS SINGLE TERBARU DI TAHUN 2022

Pada bulan Mei 2022, Olski berhasil merilis single terbaru mereka yang berjudul "Sepeda Senja". Lagu ini diciptakan oleh Dicki Mahardika pada tahun 2014 tapi baru terlaksana untuk rekaman hingga selesai pada tahun 2022. 

Uniknya, lagu ini tercipta setelah Ia melihat ibu-ibu bersepeda di jalanan pedesaan daerah Yogyakarta. Ibu tersebut baru saja pulang dari sawah pada sore hari. Dengan kejadian tersebut, kemudian sang gitaris memikirkan untuk membuat lagu “Sepeda Senja" tersebut.

Kota Yogyakarta juga merupakan salah satu kota yang ramah pesepeda karena pada tahun 2008, Pemerintah Kota Yogyakarta memulai program “Sego Segawe” (Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe) atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “Sepeda Untuk Sekolah dan Bekerja”.

Kabarnya, "Sepeda Senja" awalnya akan masuk ke album In The Wood tapi karena waktu serta sudah banyaknya lagu, maka dialokasikan ke album kedua.

Dikutip dari tribunjogja.com, sang vokalis Febrina Claudya mengungkapkan "Sepeda Senja" merupakan lagu yang Olski banget, karena lagu tersebut merupakan lagu yang ceria serta bikin mood menjadi bagus. 

Lagu-lagu seperti ini cocok juga untuk lo anak muda yang lagi bad mood atau butuh suntikan semangat dalam mengerjakan tugas ataupun menyelesaikan pekerjaan bisa sambil mendengarkan lagu ini, supaya bisa membuat kita semakin semangat pastinya. 

Semoga dengan adanya band-band lokal yang sedikit demi sedikit naik, bisa membuat nama mereka semakin dikenal di industri musik Indonesia dan dapat diterima oleh masyarakat luas ya, Civs. Apalagi untuk anak-anak muda di Indonesia, lagu-lagu dari Olski ini cocok untuk kalian dengarkan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.