Movies

DULU 3 KUE LEBARAN INI JADI INCARAN BOCIL, SEKARANG???

Momen lebaran akrab betul dengan aneka ragam kue sebagai suguhan para tamu yang berkunjung untuk halal bihalal. Kue-kue kering seperti nastar kerap menjadi favorit sekarang ini. Namun dulu tiga jenis kue inilah menjadi yang paling langka.

title

FROYONION.COM - Di ingatan saya, sebagai anak yang lahir di era 90-an, momen lebaran adalah saat berlimpahnya pasokan kue-kue manis kesukaan kami. Kue betulan ada di mana-mana. Di rumah kami sendiri, di rumah tetangga dan sanak saudara.

Namun dari kebanyakan kue lebaran, setidaknya ada tiga macam kue yang mendapat predikat rare. Ada alasan kenapa kue-kue tersebut bisa jadi barang langka di momen lebaran, berikut ini daftarnya:

#1 WAFER BISKUIT KALENG KHONG GUAN

Siapa yang tak kenal merek biskuit kaleng yang satu ini. Biskuit yang di labelnya memakai gambar seorang ibu dan dua anaknya yang tengah menikmati biskuit ini, sudah jadi primadona sejak dulu.

Dulu tak banyak orang yang mampu membeli biskuit kaleng ini. Dan dari sinilah joke kaleng biskuit Khong Guan isi rengginang lahir.

Di dalam satu kaleng Khong Guan terdapat aneka jenis biskuit. Namun di antara sekian banyak biskuit, yang jumlahnya paling sedikit adalah wafernya. Hal ini dikarenakan wafer lebih tebal ketimbang biskuit lainnya Sialnya, sudah jarang diletakkan paling bawah pula.

Ada dua cara menikmati wafer ini. Pertama, dengan langsung memakannya dan mendapatkan sensasi renyahnya yang utuh. Kedua, dengan memisahkan tiap layernya lebih dulu baru memakannya–ada kesenangan tersendiri saat kamu berhasil melakukannya dengan mulus.

Karena wafer ini menjadi yang paling dicari, para bocil jaman dulu bakal rebutan buat mendapatkannya. Tak heran, tiap kali ada sekaleng Khong Guan di meja bakalan di-ongkreh-ongkreh (diobrak-abrik). Untuk menghindari kesemerawutan tatanan biskuit yang sudah tertata rapi, banyak yang memilih untuk mengamankan biskuit kaleng ini dari jangkauan anak-anak. Bukannya pelit tapi semua demi menjaga nilai estetikanya.

Sekarang wafer ini tak banyak jadi rebutan. Kesan rare-nya pudar setelah wafer ini dijual secara kemasan dan bisa dinikmati tanpa harus menggali ke bagian terdalam kaleng Khong Guan.

BACA JUGA:6 TIPS BUAT ANAK MUDA AGAR BISA BERBAUR DAN GAK 'SOCIALLY AWKWARD' PAS LEBARAN

#2 WAFER STICK

Suguhan lebaran selanjutnya yang jadi rebutan para bocil jaman dulu adalah wafer stick. Kue serupa tongkat yang bagian tengahnya diisi krim coklat ini sejak dulu menjadi favorit kami.

Tapi yang betulan jadi rebutan adalah dua wafer stick yang tepat berada di tengah-tengah. Dua wafer stick ini biasanya dibungkus plastik, gunanya untuk memudahkan orang mengambilnya. Setelah dua wafer stick itu diambil, akan ada celah yang bakal memudahkan untuk mengambil wafer stick lainnya.

Berdasarkan pengakuan beberapa bocil jaman dulu, dua wafer stick ini konon punya isi krim coklat yang lebih penuh, juga rasa yang lebih enak.

Saya sendiri pernah mendapatkan kesempatan memakan dua wafer stick tersebut. Dan kenyataannya, tidak ada bedanya dengan wafer stick lainnya di dalam kaleng. Barangkali kesan menjadi orang pertama yang mencicipi telah mengaburkan penilaian mereka. Padahal yaa sama saja rasanya.

Wafer stick yang jadi primadona dahulu adalah Astor dan Kogen.

#3 KEMBANG GULA KUE KANCING

Kue yang satu ini biasa dijadikan suguhan lebaran. Kue ini berupa biskuit seukuran kancing dengan hiasan kembang gula warna-warni di atasnya.

Para bocil jaman dulu mengincar kue ini untuk diambil kembang gulanya. Bagi mereka, kembang gula ini sudah dianggap seperti permen. Bentuknya yang lucu, warnanya yang cerah dan menggugah, dan rasanya yang manis dan lumer di lidah saat dimakan, jelas bakal menjadi rebutan.

Makanya tak heran, di rumah-rumah yang menyuguhkan kue lebaran yang satu ini, yang tersisa di toplesnya hanya biskuitnya yang telah botak tanpa toping. Padahal kue ini juga nikmat jika dimakan bersama biskuitnya.

Lagi-lagi demi alasan estetika, kue ini sering diamankan dari jangkauan tangan-tangan jahil anak-anak. Ya, masa mau nyuguhi biskuit botak. Nggak sopan itu namanya.

Itulah kue lebaran yang mendapat predikat rare. Kamu yang sekarang masih related nggak? Atau malah punya referensi kue lebaran yang langka lainnya? (*/Foto: Wikimedia Commons)

BACA JUGA: "UNTUK PARA INTROVERT: PANDUAN BERTINDAK ANGGUN UNTUK MENGAJUKAN RESIGN SETELAH LEBARAN"

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Shofyan Kurniawan

Shofyan Kurniawan. Arek Suroboyo. Penggemar filmnya Quentin Tarantino. Bisa dihubungi di IG: @shofyankurniawan