Movies

DOWN FOR LIFE DAN GONDRONG GUNARTO GABUNGKAN MUSIK METAL DAN GAMELAN DI SYNCHRONIZE FEST 2022

Down For Life dan Gondrong Gunarto turut memeriahkan hari pertama Synchronize Festival 2022. Keseruan Synchronize Festival masih akan terus berlanjut sampai hari ketiga, Minggu 9 Oktober.

title

FROYONION.COM - Pada Synchronize Fest 2022 ini, Down For Life akan berkolaborasi dengan musisi gamelan asal Solo, Gondrong Gunarto. 

Penampilan bareng ini bukanlah yang pertama kali untuk mereka. Sebelumnya, mereka sempat berkolaborasi lewat solo yang berjudul Apokaliptika yang dirilis tahun 2020 lalu.

Down for life sendiri sudah melibatkan musik gamelan sejak lama, terutama saat kami tampil di Jerman tahun 2016. Band metal asal Solo ini diminta untuk menampilkan musik yang bertema 'Indonesia metal'. 

Sempat mempertimbangkan orkestra untuk dilibatkan, akhirnya mereka memilih musik gamelan untuk 'dikawinkan' dengan musik metal karena budaya Jawa adalah budaya yang paling dekat dengan mereka. 

"Selain itu melibatkan gamelan juga cara kami untuk menghargai musik gamelan dan budaya nusantara," cetus Stephanus Adjie, anggota Band Down For Life.

BACA JUGA: SOEGI BORNEAN, BAND YANG BERNUANSA JAWA-KALIMANTAN

Gondrong Gunarto juga menyampaikan bahwa kolaborasi ini adalah tantangan yang luar biasa karena harus mengombinasikan musik metal dan gamelan Jawa. Perlu problem solving kreatif untuk bisa menurunkan ego agar tidak saling menginjak aliran musik satu sama lain. 

Kolaborasi ini sekaligus menjadi lelaku bagi jiwa dan spiritual semua orang yabg terlibat. Karena selain latihan, kami juga melakukan 'sowan' ke makam leluhur hingga berpuasa. Hal ini dilakukan agar proses kolaborasinya lancar dan mendapat restu dari para leluhur. 

"Kesulitan saat kolaborasi adalah untuk mengendorkan ego. Karena susah untuk menyatukan distorsi dan gamelan. Nada dasar lagu Down For Life juga diubah karena harus mengikuti nada-nada pentatonis gamelan," kata Rio Baskara, anggota Band Down For Life.

Namun mereka juga menambahkan, karena punya tujuan yang sama untuk menampilkan yang terbaik, akhirnya perbedaan-perbedaan itupun bisa menyatu. 

Dalam penampilan mereka malam ini di Gambir Expo Kemayoran, ada beberapa gamelan yang dibawa dan akan dimainkan langsung di atas panggung, yaitu gamelan Banyuwangi dan gamelan Solo.

Selain itu, Down For Life dan Gondrong Gunarto ingin membuat penonton kenal dengan musik-musik gamelan. Harus diakui bahwa belum semua masyarakat Indonesia familiar dengan musik gamelan. 

Padahal gamelan adalah alat musik yang melankolis dan bisa bikin orang nangis. 

"Harapannya setelah ini kami bisa ikut dalam festival-festival gamelan bahkan metal di dunia," harap Gondrong Gunarto.
 

Penasaran sama penampilan mereka? Langsung aja Civs ke Synchronize Fest 2022 malam ini jam 18.50 tepatnya di Lake Stage.

Tapi buat lo yang belom bisa dateng, tenang aja. Karena kabarnya mereka juga akan merilis album dari kolaborasi malam ini. Wah, kita tunggu deh tanggal mainnya! (*/) 

BACA JUGA: BEGINI PERJALANAN GUE JADI FAN MELANCHOLIC BITCH, BAND ‘MITOS’ YANG JARANG MANGGUNG 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.