Movies

BISAKAH HEWAN JADI CERDAS BAK MANUSIA?

Pernah nggak sih lo berpikir ingin mencoba bereksperimen untuk membuat binatang menjadi secerdas manusia? Dan apakah mungkin? Mari kita ulas sekarang. Cekidot!

title

FROYONION.COM - Kalau dipikir secara logika pasti terlihat mustahil, tapi mari kita berkhayal lebih jauh untuk bereksperimen mencoba membuat binatang bisa menjadi secerdas manusia!  

Pertama, yang harus kita lakukan yaitu memilih hewan yang paling cocok dibuat percobaan, yaitu pastinya kita mencari hewan paling cerdas di dunia. Di pencarian Google  saya temukan hewan tercerdas di dunia adalah simpanse, seperti di dalam sebuah studi penelitian pada tahun 2007, menyatakan bahwa simpanse merupakan hewan yang memiliki kecerdasan tertinggi dan memiliki DNA yang paling dekat dengan manusia.

Langkah kedua yakni  kita masuk ke cara mengubah simpanse berevolusi menjadi secerdas manusia. Dalam teorinya Darwin menyatakan bahwa suatu spesies harus melalui seleksi alam terlebih dahulu untuk membuat sebuah evolusi, dalam arti di butuhkan suatu keadaan yang membuat mereka terpaksa melakukan evolusi. Namun, melihat perkembangan ilmu pengetahuan saat ini, kita bisa membuat suatu spesies berevolusi dengan cepat menggunakan metode modifikasi genetik, salah satunya dengan metode selective breedingSelective breeding  adalah metode dengan melakukan seleksi secara bertahap dan sistematik, menyeleksi simpanse yang memiliki IQ tinggi kemudian dikawinkan dengan simpanse yang juga memiliki IQ tinggi lainnya, dengan beberapa percobaan mungkin akan bisa melahirkan simpanse dengan kualitas IQ yang lebih tinggi. 

Ilustrasi mutasi DNA, foto di ambil dari Nationalgeographic.co.id

Setelah kita mendapatkan simpanse yang memiliki IQ tinggi, kita lanjut dengan membuat mutasi gen, mutasi gen adalah perubahan materi genetik (gen atau kromosom) suatu sel yang diwariskan kepada keturunannya. Tujuan mutasi  ini adalah untuk memutasikan genetik simpanse agar memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan menghilangkan sifat asli pada simpanse tersebut. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa proses terjadinya mutasi hewan  bisa terjadi karena adanya kesalahan replikasi materi genetika selama pembelahan sel. Hal tersebut bisa tercapai dengan memberikan radiasi, bahan kimia (mutagen), virus, atau dapat juga terjadi sendiri selama proses meiosis. Setelah semua proses eksperimen selesai langkah terakhir kita merawat simpanse tersebut seperti kita merawat manusia, memberikan pelajaran, pengetahuan memberikan nutrisi yang cukup dan memberikan tata cara hidup seperti manusia.

Dengan semua eksperimen yang telah dilakukan mungkin kita akan bisa mendapatkan simpanse dengan kualitas IQ tinggi dan memiliki perilaku yang hampir mendekati manusia seperti di dalam film Rice Of The Planet Of The Apes.

Gimana tanggapan lo Civs setelah baca artikel ini? Menurut kalian mungkin atau tidak? Walaupun percobaan ini terlihat  tidak masuk akal, tapi di masa depan mungkin saja manusia dengan semakin berkembangnya wawasan ilmu dan teknologinya bisa menemukan eksperimen eksperimen terbaru nya, yang tidak bisa terpikirkan di zaman sekarang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Sulthon Amanulloh

Mahasiswa jurusan Sastra di kampus yang tidak terkenal dan menyambi bekerja menjadi kapster di sebuah barbershop