Movies

5 REKOMENDASI FILM UNIK DENGAN LATAR PRODUKSI FILM BUAT MENGISI HARI LO

Mengisi hari libur paling enak dengan menonton film. Gue bakal ngasih rekomendasi film yang unik dan lucu buat mengisi hari libur lo.

title

FROYONION.COM - “Film dalam film”. Gaya cerita semacam ini cukup banyak disukai oleh penggemar film. Mulai dari yang semi dokumenter, film unik, sampai horor pun ada. Terkadang gaya “film dalam film” ini juga bikin penonton bingung, tapi memang hal itulah yang bikin film ini jadi seru.

Gaya “film dalam film” ini berbeda dengan konsep “mimpi dalam mimpi”. Yang dimaksud “film dalam film” pada konteks ini adalah film yang menceritakan proses produksi film, beserta drama dan hal-hal seru di dalamnya. Berikut gue sajikan rekomendasi 5 film unik dan seru buat lo tonton di hari libur.

1. ONE CUT OF THE DEAD (2017)

One Cut of the Dead adalah film Jepang yang sempat terkenal karena berhasil membuat banyak penonton bingung. Film ini bercerita tentang tim produksi film zombie, yang ketika mereka sedang proses syuting, mereka diganggu oleh sejumlah zombie betulan yang menyeramkan.

Dalam film ini, tim produksi film melakukan syuting di gedung lama yang konon katanya merupakan lab lama yang digunakan oleh militer Jepang buat membangkitkan mayat hidup. Film ini bakal bikin lo kaget, takut, juga bisa bikin lo ketawa. 

2. AUM! (2021)

Film Aum! merupakan film Indonesia karya sutradara Bambang "Ipoenk" Kuntara Mukti. Film ini berlatar pada Peristiwa Reformasi 98. Aum! dibintangi oleh aktor ternama seperti Jefri Nichol, Chicco Jerikho, Aksara Dena, dan Agnes Natasya Tjie.

Aum! Bergaya ala semi dokumenter, jadi gerakan kameranya bisa jadi kadang bikin lo gak nyaman. Namun, overall film ini oke banget dan gue rekomendasikan buat lo tonton. Semua aktor dalam film berakting dengan baik, dan akting Chicco Jerikho dalam film ini patut diacungi jempol. Film Aum! Bisa lo tonton di Bioskop Online dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA: SATRIA DEWA: GATOTKACA, FILM SUPERHERO INDONESIA BAKAL TAYANG 9 JUNI

3. ONCE UPON TIME IN HOLLYWOOD (2018)

Film Once Upon Time in Hollywood bertabur bintang seperti Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Margot Robbie dan Al Pacino. Film ini disutradarai oleh Quentin Tarantino. 

Once Upon Time in Hollywood bercerita tentang aktor yang mulai uzur dan jarang mendapat tawaran film lagi, dan seorang stuntman yang lagi berusaha keras untuk mencapai kesuksesan di tahun-tahun terakhir Hollywood's Golden Age pada 1969 di Los Angeles.

Film Once Upon Time in Hollywood berhasil mendapat penghargaan dua Piala Oscar dalam Aktor Pendukung Terbaik untuk Brad Pitt, dan Produksi Desain Terbaik.

4. EXIT THROUGH THE GIFT SHOP (2010)

Penyuka street art pasti lo kenal dengan Bansky. Film “Exit Through the Gift Shop” cocok banget ditonton buat lo penyuka street art. (Sumber: Arthive)
Penyuka street art pasti lo kenal dengan Bansky. Film “Exit Through the Gift Shop” cocok banget ditonton buat lo penyuka street art. (Sumber: Arthive)

Exit Through the Gift Shop: A Banksy Film adalah sebuah film dokumenter Inggris 2010 yang disutradarai oleh seniman jalanan (street artist) ternama Banksy. Film ini menceritakan Thierry Guetta, seorang imigran Prancis di Los Angeles, yang terobsesi dengan seni jalanan (street art). 

Film tersebut memetakan dokumentasi Thierry Guetta dalam perjalanannya mengenal sejumlah seniman jalanan, dengan fokus pada Shepard Fairey dan Banksy, yang anonimitasnya dipertahankan dengan mengaburkan wajahnya dan mengubah suaranya. 

Film Exit Through the Gift Shop ditayangkan perdana di Sundance Film Festival 2010 pada 24 Januari 2010, dan dinominasikan untuk Academy Award untuk Best Documentary Feature.

5. PHOBIA 2: IN THE END (2009)

Walau film tahun 2009, film Phobia 2 episode In the End masih jadi film yang unik banget karena terasa begitu menakutkan sekaligus bisa bikin lo ketawa. (Sumber: Far East Films)
Walau film tahun 2009, film Phobia 2 episode In the End masih jadi film yang unik banget karena terasa begitu menakutkan sekaligus bisa bikin lo ketawa. (Sumber: Far East Films)

Phobia 2 episode In the End merupakan film pendek asal Thailand bergenre horor campur komedi. Selama menonton episode In the End, lo bakal dibuat ketakutan setakut-takutnya kemudian dibuat tertawa terpingkal-pingkal.

Film Phobia 2 merupakan kumpulan film pendek. Khusus episode In the End, episode ini bercerita tentang kecelakaan ketika produksi film yang mengakibatkan salah satu crew produksinya meninggal. Tidak hanya dibuat ketakutan dan ketawa, lo juga bakal dibuat bingung dan mikir bahkan sampai episode ini berakhir.

Segitu dulu rekomendasi film unik soal produksi film yang bisa lo tonton di hari libur. Artikel lainnya soal rekomendasi atau review film di website Froyonion bisa lo cek sendiri di rubrik Pop. Happy weekend, Civs! (*/)

BACA JUGA: BELAJAR MENJADI AYAH YANG IDEAL LEWAT FILM ‘PLAYING FOR KEEPS’

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung