Music

USUNG TEMA BHINNEKA TUNGGAL MUSIK, LINE-UP SYNCHRONIZE FEST 2023 BERTABURAN BINTANG

Event tahunan Synchronize Fest 2023 yang mengusung tema “Bhinneka Tunggal Musik” akan banyak mengusung kolaborasi musisi lintas generasi dan lintas media. Bakal jadi seperti apa yang kolaborasi yang mereka ciptakan nantinya?

title

FROYONION.COM – Pada 29 Mei kemarin, Synchronize Fest mengumumkan 12 nama penampil spesial pada acara Synchronize Fest 2023 di Gambir Expo, September mendatang. Line-up spesial ini diumumkan melalui website www.synchronizefestival.com dan kanal YouTube demajorsTV. 

Mengangkat tema “Bhinneka Tunggal Musik”, harapannya, Synchronize Fest 2023 dapat menjadi medium untuk menyalurkan semangat kolaboratif lintas genre dan lintas generasi dari para pegiat musik dan visual di Indonesia.

Yang menarik, pengumuman line-up spesial ini digambarkan dengan teknik graffiti, serta konsep stop motiontime lapse video yang digarap oleh sutradara Nala Satmowi, yang turut melibatkan belasan seniman graffiti dari kolektif TMR dan Smize.

Perlu diketahui, bahwa line-up 12 penampil spesial ini adalah permulaan, masih ada 150 penampil lainnya yang bakal diumumkan Synchronize Fest dalam fase berikutnya.

Ini dia 12 penampil spesial pada event Synchronize Fest 2023:

BIMBO BERSAMA YANTI BERSAUDARA

Dalam panggung Synchronize Fest 2023, group bersaudara asal Bandung, yaitu Bimbo akan tampil bersama group legendaris asal Bandung lainnya, yaitu Yanti Bersaudara. Nama kedua group ini kembali tenar berkat lagu-lagunya yang dirilis kembali dalam bentuk vinyl oleh record label asal Jakarta, Lamunai Records.

GOD BLESS 50 TAHUN

Band rock legendaris, God Bless, bakal merayakan 50 tahun karier bermusik mereka di atas panggung Synchronize Fest 2023. Band yang beranggotakan Achmad Albar, Ian Antono, Donny Fatah, Abadi Soesman, dan Fajar Satritama ini akan tampil dengan melibatkan musisi-musisi dari generasi saat ini, seperti Kelompok Penerbang Roket, Isyana Sarasvati, Scaller, Iksan Skuter, Soegi Bornean, Barasuara, hingga Ardhito Pramono.

KONSER PETUALANGAN SHERINA

Synchronize Fest 2023, bekerja sama dengan Miles Films dan Jakarta Movin akan menyambut sekuel “Petualangan Sherina 2” dengan menghadirkan Konser Petualangan Sherina, membawakan lagu-lagu kenamaan dalam film seperti “Bintang-Bintang”, “Jagoan”, hingga “Kertarajasa” yang akan ditampilkan bersama musisi tamu seperti Isyana Sarasvati, Yura Yunita, juga Reza Chandika.

IWAN FALS x SAWUNG JABO

Dua musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals dan Sawung Jabo, menjadi salah satu kolaborasi yang wajib disaksikan di Synchronize Fest 2023. Kiprah bermusik keduanya begitu besar, terutama saat masih memperkuat grup superior SWAMI dan Kantata Takwa. Fals dan Jabo adalah salah dua pihak yang menggoreskan tintanya. Mereka akan tampil bersama di Synchronize Fest 2023, penampilan spesial yang tentu pantang dilewatkan.

MATAJIWA x MATAJIWO

Gaung rock Matajiwa akan mendampingi pertunjukan wayang oleh Sujiwo Tejo. Kolaborasi lintas medium seni ini patut ditunggu, terlebih mereka sempat tampil bersama dan menjadi bahan perbincangan penikmat seni di tahun 2015 yang lalu.

MELLY GOESLAW SONGBOOK

Melly akan bernostalgia di panggung Synchronize Fest 2023 bersama para kolaboratornya seperti Anda Perdana, Irwansyah, dan BBB (Bukan Bintang Biasa – vokal grup yang beranggotakan Raffi Ahmad, Dimas Beck, Ayushita, Chelsea Olivia, dan Laudya Cynthia Bella). Siap-siap, karaoke massal bersama Melly Goeslaw.

MESIN WAKTU 2.0: TEMAN-TEMAN MENYANYIKAN LAGU NAIF

Lebih kurang 16 tahun lalu, label rekaman Aksara Records pernah merilis album kompilasi monumental bertajuk Mesin Waktu: Teman-teman Menyanyikan lagu NAIF.

Untuk mengembalikan spirit album kompilasi ini, maka di Synchronize Fest 2023, lagu-lagu NAIF akan dinyanyikan oleh Bilal Indrajaya, Chroma Strings, Endah N Rhesa, GAC, Kunto Aji, Nesia Ardi, Perunggu, Priscilla Jamail, Sentimental Moods, Sisitipsi, dan the Adams.

REPUBLIK CINTA MANAGEMENT (T.R.I.A.D, MULAN JAMEELA, MAHADEWI)

Bersiap-siap untuk bernyanyi bersama, saat manajemen musik yang didirikan Ahmad Dhani dari Dewa 19 ini hadir di depan kalian. Mereka akan membawakan hits semacam “Makhluk Tuhan Paling Seksi”, “Wonder Woman”, “Selir Hati”, “Kamu-kamulah Surga”, “Sumpah I Love You”, sampai “Ayang AyangKu”.

SELANGKAH KE SEBERANG: DEKADE FARIZ RM ‘79–’89

Aksi panggung spesial musisi legendaris Fariz RM di Synchronize Fest 2023 akan menampilkan karya-karya yang ia rilis mulai dari 1979 hingga 1989. Terlebih, lagu-lagu Fariz sedang kembali bergaung di kalangan anak muda dalam beberapa tahun belakang. 

Synchronize Fest 2023 bakal mewadahinya dalam suasana festival, bernostalgia bersama, pula menghadirkan beberapa sejawat Fariz seperti Candra Darusman juga Neno Warisman untuk meramaikan.

SONETA GROUP x DIPHA BARUS

Rhoma Irama, kembali berkolaborasi dengan produser/DJ andalan Tanah Air, Dipha Barus, memadukan dangdut dengan musik elektronik, menggelorakan “Darah Muda” menjadi lebih eksentrik. Synchronize Fest 2023 akan kembali mempertemukan mereka, lebih banyak lagu yang dileburkan, lengkap dengan megahnya kehadiran Soneta Group.

SYMPHONY FROM HELL

Kolektif hiphop kebanggaan Yogyakarta, Hellhouse, akan mempersembahkan penampilan spesial Symphony from Hell di panggung Synchronize Fest 2023.

Hellhouse bakal melibatkan musisi-musisi tamu yang patut diperhitungkan aksinya seperti Al-Smith, Basboi, GNTZ, Jahanam, Mario Zwinkle, PB feat Eugine, Ramengvrl, Sade Susanto, Tuan Tigabelas, juga Uncle-T.

4 SEHAT 5 NAMBAH

Empat orkes kenamaan ditambah 1 tokoh dangdut jenaka (Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak, Orkes Moral Pengantar Minum Racun, Pemuda Harapan Bangsa, Orkes Nunung Cs, Jhonny Iskandar) ini akan tampil di panggung yang sama atas nama 4 Sehat 5 Nambah. 

Penonton Synchronize Fest 2023 tentu tidak asing lagi dengan repertoar mereka semacam “Fatimah”, “Judul-judulan”, “KTP Babe Gue”, hingga “Abang Gorengan”. Penampilan spesial yang wajib untuk dinikmati bersama.

Jadi, buat kalian yang ingin menonton Synchronize Fest 2023, pastikan untuk selalu stay tune di Instagram @synchronizefest, atau website www.synchronizefestival.com ya! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.