Music

THE OTHER FESTIVAL 2023 JEMBATANI KOLABORASI MUSISI DALAM DAN LUAR NEGERI

Acara yang diselenggarakan di Parkir Barat JIExpo Kemayoran itu berhasil menghibur para penonton. The Other Festival mencapai tujuannya untuk menjadi wadah para seniman domestik dan manca untuk berkolaborasi.

title

FROYONION.COM - Minggu malam, 14 Mei 2023 menjadi saksi meriahnya The Other Festival Jakarta yang berlangsung di Parkir Barat JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Tak cuma sejumlah musisi Indonesia yang hadir di sini tapi juga ada musisi luar negeri yang meramaikan.

Kemeriahan ini bisa disaksikan saat band pop jazz terkenal asal Taiwan, Sunset Rollercoaster, tampil dan mengguncang panggung yang sudah dikerumuni para penonton.

Penampilan band yang beranggotakan 5 orang pria muda ini memukau penonton di panggung utama, yaitu Double Deer Stage, sekitar pukul 22.10 WIB. Sebelumnya para penonton telah memadati area depan panggung sekitar 30 menit sebelum band tersebut tampil.

Sunset Rollercoaster tampil dengan membawakan 12 lagu dengan deretan lagu-lagu populer mereka di antaranya “Vanilla”, “Villa”, dan tentunya “My Jinji” yang mendorong para penonton yang hadir sing along bersama.

Tak lupa, setelah mempersembahkan satu lagu sang vokalis Kuo Hung Tseng selalu mengucapkan kata “terima kasih”. Rupanya ia sudah berusaha menghapal beberapa kata dalam bahasa Indonesia untuk menarik perhatian penonton di Jakarta ini.

Meskipun ini bukan kali pertama mereka tampil di Indonesia, penampilan mereka kali ini dirasakan sangat istimewa karena sebelumnya mereka telah menjadi salah satu penampil di Coachella, salah satu festival musik terbesar dan paling populer saat ini.

LAYAKNYA DI COACHELLA

Tidak hanya musisi internasional, tetapi juga musisi Indonesia tidak kalah dalam menampilkan performa terbaik mereka di The Other Festival tahun ini. Ada penyanyi, penulis lagu yang memulai karirnya dari dunia tarik suara dengan menjadi finalis dalam ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol tahun 2008 yaitu Kunto Aji yang mampu menyihir para penonton di sore hari dengan alunan musiknya dari album Mantra-Mantra.

Bahkan, Kunto Aji sempat bersenda gurau dengan para penonton. Ia menyampaikan bahwa cuaca sedikit panas, tetapi mengibaratkannya seperti sedang berada di Coachella. 

SPEKTRUM BERBEDA

Selain menampilkan pertunjukan musik berkualitas, The Other Festival 2023 juga menghadirkan sebuah sesi obrolan langsung dengan pegiat industri kreatif lokal yang berjudul 'Adu Domba', dipandu oleh grup podcaster, BKR Brother yang terdiri dari Ryo Wicaksono, Bobby Mandela, dan Molen Kasetra.

Memang, hal ini bukanlah terobosan baru dalam sebuah festival musik. Namun, hal ini dapat memberikan experience lebih bagi para penonton yang hadir. Terbukti ketika para penonton terbahak-bahak ketika Dustin Tiffany bermain games Spelling Bee dengan menyebutkan kata-kata yang sedemikian rumitnya. Sela in Dustin ada juga beberapa narasumber lain seperti Hindia, Rapot, Saleh 'Ale' Husein, hingga Sammy Bramantyo.

Pada dasarnya The Other Festival sendiri bertujuan untuk menjadi wadah kolaborasi antara industri kreatif Indonesia dan internasional. Pada tahun 2023, acara tersebut mengalami peningkatan skala dengan melibatkan berbagai seniman dan mitra baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Melalui jaringan kolaboratif antara penonton dan seniman, The Other Festival mengambil langkah besar untuk memberikan pengalaman festival terbesar yang lebih baik.

Festival ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 13-14 Mei 2023, bertempat di Parkir Barat JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

The Other Festival menyajikan sejumlah musisi dari dalam negeri maupun mancanegara, termasuk Raisa, Hindia, Nadin Amizah, David Bayu, Kunto Aji, RAN, Wave to Earth, dan tentu saja Sunset Rollercoaster. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Alva Fratama

Mantan announcer radio kampus pada program olahraga yang bermukim di Parung Kota terkurung sejuta petarung.