Music

MITTY ZASIA RILIS ‘PADA AKHIRNYA BERKAWAN BERLALU’: PERTEMANAN BISA KEDALUWARSA?

Mitty Zasia baru saja merilis single terbarunya bertajuk Pada Akhirnya Berkawan Berlalu. Gambarkan kerinduan pada pertemanan yang penuh keasyikan di masa lalu.

title

FROYONION.COM - Mengawali karir bermusiknya sebagai musisi cover lewat platform YouTube dan menjadi viral hingga berhasil menghimpun puluhan juta viewers, tak lekas bikin Mitty Zasia berpuas diri.

Dalam upayanya untuk naik level sebagai seorang musisi, ia pun merilis single perdananya bertajuk Melepas Senja pada tahun 2020 lalu. 

Yang teranyar, Mitty Zasia baru saja merilis single pertamanya di tahun 2024 ini yang diberinya judul Pada Akhirnya Berkawan Berlalu.

Lalu seperti apa single terbaru yang kabarnya diciptakan berdasarkan pengalaman personal Mitty Zasia?

BERLALUNYA KEAKRABAN DI MASA LALU

Seorang kawan pernah berkata bahwa seindah-indahnya masa lalu, ia tetaplah masa lalu. Dan seperti hal lainnya di dunia, semua orang berubah, termasuk teman-teman dan orang terdekat kita, sebagai sebuah kebutuhan untuk evolve.

Hanya saja, ketika coba kembali menengok ke belakang, ke masa-masa remaja saat teman dan sahabat masih banyak di sekeliling; terkadang sebagian orang merasakan kerinduan akan masa-masa itu. Beberapa bahkan berharap mereka bisa mengulang kembali masa-masa yang penuh keakraban dan keasyikan tersebut.

Namun karena kesibukan menjadi orang dewasa, keinginan itu harus berhadapan dengan kenyataan yang pahit. Bahwa keasyikan untuk berkawan seperti dahulu, kemungkinan besar tak bakal terulang kembali.

Hal inilah yang terkadang menghadirkan kekecewaan dalam hati. Bahkan di fase ketika lagi rapuh-rapuhnya, juga dapat memerangkap diri dalam kesepian.

Perasaan semacam itulah yang ingin digambarkan oleh Mitty Zasia lewat ramuan nada akustik yang melankolis dan suara latar yang seimbang dan lirik lagu yang puitis dalam single Pada Akhirnya Berkawan Berlalu

“Keseluruhan lagu ini bercerita tentang pertemanan, tentang aku yang harus menerima kalau pada akhirnya berkawan bisa berlalu,” ungkap pelantun lagu Tak Searah tersebut.

“Lagu ini aku tulis tahun 2022 lalu, ketika aku sedang merespon kesepian yang aku rasain. Yang mana semua teman-temanku sibuk meramu kehidupannya, dan aku pun juga,” lanjutnya.

Karakter suara Mitty yang sarat akan vibrato dan cocok dengan warna lagu khas kekinian, berhasil memunculkan emosi dalam lagu tersebut.

Lewat lagu ini, selain ingin bicara untuk mereka yang menanggung perasaan kecewa yang sama karena pertemanan tak bisa lagi seasyik dulu; Mitty ingin mengungkapkan bahwa mereka tidak sendirian mengalaminya. Sebab bukan hanya mereka saja yang merasakannya, melainkan dirinya juga.

Bahkan karena lagu ini berangkat dari pengalaman personalnya, Mitty hanya butuh waktu beberapa jam saja buat merangkai kata buat liriknya. Sehingga produksi lagu ini pun hanya rampung dalam waktu sebulan.

“Mungkin ada banyak orang yang terima-terima aja akan kondisi tersebut. Tapi pasti ada juga yang kayak aku, yang beberapa kali merindu di fitur arsip Instagram. Beberapa kali menangis karena nggak bisa seasik dulu,” jelas penyanyi kelahiran Kotamobagu, Sulawesi Utara ini.

“Aku cuma pengen pendengar lagu ini tahu bahwa dia nggak sendiri kok. Ada banyak orang yang patah hati lalu memilih bertahan dengan yang tersisa saat ini,” pungkasnya.

LIRIK LAGU “PADA AKHIRNYA BERKAWAN BERLALU”

Ditulis sendiri oleh Mitty Zasia, lagu ini punya lirik yang puitis namun masih sangat mudah untuk dipahami maknanya. Adanya permainan rima di akhir bait, menambah keunikan lirik single ini.

Berikut ini lirik dari lagu Pada Akhirnya Berkawan Berlalu, antara lain:

Lama sudah tak bersua

Hanya tersisa aromanya

Kini ia seperti apa

Sudah banyakah berubah

Tenyata betul tebakanku dulu 

pada akhirnya berkawan berlalu

#Chorus

Hanya tersisa satu dua saja

Ya sudah tak apa

Ku genggam erat yang masih tersisa

Semoga berkawannya sampai tua

Dulu sempat sedekat nadi

Kini saling tidak peduli

Pesan dimana, apa kabarnya? 

Semua formalitas saja

Ajakan berjumpa, bertukar cerita, hilang

Sesuai tebakan

#Prechorus

Tenyata betul tebakanku dulu 

Pada akhirnya berkawan berlalu

#Chorus

Hanya tersisa satu dua saja

Ya sudah tak apa

Ku genggam erat yang masih tersisa

Semoga berkawanya sampai tua

Hanya tersisa satu dua saja

Ya sudah tak apa

Ku genggam erat yang masih tersisa

Semoga berkawanya sampai tua

Seolah tak ingin mengecewakan penggemarnya, Mitty Zasia ikut melibatkan Kamga (ex vokal grup Tangga) yang membantunya dalam mengarahkan vokal serta menemukan harmonisasi dalam lagu ini.

Selain itu ada peran dari Yabes Yuniawan yang membantu Mitty dalam meramu notasi dan chord juga mengaransemen lagu tersebut.

Ketika mendengar lagu ini, pendengar seolah diajak menengok ke masa lalu dan bernostalgia secara perlahan, juga di satu titik merenungkannya sebagai pelajaran yang dapat dipanen. 

Petikan gitar akustik yang diaduk dengan latar suara yang harmonis dan saling melengkapi, bikin pendengar terhanyut dalam ketenangan yang candu. Mendengarkan Pada Akhirnya Berkawan Berlalu seperti memasrahkan diri untuk melangkah dari satu perenungan ke perenungan lainnya. Flow semacam itulah yang saya rasa begitu terasa kuat dalam single ini.

SINGLE PEMBUKA UNTUK ALBUM TERANYAR

Tak hanya sebagai lagu perdana dalam mengawali karirnya di tahun 2024, single tersebut juga bakal didaulat sebagai lagu pembuka di album kedua Mitty Zasia yang rencananya bakal segera rilis di tahun ini juga.

Sekadar info, album perdana dari Mitty Zasia rilis pada tahun 2023 lalu yang banyak berbicara keresahan seseorang dalam menghadapi fase quarter life crisis.

Tak heran album yang berisikan 10 lagu dengan single andalannya berjudul Yang Lain Boleh Hilang Asal Kau Jangan ini diberi nama 27 yang dianggap sebagai angka keramat dalam fase pendewasaan seseorang.

Dengan rilis di tahun yang sama, itu artinya album Mitty selanjutnya hanya berjarak kurang lebih setahun saja dari album perdananya. Hal ini merupakan kabar baik yang menunjukkan keseriusan dari Mitty Zasia dalam menekuni dunia musik yang baru digelutinya tahun 2018 lalu.

Selain itu, lewat single terbarunya ini, Mitty juga memberi gambaran bakal seperti apa warna suara yang akan dilantunkannya di album kedua nanti. 

Masih dengan ciri khas suara yang bisa dengan mudah dilacak dalam lagu-lagu yang dibawakannya di album perdana, bisa dibilang di album selanjutnya Mitty bakal semakin percaya diri dengan warna suaranya yang di awal karirnya sebagai musisi sempat ia ragukan.

Yang unik berikutnya adalah dalam perilisan single terbarunya tersebut, Mitty Zasia akan mengusung konsep yang berbeda dibandingkan dengan dilakukannya sebelumnya. Ia berniat untuk menghadirkan intimate session yang sangat menggambarkan semangat dari lagu ini.

Nantinya, dalam intimate session tersebut, Mitty Zasia akan menghadirkan orang-orang terdekatnya. Mereka akan diajak mengobrol secara intim dan diberi pertanyaan terkait bagaimana kisah pertemanan mereka dengan Mitty dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

“Semua yang aku libatkan dalam intimate session ini adalah orang-orang yang menjadi inspirasi dari lagu ini, teman-temanku sedari masa kecil hingga sekarang,” jelas penyanyi kelahiran tahun 1995 tersebut.

“Aku ingin teman-temanku terlibat dalam proses lagu ini bertumbuh, sebelum nantinya lagu ini menari indah ke telinga para pendengar. Aku ingin sahabat-sahabatku jadi orang-orang pertama yang mendengar lagu ini,” pungkasnya.

Video dari lagu Pada Akhirnya Berkawan Berlalu sudah dapat kamu nikmati di channel YouTube Mitty Zaskia sejak tanggal 3 Mei 2024 kemarin. Selamat mendengarkan dan merenungkannya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Shofyan Kurniawan

Shofyan Kurniawan. Arek Suroboyo. Penggemar filmnya Quentin Tarantino. Bisa dihubungi di IG: @shofyankurniawan