Music

MENGENAL YOASOBI, DUO GRUP DARI NEGERI SAKURA YANG MENCIPTAKAN LAGU BERDASARKAN DARI SEBUAH NOVEL

Duo grup asal Jepang ini sangat menarik dalam membuat lagu-lagunya, penasaran tentang Yoasobi? Simak di sini ya!

title

FROYONION.COM – Tahukah kalian duo yang berasal dari Jepang ini? Beberapa lagunya sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu. Bahkan YOASOBI sendiri juga sempat melakukan konser di Indonesia juga pada Desember 2022.

Grup duo ini beranggotakan Ayase (komposer) dan Rira Ikuta atau dikenal dengan nama Ikura (vokalis). Nama YOASOBI diambil dari bahasa Jepang yang berarti “Kehidupan Malam”.  Banyak sekali yang mengira bahwa lagu-lagu dari YOASOBI menjadi OST dari anime-anime Jepang. Nyatanya memang benar, ada beberapa lagu dari YOASOBI yang merupakan OST dari sebuah anime.

Pada bulan April 2023 lalu, ada sebuah lagu baru dari YOASOBI yang berjudul Idol, lagu ini menjadi OST Anime yang berjudul Oshi no Ko. Anime tersebut kabarnya memang tengah populer saat ini. 

Lagu dari YOASOBI memang diantaranya adalah OST dari beberapa anime. Namun lirik lagu dari YOASOBI juga banyak terinspirasi dari sebuah novel. Hal ini membuat lagu dari duo grup ini semakin menarik untuk dinikmati lagunya. 

PROFIL YOASOBI

YOASOBI dibentuk oleh Sony Music Entertainment Jepang. Duo ini diisi oleh produser vocaloid Ayase, dan Ikura sebagai vokalis. YOASOBI memiliki arti “Kehidupan Malam”, Ayase sendiri yang mencetuskan nama ini. Ia berharap dengan nama ini, kehidupannya bisa menjadi seimbang, karena mereka bisa menjalani kehidupan di siang hari sebagai individu, sedangkan pada malam hari berperan sebagai seorang seniman. 

YOASOBI melakukan debutnya pada tahun 2019. Mereka membawakan lagu yang berjudul Yoru ni Kakeru. Saat itu, lagu tersebut langsung populer dan mulai banyak dikenal oleh banyak orang. Hingga saat ini, lagu tersebut telah ditonton dengan jutaan kali, dan memiliki sebuah like lebih dari 1 juta. 

Sebelum YOASOBI terbentukAyase sudah lebih dikenal melalui sebuah platform Niconico sekitar tahun 2018. Melalui platform tersebut, Ayase membagikan karyanya dengan bentuk music video. Terdapat beberapa lagu di dalamnya, seperti sebuah lagu yang berjudul Sentensei Assault Girl, kemudian di tahun 2019, Ia juga merilis lagu yang berjudul Yurei Tokyo. Lagu tersebut mendapatkan respon yang cukup baik, karena lagu tersebut berhasil bertengger di posisi ketiga di chart album iTunes.

Berbeda dengan sang vokalis, Ikura sempat bergabung dengan sebuah band akustik yaitu Plusonica, pada band tersebut Ia juga berperan sebagai vokalis. Tahun 2018 Ikura berhasil merilis sebuah mini album berjudul Rerise. Namun pada tahun 2019 akhirnya Ayase dan Ikura membuat duo grup. 

Duo ini melekat dengan sebuah slogan “Novel into Music”, duo ini merilis lagunya berdasarkan novel yang telah dikirim ke Monogatary.comMonogatary.com merupakan sebuah media sosial yang dioperasikan oleh label mereka, dan pastinya media sosial tersebut berpusat kepada novel.

LAGU-LAGUNYA BERDASARKAN DARI NOVEL

Berawal dari Monogatary.com yang mulai melirik seorang musisi yaitu Ayase, hingga akhirnya Monogatary.com memanggil Ikura sebagai vokalis. Jadi, dalam project ini Ayase berperan sebagai komposer dan Ikura sebagai vokalisnya. Inilah awal mula project ini dilakukan. 

Project ini dilakukan pada tahun 2019. Jadi, Monogatary.com sempat melakukan sebuah kontes, dan melalui pemenang kontes novel tersebut, karyanya akan dijadikan sebuah lagu (single YOASOBI).

Setelah melalui kontes tersebut, akhirnya YOASOBI berhasil merilis sebuah single yang berjudul Yoru ni Kakeru, lagu ini berasal dari novel yang berjudul Thanatos no Yuuwaku. Ternyata lagu ini mendapatkan respon yang positif dari pendengarnya, sehingga YOASOBI semakin dikenal oleh banyak orang, apalagi lagu ini juga sempat menjadi trending topic di media sosial.

Lagu pada single kedua juga berasal dari sebuah novel. Lagu tersebut berjudul Ano Yume wo Nozotte. Lagu ini teradaptasi dari novel yang berjudul Yume no Shizuku to Hoshi no hana, pada tahun 2020.

YOASOBI meluncurkan sebuah single ketiga, lagi-lagi mereka membuatnya melalui sebuah novel. Novel tersebut berjudul Sore demo Happy End pada tahun 2020. Single dari YOASOBI yang ketiga ini berjudul Halzion.

Mungkin ini merupakan alasan dari YOASOBI, mengapa mereka mempunyai sebuah slogan “Music into Novel”. Karena telah terbukti, bahwa karya-karya dari mereka merupakan lagu yang berbasis dari novel.

Hingga akhirnya, YOASOBI berhasil merilis sebuah album pertamanya yang berjudul “THE BOOK” pada tahun 2021.

Selain itu, YOASOBI juga pernah manggung di Jakarta, tepatnya pada bulan Desember 2022. Mereka berhasil tampil perdana di Indonesia pada acara The Heads in The Clouds, Jakarta

Jika kalian ingat, sempat ada video viral seorang perempuan sedang bernyanyi menangis saat lagu Ano Yume wo Nazotte, itu merupakan YOASOBI yang sedang tampil. Lagu-lagu dari YOASOBI memang tak pernah gagal dalam setiap penggalan liriknya. Sehingga hampir di setiap lagu terdapat pesan yang mendalam.

Apalagi menyanyikan lagu-lagu dari YOASOBI ini bersama dengan teman-teman tongkrongan kalian, pasti akan lebih asik dan menarik.

MENGISI ANIME

YOASOBI juga beberapa kali mengisi lagu-lagu di anime, seperti judul lagu “Kaibutsu” dan “Yashashi no Suisei”, dua lagu tersebut merupakan soundtrack anime Beastars.

Selain itu, lagu yang berjudul “Gounjou” juga menjadi soundtrack anime Blue Period. Ada juga lagu dari YOASOBI yang berjudul “Shukufuku”, lagu ini menjadi sebuah soundtrack anime Gundam : Suisei no Majo. 

Nah, yang terbaru YOASOBI juga baru saja merilis sebuah lagu yang mengisi anime. Lagu tersebut berjudul “Idol”, Lagu tersebut menjadi OP pada Anime Noshi no Ko yang saat ini anime tersebut juga masih tayang.

Lagu ini memiliki melodi yang asik dan suara Ikura yang sangat unik dalam lagu ini. Karena telah terbiasa membuat lagu yang diadaptasi dari sebuah novel. YOASOBI juga membawakan alur cerita anime Noshi no Ko ke dalam lirik lagu Idol tersebut.

Kabarnya lagu ini juga sedang cukup viral di TikTok karena orang-orang yang hanya sekedar melakukan challenge dance di TikTok. Di Indonesia sendiri juga sudah cukup banyak yang mengenal YOASOBI, terbukti saat mereka melakukan konser di HITC Jakarta, banyak fans dari Indonesia yang sudah familiar dengan lagu-lagu dari YOASOBI. Nah, Gimana nih? Apakah kalian mulai tertarik dengan lagu-lagu dari YOASOBI? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.