Music

MEMAHAMI CINTA MELALUI LAGU ‘NYAMAN TAK CUKUP’ OLEH RAISA ANDRIANA: CERMINAN HUBUNGAN JANGKA PANJANG

Buat kalian yang sudah lama pacaran atau menikah, nyaman saja cukup buat menjaga hubungan tetap awet tidak? Kalau misalnya tak cukup, terus kuncinya hubungan bisa langgeng apa ya? Daripada makin galau, lebih baik renungkan bareng single Raisa ini.

title

FROYONION.COM Kalian yang ikutan meramaikan konser Raisa di GBK tanggal 25 Februari yang lalu, pasti sudah tahu diva Indonesia yang satu ini spill tipis di akhir konser kalau ia akan merilis single terbaru yang berjudul “Nyaman Tak Cukup” pada 15 Maret 2023 yang lalu. 

Tujuh tahun setelah lagu “Kali Kedua” dirilis, ternyata lagu “Nyaman Tak Cukup” ini dibuat seolah-olah menjadi kelanjutan dari lagu tersebut, yang ditandai dengan peran model dalam video klipnya yang lagi-lagi berkolaborasi sama aktor ganteng Indonesia yakni Nicholas Saputra. 

Meskipun menurut Raisa beberapa kata pada lirik lagunya ‘agak nyeleneh’, tapi siapa sangka single terbarunya ini ditulis oleh Dewi Lestari yang juga pencipta lirik lagu “Kali Kedua”. 

Ya.. walaupun liriknya emang ‘agak nyeleneh’, tapi justru itulah racunnya yang bikin lagu ini makin kece. Dan penulis yakin banget di luar sana pasti banyak pasangan yang ngerasa relate atau sedang merasakan fase-fase “Nyaman Tak Cukup” kaya lagunya Raisa ini. 

Kalau di video klip lagu Kali Kedua, Nichola Saputra dan Raisa berperan sebagai sepasang kekasih yang balikan dengan pasangan yang sama karena hubungannya sempat berakhir, maka pada lagu Nyaman Tak Cukup, mereka dikisahkan sebagai sepasang suami istri yang melakukan rutinitasnya sehari-hari.

Sekilas tampak simpel ya pengambilan plot ceritanya, tapi kalau kamu dengerin lagu dan nonton video klipnya, benar-benar bikin kita seolah-olah lagi dengerin cerita dari cerminan hubungan jangka panjang yang terjadi dalam video klip. 

Dalam video klip lagu Nyaman Tak Cukup pemeran yang merasa gak cukup dengan kenyamanan tersebut adalah Nichola Saputra. Scene dibuka dengan kemesraan seorang istri yang memberikan kejutan sarapan untuk sang suami. 

Semuanya terlihat baik-baik saja, sebab mereka saling sayang dan merasa sudah berada dalam hubungan yang paling nyaman. 

Memasuki scene berikutnya, muncul masalah dalam diri Nichola Saputra yang merasa bahwa kenyamanan bukanlah hal yang cukup. 

Terlihat jelas dalam video klip, Nichola Saputra mulai merasakan ketidakpuasan terhadap kenyamanan semata dan merasa terjebak dalam hubungan yang stagnan, karena kebutuhan akan tantangan dalam hubungan sudah tidak ada lagi. 

Segala rutinitas ‘berulang’ yang terjadi pada mereka yang sudah menjalin hubungan jangka panjang, menjadi hal yang sudah bikin nggak penasaran lagi. Scene pada video klip ini  diperkuat dengan lirik yang disampaikan:

Tapi katamu, itulah masalahnya

Tanpa misteri cinta tiada rasa

Sahabat terdekat, itu yang kau lihat

Begitu berharga, tapi sayangnya

Nyaman tak cukup

Kau butuh tantangan, rayuan, jebakan

Semua yang membuatmu, penasaran, dan deg-degan

Tak ada lagi

Nyaman tak cukup

Aku tak cukup 

Sampai sini gimana, civs? Sudah merasa relate belum? Hehe. 

Kendati menceritakan tentang hal yang jarang diangkat menjadi suatu tema dalam lagu, menurut penulis pesan yang disampaikan dalam lagu ini bisa memiliki banyak interpretasi dalam banyak hubungan yang ada di kehidupan sehari-hari. 

Misalnya, dalam hubungan asmara, lagu ini bisa menggambarkan perasaan seseorang yang merasa sudah sangat nyaman dengan pasangannya, tapi karena kenyamanan itu malah membuat hubungan menjadi stagnan sehingga hubungan asmara terasa seperti terjebak dalam rutinitas yang sama dan kehidupan cinta menjadi tidak semenyenangkan masa-masa awal pacaran atau menikah. 

Selain hubungan asmara, lagu ini juga bisa diinterpretasikan dalam konteks karir. Misalnya, seseorang merasa nyaman dan betah dengan pekerjaannya saat ini, tetapi merasa bosan karena tidak ada tantangan baru untuk dihadapi dan ingin mencari peluang baru untuk meningkatkan kemampuannya.

Singkatnya, lagu Raisa yang easy listening ini bisa dimaknai dalam berbagai situasi dalam hidup kita yang penuh dengan interaksi dan koneksi dengan orang lain. 

Intiny, lagu ini jadi pengingat buat kita semua bahwa hubungan ternyata tidak cuma tentang kenyamanan semata, tapi juga tentang keberanian untuk menghadapi tantangan dan menjaga kehidupan cinta agar tetap segar dan menarik. 

Apalagi buat kalian yang sudah menikah atau pacaran bertahun-tahun karena manusia itu selalu berkembang, dan di dalam hubungan berpasangan, butuh kerja sama dari kedua belah pihak untuk terus menciptakan hal-hal baru supaya hubungan tetap menarik dan nggak membosankan. 

Coba dengarkan lagu ini sambil menonton video klipnya. Setelah itu, coba renungkan makna di balik liriknya. Siapa tahu, lagu ini bisa ngasih kamu inspirasi buat memperbaiki hubungan atau bikin kalian lebih menghargai hubungan yang udah dijalani sekarang.   

Semoga lagu ini bisa membuka mata kita tentang arti kenyamanan dalam hubungan, dan bagaimana kita bisa membuat hubungan kita menjadi lebih erat dan awet. Selamat mendengarkan! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yolla Wida Yollanda

Penulis yang suka mikir, tapi ga suka mikir yang berat-berat.