Music

MANFAAT KESEHATAN MUSIK YANG BELUM KAMU TAHU

Mendengarkan musik rupanya bisa menghilangkan perasaan stress hingga depresi, apalagi ya manfaat musik untuk kesehatan kita? Simak di sini ya!

title

FROYONION.COMDalam keseharian kita, biasanya kita akan mendapatkan sedikit tekanan di setiap harinya, entah itu tekanan pekerjaan, tugas sekolah, kuliah, maupun yang lainnya. Apabila kita menghadapi situasi tersebut, kadang malah kita tidak mengerjakannya, apabila tidak mengerjakan, nantinya akan menimbulkan rasa cemas terhadap diri kita sendiri, karena kita belum mengerjakan tugas tersebut.

Tetapi terdapat beberapa cara dalam menghadapi situasi tersebut, yaitu dengan kita menenangkan diri terlebih dahulu atau berkomunikasi dengan orang disekitar. Namun uniknya, ternyata ada salah satu cara yang sangat sederhana supaya kita dapat keluar dari kecemasan tersebut lho, salah satunya adalah dengan melakukan mendengarkan musik.

Mendengarkan musik merupakan suatu kegiatan yang sering sekali dilakukan oleh orang-orang di dunia, entah itu sedang bersantai, maupun sedang beraktivitas seperti menyetir mobil atau olahraga, karena mendengarkan musik juga bisa dilakukan kapanpun dan di mana saja.

Apalagi, musik juga merupakan suatu produk budaya yang penggemarnya juga sangat luas di dunia. Bahkan hampir setiap manusia di dunia ini pasti akan mendengarkan musik kesukaannya, supaya hati terasa riang gembira.

Namun, bukan hanya untuk kesenangan saja, ternyata musik juga punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. 

TERAPI MUSIK UNTUK KESEHATAN

Ternyata musik juga bisa dijadikan alat sebagai terapi. Dalam terapi musik ini, lantunan musik tersebut berperan untuk meningkatkan suatu konsentrasi serta memori, dan yang luar biasa, melalui terapi ini, otak kita juga bisa terjaga kesehatannya. 

Selain itu, musik juga bisa membantu meredakan stres. Dengan mendengarkan lagu yang kita sukai, maka hal tersebut dapat sedikit meredakan stres kita. Apalagi jika lagu tersebut mempunyai ritme yang cepat, maka lirik dan lagu tersebut terbilang mempunyai aura yang positif untuk kita dengarkan. 

Apalagi jika kita juga mendengarkan musik yang liriknya penuh motivasi, kadang diri kita juga menjadi ikut termotivasi melalui pesan tersirat tersebut. Sehingga kita juga semakin semangat dalam menjalani hari-hari kita. Pastinya juga akan mengurangi tingkat stres kita di hari tersebut. 

Jika kita juga menyukai musik dangdut, musik ini juga sangat bisa mengurangi perasaan stres kita juga, apalagi dengan liriknya yang galau, pasti kita juga tidak akan ikut galau, tapi malah kita asik jogetin aja.

Musik juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam meningkatkan mood. Menurut penelitian yang dipublikasikan Journal of Positive Psychology pada tahun 2013 mengungkapkan “Mendengarkan musik dengan irama kencang dapat meningkatkan mood dan kebahagiaan seseorang hingga dua minggu”.

MEMBUAT LEBIH FOKUS

Terdapat karya yang banyak sekali diciptakan oleh musisi-musisi di dunia, dari situ melahirkan berbagai genre musik yang beraneka ragam. Dengan begitu, maka kita juga bisa memilih lagu kesukaan kita di saat kita melakukan aktivitas, seperti saat kita sedang bekerja, belajar, membersihkan sesuatu. 

Dengan kita melakukan aktivitas tersebut sembari mendengarkan musik, kita bisa lebih berkonsentrasi saat melakukan aktivitas tersebut. Tentunya dengan genre musik yang lembut dan kalem ya, tidak dengan musik yang ber-tempo cepat. Karena posisi kita yang sedang belajar/bekerja.

Biasanya, dalam aktivitas tersebut. Musik yang di putar merupakan musik yang memiliki tempo yang sedang-sedang saja, atau kalau anak-anak jaman sekarang bisa bilang musik indie maupun musik yang bisa sing along. 

Bisa juga mendengarkan musik yang klasik maupun instrumental, dengan mendengarkan musik-musik tersebut, kita malah bisa lebih fokus dalam melakukan aktivitas kita pada hari tersebut.

Namun, tidak semua orang bisa melakukan kegiatan tersebut dengan mendengarkan musik. Kadang, ada juga orang yang melakukan aktivitas tersebut dengan keadaan sekitar yang hening dan tenang, karena orang tersebut memang butuh ketenangan dalam melakukan sesuatu.

MENGATASI RASA SAKIT

Dalam kesehariannya, pasti orang-orang juga membutuhkan waktu untuk bersantai-santai. Hal ini dilakukan untuk mengalihkan kesibukan kita dalam satu hari tersebut. Nah, pada waktu santai tersebut, kita bisa memutar musik kesukaan kita. Karena, dengan kita memutar musik yang disukai, rasa cemas dan stres kita sedikit teratasi. 

Melansir dari HaloDoc. “Musik dapat membantu kita mengelola rasa sakit. Cukup mendengarkan musik selama satu jam setiap harinya, dapat mengurangi rasa sakit yang signifikan dibanding dengan berusaha mengatasinya dengan cara yang lain”. 

Apalagi musik juga merupakan suatu hal yang mudah didapatkan. Saat ini juga sudah banyak platform musik yang mudah didapatkan. Hal tersebut merupakan suatu media untuk anak muda supaya kita juga bisa selalu melek akan teknologi yang semakin modern hingga sekarang ini. 

Musik juga merupakan suatu media yang aman, sehingga dapat dimanfaatkan orang-orang yang sedang mengalami rasa sakit, baik secara medis maupun psikis.

Musik juga dapat meningkatkan suasana hati, hal ini bisa mengatasi mental kita, supaya kita juga bisa lebih merasa bahagia. Musik mempunyai peran yang penting , yaitu untuk menghubungkan gairan dengan suasana hati. 

Apalagi jika kita mendengarkan musik-musik yang mempunyai lirik positif, hal tersebut dapat mempengaruhi diri kita, sehingga kita bisa lebih semangat sehingga suasana hati kita selalu riang gembira.

Wah, ternyata menarik juga ya, dengan bermodalkan musik saja, setidaknya dalam keseharian kita bisa lebih sehat secara mental. Apalagi mendengarkan musik yang kita sukai, gimana nih? Apakah kalian sudah mendengarkan musik hari ini? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.