Music

INSPIRASI GIMMICK YANG BIKIN MANGGUNG NGGAK HAMBAR ALA ANDRE TAULANY CS

Gimmick memang jadi elemen penting di atas panggung dan bikin kita jadi lebih relate dengan musik yang dibawakan, ya ~

title

FROYONION.COMBagi kebanyakan musisi, panggung bukan sekedar tempat untuk menyanyikan lagu-lagu yang mereka miliki saja. Banyak di antaranya memukau penonton bahkan bukan hanya dari alunan musik. Makanya, nggak jarang mungkin kita bakal bisa melihat musisi-musisi nyentrik yang punya khasnya tersendiri di panggung. 

Biasanya gimmick ini dipersiapkan sedemikian rupa supaya musisi bisa menyalurkan semangat yang mau dibawanya ketika bermusik di panggung. Aksi-aksi nyentrik ini biasa bisa disebut sebagai stage act atau aksi panggung yang bikin para musisi berkarakter kuat. 

Tapi, gimmick nggak selalu bisa diidentikkan dengan aksi 'akrobatik' musisi doang loh sekarang ini. Banyak gimmick lain yang ternyata bisa bikin panggung terasa lebih berwarna dan nggak hambar. Apalagi, mereka yang berprofesi sebagai seorang komedian cenderung punya banyak ide brilian untuk bikin aksi mereka di dunia musik jadi lebih hidup. 

Salah satu yang mungkin bisa jadi inspirasi ialah aksi panggung yang dibawakan Andre Taulany  and Friends di panggung Pestapora, Kemayoran, Jakarta pada Sabtu (23/9) lalu. Dia menampilkan atraksi musik yang menarik bersama kawan-kawan artis lainnya, seperti Dikta Wicaksono, Desta, Surya Insomnia, dan Raffi Ahmad. 

WHY STAGE ACT? 

Elemen penting dalam sebuah pertunjukan itu sangat kompleks. Penonton bukan cuma menilai dari seberapa bagus musik yang dibawakan. Bagaimana seorang musisi tampil di atas panggung juga pastinya akan sangat memengaruhi perasaan penonton. Visualisasi juga bisa secara maksimal membuat penonton terpesona dan mendukung terciptanya atmosfer yang lebih kuat saat pertunjukkan. 

Selain itu, melalui stage act, musisi biasanya dapat mengkomunikasikan emosi atau perasaan yang ingin dibawakannya selama pertunjukan berlangsung. Baik itu lagu-lagu sedih, senang, gembira, bahkan musik bernuansa hingar bingar juga membutuhkan emosi dari atas panggung. 

Oleh sebab itu, dengan stage act kita bisa membuat para penonton merasa lebih terhubung dengan musik kita. Harus diingat juga nih, setiap musisi punya identitas artistiknya masing-masing. 

KEJUTAN NGGAK SELALU DARI PANGGUNG

So, kalau begitu gimana sih stage act menarik yang bisa membuat penonton selalu terhubung dengan kita yang membawakan musik? Gimmick nggak melulu harus dilakukan di atas panggung, membangun kesan pertama yang unik dan di luar ekspektasi juga bisa dilakukan. 

Cara ini yang salah satunya dipakai sama Andre Taulany and Friends ketika manggung beberapa waktu lalu. Belum saja mereka naik panggung, penonton sudah dibuat gembira dengan atraksi kehadirannya untuk naik ke panggung yang beda dengan lainnya. Ide gimmick segar yang 'niat' ditunjukan banget sampai akhirnya membuat crowd pecah bahkan sebelum ada lantunan musik yang terdengar. 

Kala itu, Andre cs secara tiba-tiba muncul di antara riuh penggemarnya dengan diantar menggunakan kereta atak-atak ke arah panggung. Sontak gimmick itu pun membuat para penonton menjadi riuh. 

Aksi kembali menjadi lebih pecah ketika Andre cs berdiri dari atas kereta, melambaikan tangan, dan menyapa para penggemarnya. Dengan nada santai, Andre kemudian melontarkan candaannya "Halo semua, kapan sampai kita ini," ucap dia tipis. 

Kalimat itu yang kemudian turut membuat riuh penonton semakin diisi dengan tawa. Jelas saja, kereta anak-anak yang berjalan di tengah kerumunan para penggemar pasti tidak akan bisa berjalan dengan cepat dong. 

KEJUJURAN ADALAH KUNCI 

Gimmick lain yang dihadirkan oleh Andre cs adalah interaksi yang luwes dengan para penontonnya. Memang yang kita tahu Andre ini merupakan mantan musisi dari band Stinky tapi sekarang ini dia lebih banyak berkecimpung di dunia lawak. 

Sama seperti kawan-kawan lainnya yang ada di panggung, kebanyakan dari mereka adalah aktor dan presenter. Hanya Dikta mungkin yang bisa kita sebut sebagai musisi aktif di industri saat ini, kan? 

Kelemahan itu yang dijadikan Andre cs sebagai bahan interaksi utama dengan penontonnya. Sesekali, mereka berkata kalau band yang dibawanya ke panggung Pestapora ini baru latihan satu kali dan dibentuk secara mendadak. 

"Andre Taulany and Friends ini dibuat mendadak banget. Latihan pun baru satu kali dan enggak sampai habis," cetusnya. 

Kala Andre mengatakan hal tersebut, Desta kemudian secara mendadak memamerkan skill gitarnya di hadapan penonton. Hal tersebut yang kemudian membuat penonton ketawa kembali. 

Bukan cuma Andre, sesekali Dikta juga melontarkan candaan di hadapan fansnya. 

"Lima belas tahun gue berkarya di Band, di sini gue diuji. Enek nggak sama band kita?" ucap celetukan Dikta. 

Semua huru-hara lawakan tersebut tapi nyatanya berhasil membuat penonton jatuh hati dengan penampilan mereka. Gimmick ini semakin lengkap dengan kehadiran multimedia layar LED di hadapan penonton yang bukan hanya menampilkan lirik lagu saja, tapi juga chord dari lagu yang dibawakan. 

Di luar gimmick tersebut, sebenarnya tetap nggak bisa kita pungkiri bahwa kelimanya punya skill mumpuni untuk bermain musik. Terlihat jelas kala mereka bergantian memainkan musik untuk mendukung gimmick yang dihadirkan. 

Makanya sebenarnya gimmick ini bisa juga dicontoh oleh musisi lain ketika berada di atas panggung. Interaksi dengan penonton dan membawa suasana sesuai dengan apa yang mau kalian tampilkan juga harus dilakukan. Nggak harus melulu dengan komedi dan lawakan

Sebenarnya masih banyak lagi juga highlight penampilan menarik dari Andre Taulany and Friends di atas panggung. Misalnya dengan menghadirkan Rayanza atau anak bungsu Raffi Ahmad ke atas panggung ataupun moment Vincent Rompies me-roasting band tersebut juga tampaknya menjadi gimmick yang berhasil membangun atmosfer menyenangkan di tengah penonton.

Tapi selain contoh-contoh tersebut, kalian bisa mengeksplore lebih banyak gimmick lain yang kreatif sesuai dengan persona band masing-masing. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!