Music

HARUMKAN INDONESIA, SICKZOMBIES TAMPIL DI FESTIVAL EDM TOMORROWLAND BELGIA PADA JULI INI

Grup EDM asal Indonesia, Sickzombies akan ‘manggung’ untuk pertama kalinya di Tomorrowland 2024. Simak obrolan bersama salah satu personel, Bukie B. Mansyur di sini.

title

FROYONION.COMSickzombies, grup electronic dance music (EDM) asal Indonesia tampil di festival EDM terbesar, Tommorowland 2024 di Belgia pada 28 Juli 2024 bersama sejumlah musisi beken seperti Swedish House Mafia, Dimitri Vegas & Like Mike, Armin van Buuren, Nervo, Laidback Luke, dan lainnya.

Festival musik ini bakal dilaksanakan dari tanggal 19 Juli 2024 s.d. 28 Juli 2024 berlokasi di Schorre Recreation Area, Boom, Belgia dengan menampilkan lineup berisi nama-nama besar seperti David Guetta, Steve Aoki, dan Tiesto. 

Sickzombies meraih kesempatan emas ini setelah mewakili Indonesia dalam lokakarya kolaborasi JBL dan STMPD Records Martin Garriz Music di Amsterdam, Belanda, diwakili oleh Bukie B. Mansyur. Nantinya, mereka juga akan beraksi di panggung JBL House of Fortune.

Bukie, selaku personnel grup EDM Sickzombies menjelaskan betapa bahagianya dapat unjuk gigi di Tomorrowland Belgia serta turut mewakili nama Indonesia di kancah musik EDM di dunia.

BACA JUGA: NGGAK SEMUA TEMPAT COCOK DIPUTARKAN MUSIK EDM JEDAG-JEDUG

Poster resmi berisi lineup Tomorrowland 2024 yang mencantumkan grup EDM Sickzombies. (Sumber: Sickzombies)

“Bisa menjadi bagian dari lineup Tomorrowland 2024 itu benar-benar dream come true. Aku udah punya mimpi untuk manggung di Tomorrowland sejak umur 14 tahun dan sekarang terwujud. Jujur aku sangat bangga bisa bawa musik kami (Sickzombies) dan mewakili Indonesia bersama Whisnu Santika. Semoga next time kita manggung di Tomorrowland bisa manggung bertiga dan di main stage,” ucapnya dengan penuh bahagia.

TAMPILKAN KARYA ANAK BANGSA DI KANCAH EDM DUNIA

Selayaknya warga negara yang bangga atas kekayaan budaya nusantara, Sickzombies tentu tak ketinggalan memainkan beberapa lagu karya anak bangsa di ajang akbar setahun sekali ini.

“Pastinya kita akan mainkan beberapa lagu indonesia dan lagu original kami. Kenapa? Karena kami ingin memperkenalkan karya-karya anak bangsa itu keren dan nggak kalah dengan kualitas karya-karya dari luar sana,” ujar Bukie.

“Dan, kalau kami dapat brand deal dengan local brand, pastinya akan kami gunakan saat perform. Jadi untuk para local brand, DM kami ya, hahaha!” timpalnya sambil mengajak local brand untuk berkolaborasi.

Sickzombie
Dari ki-ka personel grup EDM Sickzombies: Mico, Bukie, Alvin. (Sumber: Sickzombies)

Diketahui pada awal 2021 lalu, Sickzombies berkolaborasi dengan girlband lokal bernama Glass merilis singel bertajuk “Mine” yang menceritakan perjuangan mendapatkan hati seseorang. 

Karya ini menjadi batu loncatan bagi mereka dengan mendukung pelaku industri kreatif Indonesia.

LATIHAN & SELEKSI LAGU YANG KETAT JADI KUNCI SUKSES PENAMPILAN

Beranggotakan tiga personel antara lain Bukie B. Mansyur (in-house producer & sonic magician), Alvindra Putra (main DJ & wordsmith), dan Mico Pratama (visual maker & crowd controller), Sickzombies ternyata memiliki target pendengar spesifik dan telah menyiapkan penampilan jauh-jauh waktu.

Dimulai dari target pendengar, Sickzombies menyasar penikmat bass music enthusiast serta memiliki kiblat terhadap seniman EDM asal Amerika Seirkat bernama Skrillex. Hal ini demi menyesuaikan ekspektasi pendengar dengan karya yang mereka garap.

“Target pendengar kami ialah bass music enthusiast, pastinya. Karena salah satu influence terbesar kita adalah Skrillex dan target kita juga adalah para penggemar Skrillex,” ujarnya.

Semenjak mendapatkan kehormatan untuk mengembangkan kreativitas di lokakarya  kolaborasi JBL dan STMPD Records Martin Garriz Music di Amsterdam, Belanda, pada saat itu juga Sickzombies langsung bergerak menyiapkan lagu-lagu yang potensial untuk dimainkan.

“Sejak awal di kabarin JBL kalau kami akan perform di Tomorrowland 2024, sih. Kita langsung bersiap dengan arsenal lagu-lagu yang berpotensi akan dimainkan di sana dan, ya, kita terus latihan,” kata Bukie.

Namun, Bukie bersama dua personel lainnya dihadapi sebuah tantangan tentang pemilihan lagu dan menyesuaikan selera seluruh penonton di sana. Meski begitu, Sickzombies tetap berusaha menampilkan pagelaran yang terbaik.

“Menurut saya tantangannya adalah song selection karena jujur market di sana nggak tau taste-nya kayak gimana, jadi kita tetap berusaha memainkan lagu yang cocok diputar di sana,” timpalnya.

“Kami pastinya sedang me-remix lagu-lagu original agar lebih club friendly dan seleksi lagu-lagu yang akan kami mainkan juga masih kami kurasi baik-baik. 

Jadi, ya, masih banyak ini kerjaan kita, hahaha,” pungkasnya dengan tertawa. Informasi selengkapnya mengenai tiket dapat dibeli melalui situs resmi Tomorrowland 2024 di sini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas