Music

HARDCORE PUNK BUKANLAH SEBATAS TREN!

Muncul sebuah fenomena maraknya orang yang suka sembarangan ‘violent dance’ yang tidak sesuai dengan tempatnya, dan menganggap hardcore punk hanya sebatas tren.

title

FROYONION.COM - Belakangan ini muncul di berbagai media keresahan para penikmat musik di festival maupun gigs dengan tarian violence dance atau biasa disebut dengan two step yang tidak bisa menempatkan tariannya sesuai tempatnya. 

Jika diamati terjadi lonjakan jumlah penikmat hardcore punk yang notabene musik keras dan agresif sepanjang dekade ini. Banyaknya anak muda yang hadir dari culture dan latar belakang yang berbeda masuk dalam skena hardcore punk saat ini, sehingga perubahan ini tidak bisa dihindarkan.

BERKEMBANG PESAT

Malang adalah salah satu kota dengan pergerakan skena hardcore yang paling masif. Tak heran jika banyak band-band hardcore punk lahir di kota ini. Banyaknya band dan penikmat hardcore di Malang seakan ‘membius’ dan ‘meracuni’ kota-kota lain, seperti Blitar, Tulungagung, dan hingga Kediri.

Tentu, arus skena hardcore yang sangat masif ini terbilang positif. Genre musik ini  dengan cepat menyebar ke berbagai daerah, termasuk daerah yang dulunya menjadi ‘sarang’ penggemar hardcore tetapi kemudian menyusut seiring berjalannya waktu. 

Tapi tampaknya counter culture di skena hardcore punk kini sulit untuk diterapkan bahkan agaknya mulai dilupakan karena semua orang berlomba untuk membuat video menari mereka seakan sedang nonton gig lalu mengunggahnya di media sosial untuk menaikkan exposure. Tentu saja tak ada masalah dengan itu sebab itu adalah hak mereka semua. Toh media sosial itu bebas digunakan oleh siapapun.

Di sini kita akan membahas masalah dalam skena hardcore punk saat ini. Pengamatan dalam dekade ini skena hardcore punk hanya sebatas tarian. Seolah hardcore punk cuma tarian penuh kekerasan.

PEMBURU EXPOSURE

Di festival manapun, gigs apapun kalian pasti menemukan beberapa anak skena hardcore ikut meramaikan acara tersebut. Mereka biasanya bergerombol dengan kelompok mereka dengan style fashion ala-ala hardcore saat ini.

Jika menghadiri sebuah festival musik kita akan menemukan banyak orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang hanya ingin nonton konser band yang ia suka dan ada juga yang hanya sebatas merayakan hari libur dengan nonton konser setelah hari-hari sebelumnya direnggut oleh pekerjaan. Tujuan itu seakan hancur karena datangnya orang-orang dengan tarian memukul dan menendang secara random oleh mereka yang menganggap hardcore punk hanya tren.

Bagaimana tidak? Band penampil festival yang notabene membawakan musik pop/rock malah diwarnai violent dance oleh sebagian orang ini. Sebagian penonton yang bertujuan ingin menikmati suasana festival dengan sing along malah harus ‘gigit jari’ karena suasana dirusak oleh mereka-mereka yang sembarangan, tidak melihat situasi dan kondisi. 

Bayangkan, jika pukulan dan tendangan mengenai seorang anak atau orang tua yang hanya ingin menikmati konser tersebut. Apakah itu yang disebut dengan “ruang aman”? Setidaknya sebelum melakukan itu, tahulah situasi dan tempat yang pas. Ini adalah festival musik. Bukan gig hardcore, karena bermacam genre ada di dalamnya.

Penulis memaklumi jika violent dance sesuai tempatnya, misal di event gig hardcore sendiri dan mereka hadir dengan sadar. Toh sekarang event hardcore juga banyak di setiap daerah, hampir satu minggu sekali atau bahkan lebih pasti ada. Jadi itu bisa jadi tempat dan medium bagi mereka agar tidak ‘dzolim’, sesuai musiknya, sesuai tempatnya.

Musik hardcore punk kini mulai bergeser sejak masuknya orang-orang ke dalam skena hanya mencari exposure dan traffic. Kepribadian seperti ini hanya akan merusak ekosistem hardcore punk sendiri. Ingat ekosistem bukanlah lelucon. 

Narasi-narasi yang dibawakan seperti "hardcore punk melawan", "hardcore punk memberikan ruang aman", seakan menjadi ilusi jika orang-orang hanya memikirkan keuntungan pribadinya sendiri, dan tidak mau tau apa itu hardcore punk. Bahkan keluar dari esensi hardcore punk.

Bagus ketika orang-orang semacam ini mengenal lebih jauh apa itu hardcore punk. Sepengetahuan penulis, ada sejumlah penggerak skena yang benar-benar menerapkan esensi dari hardcore punk. Mereka menunjukkan rasa solidaritas, memberi ruang aman buat sesama, dan masih banyak lainnya.

"Jika seseorang menganggap hardcore punk hanya sebatas musik, tarian, fashion dan kekerenan saja. Sayang sekali, kamu telah melewati banyak hal di skena ini".

Ekosistem bukanlah lelucon! Hardcore punk is just not a trend! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ricky Alfandi

Content writer, freelance jurnalist, suka musik dan suka nonton konser.