Music

DARI LAGU BARUNYA, KITA TAHU BAND INI BENAR-BENAR RUMAH SAKIT

"Normal” dari band ini benar-benar layak untuk disebut “rumah sakit”. Mereka memberikan prasarana untuk setiap “pasien” yang ingin menyembuhkan diri dengan cara meminum obat berupa lagu-lagu dari Rumahsakit.

title

FROYONION.COM - 25 Agustus lalu, kelompok musik britpop asal Jakarta, Rumahsakit lagi-lagi meluncurkan single dengan judul “Normal”. Sebelumnya, di bulan yang sama band yang berdiri sejak tahun 1994 ini juga merilis lagu dengan judul “Metro”.

Sudah jelas, rilisnya dua single di waktu yang berdekatan itu adalah pertanda kuat mereka akan merilis albumnya yang ke-5. Informasi yang kami dapat, mereka menamai album itu About Time yang akan dirilis September mendatang.

Dari lagu “Normal”, band ini benar-benar layak untuk disebut “rumah sakit”. Mereka memberikan prasarana untuk setiap “pasien” yang ingin menyembuhkan diri dengan cara meminum obat berupa lagu-lagu dari Rumahsakit. 

BACA JUGA: BAND SHOEGAZE TANGERANG HELLENS INGIN HIDUPKAN MUSIK

BAND RUMAHSAKIT

Lirik lagu “Normal” tampak sederhana dengan pemilihan diksi yang mudah dimengerti oleh awam. Meskipun begitu, lirik yang ditulis oleh sang keyboardist, Mickey Nayoan ini tampak ditulis dengan cermat. Di bagian verse awal, bait yang ditulis mengandung harmonisasi yang seirama berakhiran “a” di setiap barisnya. Ini memudahkan untuk siapapun pendengar “Normal” dengan cepat menghafal lantunannya.  

Lagipula mudah saja bagi siapapun untuk menafsirkan lirik “Normal”. Liriknya sangat kontekstual, berbicara selingkar kehidupan di jaman sekarang yang semakin banyak ketidakwarasan. Berita-berita menampilkan kebenaran palsu dan menampilkan masalah yang tak ada ujungnya. 

Namun Rumahsakit melihat, meskipun dunia ini sedang kacau, tetaplah berbahagia dengan menikmati kehidupan dengan sekecil apapun kenikmatan yang datang. Lagu “Normal” adalah media penyembuhan diri bagi siapapun yang sedang mengalami kesulitan hidup. Dengan meresapi pesan Rumahsakit seperti yang ada dalam chorus:

“Hanya engkau yang membuat warasku tak hilang, jalani semua, walau dunia seakan gelap tak bersahabat”

Selain itu, komposisi lagu yang mereka suguhkan juga sangat ciamik, cocok banget dengan liriknya. Tempo musik yang kalem beriringan dengan suara vokal Muhammad Arief Bakrie yang renyah, lalu disempurnakan dua additional vocals yakni Audrey Najoan dan Lafa Pratomo yang membuat lagu semakin bernyawa. 

Lagu itu juga diproduseri oleh Lafa Pratomo di Ruang Waktu Musik. Para anggota Rumahsakit saat ini adalah Muhammad Arief Bakrie sebagai vokalis, Marky Najoan sebagai gitaris, Mickey Najoan sebagai pemain keyboard, Fadli Wardhana sebagai penabuh drum, dan Shendy Adam sebagai pembetot bas. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ugik Endarto

Pegiat di Perpustakaan Jalanan Wahana Baca juga berkecimpung di Metallagi.com