Music

BELAJAR KERJA KERAS DALAM FILM DOKUMENTER ‘J-HOPE IN THE BOX’

J-Hope BTS mengajak kita belajar arti kerja keras yang sesungguhnya dalam menyiapkan proyek yang kita rencanakan. 

title

FROYONION.COM - Salah satu member BTS yaitu J-Hope baru saja merilis film dokumenter dirinya dalam menyiapkan album solo terbaru di platform Disney Hotstar. Film dengan judul J-Hope In The Box ini dirilis pada hari 17 Februari 2023 lalu secara serentak di 49 wilayah di seluruh dunia.

Wah keren ya.. 

ALBUM JACK IN THE BOX

Judul film ini sesuai dengan album solo J-Hope yang baru dirilis pada Juli 2022 lalu. Album berjudul Jack In The Box berhasil menduduki daftar peringkat sebagai album terbaik ke-9 pada tahun 2022.

Film J-Hope In The Box ini menceritakan 200 hari persiapan J-Hope BTS dalam menyiapkan album dan membuat berbagai rencana promosi dalam album tersebut. J-Hope berusaha maksimal dari nol dan mengurus semua albumnya seorang diri.

Dari mulai menentukan judul album, membuat lagu, rekaman, menentukan konsep album fisik, pemilihan kostum, hingga musik video ia persiapkan sendiri. J-hope mengikuti semua rapat bersama timnya dan memperhatikan semua detail yang ada. 

Tidak mudah proses yang harus ia lewati dalam menyiapkan album ini. Beberapa kali ia tidak mendapat respon bagus dari produser agensi dalam lagu yang ia kerjakan. Hingga ia berusaha sampai kurang tidur karena menghabiskan banyak waktu di studio pribadinya. 

Ia sampai tidak punya waktu untuk menemui Ayahnya yang sedang berkunjung di Seoul karena menyiapkan album tersebut. 

Seperti judulnya, album Jack In The Box ini menjelaskan sisi dewasa J-Hope yang keluar dari ‘kotak pandora’ yang selama ini ia pakai. Ia memiliki sisi lain yang tidak orang lain ketahui karena image ceritanya selama ini. 

Jhope BTS mengatakan bahwa album ini mengacu pada permainan yang muncul ketika kotak pandora dibuka. Akan muncul sisi baru J-Hope yang baru. Album ini berisi sebelas lagu dengan title track berjudul Arson dan More yang ia tulis sendiri. 

BACA JUGA: FILM DOKUMENTER ‘TINDER SWINDLER’ : PENYALAHGUNAAN CINTA DEMI UANG BERJUTA-JUTA

LISTENING PARTY

Setelah menyelesaikan pembuatan album, J-Hope melakukan Listening Party yang familiar di Amerika Serikat untuk merayakan album baru yang telah dirilis. Ia mengundang teman artis hiphop seperti Sunmi, Zico, Jay Park, Jessi, Taeyang Bigbang dan masih banyak lagi. 

Tak hanya para idola lain, J-Hope juga mengundang para penari dan selebriti kenalannya. 

Persiapan listening party juga J-Hope lakukan sendiri. Dari membuat konsep acara, mencoba makanan minuman, dan menyiapkan gift yang akan diberikan kepada para tamu.

Sekitar 100 orang datang ke acara tersebut termasuk anggota BTS kecuali Suga yang terlihat berhalangan hadir. Acara berjalan meriah dan membuat J-Hope bisa tersenyum senang meski kelelahan menyiapkan semuanya. 

HEADLINER DI LOLLAPALOOZA

Kegiatan terakhir yang ia rencanakan dalam album ini adalah tampil di festival musik Lollapalooza. Lollapalooza adalah festival musik terbesar di Amerika Serikat sejak 1991  dan diadakan di Grant Park Chicago. 

Lollapalooza biasanya menghadirkan musisi dengan genre rock alternatif, heavy metal, punk rock, hip hip dan dansa elektronik. Dan J-Hope menjadi satu-satunya headliners asal Korea Selatan di festival ini. Wow keren banget..

J-Hope BTS tampil di festival tersebut pada tanggal 31 Juli 2022 lalu dengan memukau ratusan ribu penonton yang hadir. Penampilannya di panggung ini menjadi puncak rencana comeback solo J-Hope. 

Namun, tidak ada kesuksesan yang tidak diikuti oleh usaha dan kerja keras. Persiapan yang dilakukan J-Hope sangatlah banyak dan menguras energi. Dari konsep panggung, dancer, band, hingga mengundang Becky G untuk tampil lagu Chicken Noodle Soup bersama. 

Banyak keringat yang J-Hope keluarkan untuk penampilan spektakuler tersebut. Nafas tersengal menandakan upayanya yang sangat keras. 

Setelah menyelesaikan panggung spektakuler tersebut J-Hope baru bisa bernafas lega. Ia merasakan badannya remuk saat tidur yang menandakan ia tampil secara totalitas.

Dalam film ini kita bisa melihat, bagaimana J-Hope BTS dalam kepopulerannya sebagai member BTS mampu berdiri sendiri di atas namanya. Ia juga berani keluar di zona nyamannya sendirian. 

Benar kata orang bijak, tidak ada usaha yang menghianati hasil. Usaha keras J-Hope hingga kehilangan banyak berat badan dan waktu tidur tidak sia-sia. Lagunya dicintai banyak orang dan memuncaki chart musik.

Kebiasaannya bekerja bertujuh dengan member lainnya membuat J-Hope kesepian dan kewalahan dalam mengerjakan semuanya sendiri. Tapi ia tidak menyerah. Ia tetap bertahan untuk mimpinya yang ia pikir terlalu tinggi, namun bisa ia capai dengan kerja keras. 

Dalam salah satu scene J-Hope berkata “Aku mungkin bisa tidur dan bermalas-malasan. Tapi impianku tidak akan tercapai, maka dari itu aku tidak melakukannya” 

Hal tersebut menjelaskan bahwa J-Hope yang notabene sudah memiliki segalanya sebagai anggota BTS, bisa saja bersantai dan tidak melakukan apapun. Hanya menikmati yang ia miliki saat ini. Namun itu adalah pilihan yang salah.

Ia tidak akan bisa maju satu ke tahap yang lebih baik jika tidak berusaha dengan keras. 

Sebagai BTS dengan reputasi dan kualitas yang ada, debut solo J-Hope ini membuatnya khawatir akan menurunkan kualitas yang selama ini mereka bangun. Hal inilah yang membuatnya lebih bekerja keras. 

Selain untuk para Army sebagai penggemar BTS, film ini sangat cocok ditonton bagi kamu yang sedang berjuang mencapai mimpi dan impian. Berjuang menghadapi kerasnya kehidupan. 

Karena dunia memang tidak ramah bagi semua orang, untuk seorang J-Hope BTS sekalipun. 

Semangat terus! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wida Nuri

Sarjana Kimia yang healingnya nulis, gambar, dan fotografi. Love yourself everytime!!