Music

ANGKAT TEMA BHINNEKA TUNGGAL MUSIK, SYNCHRONIZE FEST 2023 GANDENG SENIMAN JOGJA DAN BOGOR

Hadir dengan tema ‘Bhinneka Tunggal Musik’, Synchronize Fest pada 1-3 September 2023 akan menampilkan banyak sekali musisi dari seluruh genre populer.

title

FROYONION.COM - Synchronize Fest 2023 sebagai festival musik yang dinantikan oleh banyak anak muda pada kali ini menggaet dua seniman lokal untuk berkolaborasi. Dua seniman tersebut adalah Sicovecas dan Mahdi Albart.

Keduanya menggarap visual tema Synchronize Fest 2023 yang akan berlangsung pada 1-3 September 2023. Synchronize Fest merupakan festival musik 3 hari 3 malam yang menampilkan seluruh genre musik populer.

Semua musisi yang bakal hadir tentunya terkurasi dari sejumlah artis favorit dan terbaik dari berbagai dekade. Mulai dari musisi tahun 60-an, 80-an, hingga 2000-an semuanya akan perform pada Synchronize Fest.

Synchronize Fest tahun ini seperti biasa akan diselenggarakan di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Pada 1 April, Synchronize Fest mulai membuka penjualan tiket pre sale kedua dengan harga Rp550.000 (termasuk pajak).

Synchronize Fest 2023 menantang 2 seniman yang berbeda karakter, yaitu Sicovecas dan Mahdi Albart untuk berkolaborasi. Keduanya akan ikut berproses dalam festival musik tahunan ibukota yang kali ini akan mengangkat tema Bhinneka Tunggal Musik.

Sicovecas dan Mahdi Albart bakal hadir dengan pola kerja kolaboratif dan tema visual sustainability yang dibuat agar selaras dengan tema Bhinneka Tunggal Musik yang diusung.

Sicovecas dikenal sebagai seniman asal Yogyakarta dengan pendekatan sustainability. Ia juga seorang muralis dan seniman grafiti, serta menjadikan ruang kota sebagai ruang ‘bermainnya’. 

Pola abstrak Sicovecas mencerminkan gerak dan energi melalui warna-warna yang tumpang tindih. Hasil karya Sicovecas masuk dengan sangat energetik dan menjawab bahasa visual yang otentik dalam Synchronize Fest 2023.

Lalu Mahdi Albart ialah visual artist asal “Kota Hujan” Bogor yang bermain dengan bentuk-bentuk imajinatif, objek keseharian yang digerakkan, serta komikal dengan pendekatan warna-warna cerah dan beragam. 

Gaya ilustrasi ala 80-an dan 90an yang diadopsi Mahdi Albart menarik untuk dilihat dengan saksama. Memikirkan bagaimana wujud tekstur pada imaji yang diciptakan sebagai bagian dari siklus tren visual yang terus berputar dan masih bisa didaur ulang gagasannya. Hal itu kadang memancing imajinasi liar kita saat melihatnya.

Karya dari kedua seniman Sicovecas dan Mahdi Albart secara resmi diumumkan melalui akun Instagram official @synchronizefest dalam bentuk stop motion.

Postingan tersebut digarap oleh seniman kolase Moses Sihombing serta proses pembuatan manual dan analog yang imajinatif.

Tema Bhinneka Tunggal Musik yang diusung oleh Synchronize Fest tahun ini menjadi pemaknaan kolaboratif betapa beragam jenis musik serta perbedaan latar belakang dan identitas. Semua tergabung menjadi satu atas nama musik.

Nantikan Synchronize Fest 2023 Bhinneka Tunggal Musik yang akan terselenggara pada tanggal 1-3 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Jangan lupa pasang alarm supaya gak kehabisan tiketnya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung