Music

5 ALBUM INDONESIA SEMESTER PERTAMA 2023 YANG WAJIB KAMU DENGAR

Artikel ini berisikan album-album musisi Indonesia yang dirilis pada semester pertama tahun 2023 yang wajib kamu dengarkan!

title

FROYONION.COM - Tahun 2023 sudah berjalan satu semester dan sudah banyak bertebaran materi musik yang dirilis oleh musisi Indonesia, baik itu album penuh, EP, maupun single.

Dari mulai album penuh perdana band hardcore punk hingga rilisan penuh band math rock, artikel ini akan membahas secara singkat kenapa kamu wajib mendengarkan rilisan-rilisan dalam daftar ini.

Daftar ini sepenuhnya bersifat subjektif dari penulis, jika kamu memiliki daftar album baru pada semester awal 2023 yang tidak boleh dilewatkan, jangan lupa untuk meninggalkan jejak pada artikel ini, ya! Tanpa panjang lebar lagi, inilah 5 album Indonesia semester pertama yang tidak boleh kamu lewatkan!

1. taRRkam - Fresh Grad

Sumber foto: https://www.instagram.com/tarrkam/ 

Setelah terakhir merilis EP Transcend Massive Culture”pada tahun 2015, beberapa single, dan materi split bersama band lain, akhirnya taRRkam merilis album penuh bertajuk “Fresh Grad”. Bergabungnya Denny Aulia (Beta Daemon) pada divisi synthesizer, bersahutan apik dengan rusuhnya riff gitar, bass yang groovy, vokal yang nyeleneh, dan gebukan drum yang jelimet. Album ini berisi 12 track dan sangat jauh dari pakem hardcore punk tiga kunci.

Dengarkan “Fresh Grad” di sini.

2. Efek Rumah Kaca - Rimpang

Sumber foto: https://www.instagram.com/sebelahmata_erk/ 

Lupakan rilisan Efek Rumah Kaca sebelumnya yang dengan mudah disenandungkan karena album ini bagai perwujudan Efek Rumah Kaca dalam bentuk yang baru. Tempo yang lebih lambat, ambience ‘ruang’, dan bunyi-bunyian sintesis yang menguasai akan kalian dengarkan dalam album ini.

“Rimpang” berisi 10 track menjadi album pertama bagi bassist Poppie Airil dan gitaris Reza Ryan di Efek Rumah Kaca. Jangan lupakan juga Suraa dan Morgue Vanguard yang menjadi tandem maut Efek Rumah Kaca pada track “Fun Kaya Fun” dan “Bersemi Sekebun”.

Dengarkan “Rimpang” di sini.

BACA JUGA: WARNA BARU ‘EFEK RUMAH KACA’ AKAN KENTARA DALAM KONSER RIMPANG PADA 27 JULI

3. eleventwelfth - SIMILAR

Sumber foto: https://www.instagram.com/eleventwelfth/

Rumit namun membuat ketagihan adalah kalimat yang tepat untuk album band math rock ini. Bagaimana intrumen yang bertumpuk-tumpuk, progresi yang rumit, dan pola drum sinkopasi yang ruwet malah menjadikan SIMILAR album yang nyaman dan enak didengar bahkan bagi non pendengar math rock khususnya eleventwelfth. Mario Camarena, Adeliesa, dan Reruntuh yang menjadi kolaborator dalam album ini pun semakin menjadikan SIMILAR album yang wajib untuk didengarkan.

No skip no shuffle adalah cara terbaik untuk mendengarkan album ini secara utuh

Dengarkan “SIMILAR” di sini.

4. Collapse - Saint

Sumber foto: https://www.instagram.com/collapse.archive/

Sebuah EP dari Collapse yang saat ini bertransformasi menjadi sebuah ‘super group’. Berisikan nama-nama yang besar di kancah musik Bandung yaitu Mario Panji (Leipzig), Angga Kusuma (Ssslothhh), Satria Gustian (Lizzie), Hasbi Erlangga (Haul), dan Andika Surya sendiri, menjadikan Collapse sebagai band yang tidak perlu diragukan lagi secara musikalitas. Apalagi di album ini Collapse membawakan materi yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Meskipun ‘hanya’ berisi 2 track lagu penuh, “Saint” tetap album yang wajib kamu dengarkan, Civs!

Dengarkan “Saint” di sini.

5. Crayola Eyes - Gushing

Sumber foto: https://www.instagram.com/crayolaeyes/

Berisikan delapan track, “Gushing” akan membawa kamu ke perjalanan trip psikedelia yang menenggelamkan. Mengajak Bernardus Fritz (Sunmantra), Gushing dipenuhi dengan karakter yang ekspansif di setiap track-nya. Sebuah album penuh perdana yang patut didengarkan!

Dengarkan “Gushing” di sini.

Bagaimana? Ada yang sudah mendengarkan album-album di atas? Kalau menurut pendapat kamu, album apalagi nih yang wajib untuk didengarkan? Tulis di kolom komentar! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Hibatullah Rashif

Penulis medioker. Suka menghabiskan waktu mencari meme terbaru.