Movies

ZORO RASIS? INI ALASAN ZORO DILABELI RASIS OLEH PARA FANS ‘ONE PIECE’

Zoro dari anime One Piece sering dicap rasis oleh para fans karena berbagai alasan. Kira-kira apa saja alasannya?

title

FROYONION.COMSiapa yang tidak tahu dengan anime One Piece? Baru-baru ini anime populer karya Eiichiro Oda yang sudah ada sejak tahun 1997 ini kembali menghebohkan dunia maya lewat kemunculan Gear 5 Luffy, sang tokoh utama dari anime ini. 

Kemunculan Gear 5 Luffy menjadi tanda Arc Wano telah menuju akhir cerita dan menyajikan pertarungan puncak antara Luffy vs Kaidou.

Namun, sebelum menuju pertarungan puncak antara Luffy dan Kaidou, fans terlebih dahulu diperlihatkan pertarungan yang juga tak kalah serunya antara Zoro, tangan kanan Luffy melawan King yang juga merupakan tangan kanan dari Kaidou. 

BACA JUGA: 5 TEORI TERGILA DI ANIME ONE PIECE

Salah satu aspek yang mengejutkan dari pertarungan tersebut adalah King yang akhirnya melepaskan topengnya dan memperlihatkan dirinya yang berkulit gelap dan berambut putih khas ras Lunarian, salah satu ras yang sangat langka di One Piece.

Dalam pertarungan tersebut, Zoro berhasil keluar sebagai pemenang dengan teknik 3 pedangnya yang berhasil membuat luka yang fatal di dada King. Kemenangan Zoro tersebut kemudian kembali jadi bahan candaan para fans One Piece yang menganggap Zoro sebagai karakter yang rasis, mengingat ini bukan pertama kalinya Zoro menang melawan karakter berkulit gelap atau yang berasal dari ras langka di One Piece.

Meski sang kreator, Eichiro Oda belum pernah mengonfirmasi prasangka para fans tersebut, Zoro terbukti sering berhadapan dengan lawan berkulit gelap atau berasal dari ras langka di One Piece. 

Berikut Froyonion berikan list karakter berkulit gelap atau ras yang langka di One Piece selain King.

1.  TANGAN KAPAK MORGAN

Karakter pertama yang Zoro kalahkan di One Piece adalah Kapten Morgan, seorang mantan Kapten Angkatan Laut yang mempunyai tangan yang terbuat dari kapak. 

Saat masih menjabat sebagai seorang kapten, Morgan sering menyalahgunakan kekuasaan di pangkalan Angkatan Laut tempatnya berkuasa, yakni di Shelltown. 

Ayah dari Helmeppo tersebut tampak sewenang-wenang terhadap warga di Shelltown maupun terhadap anak buahnya sendiri. 

Morgan juga dikisahkan menangkap Zoro dan akan mengeksekusinya namun Luffy datang dan menyelamatkan Zoro serta merekrutnya. 

Dalam prosesnya, Luffy dan Zoro berhadapan dengan Morgan serta antek-anteknya hingga akhirnya Zoro berhasil mengalahkan  Morgan.

2.  MISS MONDAY

Karakter berkulit gelap lainnya yang Zoro kalahkan adalah Miss Monday di pulau Whiskey Peak. 

Miss Monday digambarkan sebagai karakter wanita berotot dan bertubuh besar yang merupakan salah satu agen dari Baraqoue Works yang berpasangan dengan Mr.9. 

Dalam alur cerita Whiskey Peak, saat semua anggota Topi Jerami tertidur, Zoro melawan para agen dari Baraqoue Works termasuk Miss Monday. 

Diperlihatkan Miss Monday dengan mudah dikalahkan oleh Zoro dalam hal adu kekuatan, yang mana Zoro mencengkram muka dari Miss Monday hingga ia berteriak kesakitan.

3. MR. 5

Masih dalam alur cerita Whiskey Peak, Zoro kembali berhadapan kembali dengan karakter berkulit gelap bernama Mr.5. 

Mr.5 sendiri merupakan agen kelas atas dari Baraqoue Works yang ditugaskan untuk memburu Vivi dan Igaram bersama dengan Miss Valentine. Mr.5 kemudian dihempaskan oleh Luffy dan Zoro karena mengganggu pertarungan mereka.

Mr.5 kembali dimunculkan dalam alur cerita Little Garden yang mana di pulau ini Mr.5 dibuat K.O oleh Zoro menggunakan tekhnik Yaki Oni Giri.

4. MR. 1/DAZ BONEZ

Berlanjut ke alur cerita Alabasta, kali ini Zoro berhadapan dengan agen terkuat nomor 2 di Baraqoue Works yakni Mr.1 alias Daz Bonez yang juga berkulit gelap.

Daz Bonez sendiri merupakan pengguna buah iblis Supa Supa no Mi yang membuatnya bisa mengubah tubuhnya menjadi baja atau pisau baja tajam. 

Daz juga mampu membuat Zoro kewalahan hingga terluka parah. Namun, Zoro berhasil mengalahkannya dengan kemampuan barunya yang dapat membelah baja.

5. OHM

Karakter berkulit gelap selanjutnya yang dikalahkan oleh Zoro adalah Ohm, pendeta terkuat bawahan Enel di alur cerita Pulau Langit, Skypiea. 

Ohm sendiri diperlihatkan sebagai karakter yang cukup kuat dengan pedang yang mampu memanjang sesuai dengan keinginannya. 

Zoro sendiri tampak kewalahan saat bertarung dengannya, hingga akhirnya Zoro berhasil mengeluarkan jurus baru yakni Hyakuhachi Pound Ho.

6. PICA

Setelah Time Skip, Zoro kembali berhadapan dengan karakter berkulit gelap, yakni Pica. 

Pica adalah salah satu dari tiga top eksekutif Donquixote Family yang mempunyai kekuatan buah iblis Ishi Ishi no Mi yang bisa membuatnya menjadi raksasa batu.

Pica sendiri berhadapan dengan Zoro di alur cerita Dressrosa yang cukup membuat Zoro kesulitan menghadapi kemampuan Pica yang dapat menyatu dengan batu. Zoro sendiri berhasil mengalahkan Pica setelah menggunakan Armament Haki yang ia lapisi di pedangnya.

Itu dia beberapa karakter berkulit gelap yang Zoro kalahkan di One Piece selain King. Meski sang karakter belum pernah ditampakkan dengan jelas menyudutkan suatu ras tertentu, para fans tetap menganggap Zoro rasis karena banyaknya karakter berkulit gelap yang telah Zoro kalahkan.

Selain itu, berdasarkan SBS dari Eiichiro Oda, apabila kru Topi Jerami memiliki pekerjaan di dunia nyata, Zoro ditampilkan sebagai seorang anggota polisi.

Hal ini membuat banyak fans yang semakin menjuluki Zoro sebagai karakter rasis mengingat polisi merupakan sebuah profesi yang diidentikkan dengan perilaku rasis.

Kalau menurut kalian sendiri, apakah kalian setuju bahwa Zoro termasuk karakter yang rasis karena banyak mengalahkan karakter berkulit gelap? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ahmad Badaruddin

Buku, musik, dan film