Movies

‘UNIVERSITY WAR’ SURVIVAL SHOW KOREA YANG DIIDAMKAN WARGANET INDONESIA, SIAPA BERANI BIKIN?

“University War” acara adu kecerdasan ala Korea Selatan kini banyak perhatian netizen Indonesia, kira-kira kalau diadakan di Indonesia bakal banyak yang nonton nggak ya?

title

FROYONION.COM Tren hiburan dari Korea Selatan yang kaya akan budaya pop dan kreativitasnya membuat acara populer kembali menyuguhkan hiburan yang menarik dengan kemunculan program terbaru, yaitu “University War” (2023).

University War adalah acara survival show yang menghadirkan mahasiswa pintar dari berbagai universitas ternama di Korea Selatan untuk beradu mengandalkan kecerdasan.

Menyadur dari The Movie DB, University War, yang debutnya disiarkan pada tanggal 3 November 2023 di platform Coupang Play, menghadirkan musim pertamanya dengan total 8 episode yang berakhir pada tanggal 15 Desember 2023.

Ajang ini menyajikan persaingan menegangkan, mempertemukan 24 mahasiswa dari enam universitas yang berbeda.

Mulai dari Seoul National University (SNU), Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Pohang University of Science and Technology (POSTECH), Universitas Yonsei, Universitas Korea, hingga Universitas Harvard, para kontestan ini membuktikan kecerdasan dan ketangguhannya melalui berbagai ujian intelektual yang menantang.

BACA JUGA: FILM DIRTY VOTE UNGKAP KECURANGAN MENJELANG PEMILU 2024, BENARKAH NETRAL?

Menurut informasi yang diambil dari The Korea Herald, acara ini menghadirkan berbagai permainan dan tantangan yang didesain untuk menguji keterampilan, kecerdasan, kreativitas, dan kerja sama tim dari para peserta. 

Beragam jenis permainan dari permainan yang membutuhkan fisik hingga intelektual dihadirkan untuk memberikan hiburan yang menyegarkan bagi penonton.

Peserta diketahui datang dari berbagai jurusan bergengsi di Korea Selatan mulai dari, Matematika, Teknik, Psikologi hingga jurusan Ekonomi. Berikut adalah sedikit profil dari 24 peserta:

Daftar para peserta survival show University War. (Sumber foto: Coupang Play)

WARGANET BERHARAP ADA YANG MENGADOPSI ACARA UNIVERSITAS WAR

Tak hanya di Korea, popularitas survival show ini juga menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet Indonesia.

“Nihh buat universitas-universitas di Indonesia harusnya televisi Indonesia dipenuhi acara-acara seperti ini biar orang-orang pada cerdas bukan cerdas demo doang,” timpal netizen lain.

“Coba stasiun televisi Indonesia ada satu acara yang ngadain acara gini, biar agak megah gitu. jangan terlalu sering-sering setahun sekali saja,” ujar salah satu netizen.

“Kalau beneran ada tolong yang serius nanti ada komedinya,” komentar warganet lain.

Menurut saya setelah menonton semua episode dari acara survival show ini, sebenarnya yang membuat acara University War beda dan menarik untuk ditonton ini karena acara ini bukan hanya memberikan soal-soal saja tapi ada permainan strategi yang lebih kreatif dari ajang bakat lainnya.

Mungkin alasan ini yang membuat acara ini begitu populer, yang tentu saja acara kayak gini belum ada di Indonesia.

Banyak yang ingin acara semacam ini juga hadir di Indonesia, banyak netizen yang membayangkan bagaimana kalau universitas top di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (UNAIR) atau universitas top lain bisa bersaing di ajang seperti ini.

BACA JUGA: SERIAL ‘AVATAR’ DI NETFLIX SAJIKAN NUANSA NOSTALGIA YANG BERBEDA

Bayangkan saja bagaimana serunya jika mahasiswa berbagai universitas top di Indonesia bersaing dalam ajang serupa. Tentu saja, ini akan menjadi sebuah pertunjukan yang sangat menarik bukan?

Mungkin suatu saat nanti kita akan melihat versi lokal dari "University War" di Indonesia suatu hari nanti.

BUTUH KESERIUSAN DAN INVESTASI BESAR

Namun, pertanyaannya adalah, siapa yang berani mengambil resiko untuk membuat acara semacam itu di Indonesia?

Tentunya, dibutuhkan keseriusan, keberanian, dan investasi yang besar untuk menghadirkan sebuah produksi hiburan yang berkualitas dan memikat hati penonton.

Mulai dari perusahaan produksi yang memiliki visi dan misi kuat untuk mendukung perkembangan industri hiburan Indonesia mungkin akan melangkah maju untuk menciptakan acara sejenis ini.

Tidak hanya itu, dukungan dari berbagai pihak, termasuk sponsor dan pemangku kepentingan lainnya, juga akan menjadi kunci kesuksesan.

BACA JUGA: SUKA KHAWATIR DENGAN TUMPUKAN PESAN WHATSAPP? BEGINI CARA MENGATASINYA

Selain itu, proses seleksi yang ketat untuk memilih mahasiswa peserta yang representatif dari berbagai universitas di Indonesia juga perlu diperhatikan agar acara tersebut dapat mencerminkan keragaman dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Dengan potensi yang dimiliki oleh Indonesia sebagai negara dengan beragam universitas ternama dan bakat-bakat muda yang cerdas, tidak ada alasan untuk tidak mencoba mengadopsi konsep seperti "University War" ini ke dalam budaya hiburan lokal.

Siapa tahu, mungkin suatu hari nanti kita akan melihat acara semacam itu menggema di layar televisi atau platform streaming di Indonesia, dan menjadi magnet bagi penonton dari berbagai kalangan.

Apalagi membuat acara seperti ini juga tidak ada ruginya, bahkan bisa sebagai ajang promosi ke dunia internasional bahwa mahasiswa di Indonesia juga tak kalah cerdas dan pintar dengan mahasiswa di luar sana.

Ajang semacam ini juga bisa mempromosikan kualitas pendidikan di Indonesia juga bisa menjadi yang terbaik, bukan hanya di lokal tapi mungkin saja di Asia Tenggara misalnya.

Sementara itu, YouTuber terkenal Jerome Polin yang dikenal dikenal jago matematika tampaknya juga tertarik untuk membuat semacam ini loh.

Jerome Polin yang mengungkapkan kekagumannya terhadap konsep acara ini.

BACA JUGA: MENGULIK OMONG KOSONG LOVE LANGUAGE, TAPI KOK BANYAK YANG PERCAYA?

Dalam salah satu video, Jerome menulis komentar tentang kemungkinan acara serupa dibuat di Indonesia.

“Bikin ini di Indonesia seru kali ya,” tulis Jerome.

Hmm kira-kira gimana menurut kamu? Acara kayak gini bakal laris nggak ya kalau di negara kita ini? Biar acara televisi isinya nggak sinetron cinta-cintaan aja.

Namun, melihat antusias dari warganet yang kebanyakan Gen Z, kayaknya acara seperti ini akan banyak peminatnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anandita Marwa Aulia

Hanya gadis yang suka menulis