Movies

SINI, GUA AJAK LO KENALAN SAMA NAMOR!

Lo suka banget sama aksi Tenoch Huerta sebagai Namor di film Wakanda Forever? Sini kita kenalan lebih jauh sama karakter Namor!

title

FROYONION.COM - Gua yakin kalo lo udah klik artikel ini, berarti lo udah nonton film Black Panther: Wakanda Forever (2022) dan kepo sama karakter Namor yang diperankan oleh Tenoch Huerta, kan? Atau malah belum nonton dan mau tau dulu kayak gimana karakter Namor itu? Tenang aja, di sini gua bakal spoiler free jadi aman buat lo yang belum nonton filmnya.

Black Panther: Wakanda Forever (2022) jadi film terbaru Marvel Studios yang tayang di tahun 2022 ini. Kalo lo penggemar MCU, gua yakin udah tau kan film ini tuh jadi penutup phase 4 di installment itu? Sedikit gambaran tentang film ini buat lo yang belom nonton, film ini bercerita tentang bagaimana Wakanda berduka dan berusaha bangkit kembali sepeninggal T’Challa. Di film ini juga muncul karakter Namor yang sudah dinanti-nantikan kemunculannya di MCU oleh para penggemar. Bahkan kalo lo mau tau, dulu sempet ada “harapan: dari penggemar MCU di Indonesia supaya Joe Taslim yang mainin karakter Namor ini. 

Sekadar catatan, Marvel Studios ngebuat karakter Namor dengan sedikit berbeda dari apa yang ada di komik. Jadi pas lo nonton filmnya dan mau marah-marah karena beda, inget tulisan ini dulu. 

KARAKTER NAMOR DI KOMIK

Namor di komik itu mirip-mirip lah sama karakter Aquaman. Namor itu anak hasil keturunan silang dari seorang manusia dengan putri kerajaan Atlantis. Kedengeran familiar, kan? Nah, sebenernya Namor ini “lahir” duluan sebelum Aquaman, yaitu pada tahun 1939 yang diciptakan oleh penulis sekaligus ilustrator Bill Everett dan pertama kali muncul di Marvel Comics #1. Iya, karakter ini jadi salah satu karakter tertua punyanya Marvel. 

Namor McKenzie alias Sub-Mariner juga merupakan karakter mutan pertama di komik Marvel, jauh sebelum karakter X-Men yang lo tau itu muncul. Perubahan genetik itu muncul dari kombinasi dua dunia, daratan dan Atlantis. Kombinasi dua dunia itu juga ngebuat Namor berbeda dari penduduk Atlantis lainnya yang punya kulit warna biru. Sebagai mutan, pastinya Namor punya kekuatan super yang ga sembarangan orang punya, apalagi orang-orang biasa kayak kita gini. 

Namor punya badan amfibi yang cocok buat ngadepin tekanan ekstrem di dasar laut, kekuatan, kecepatan, kelincahan, dan daya tahan manusia super, bisa terbang (nah, loh, hidup di laut dan darat tapi juga bisa terbang?), dan umur panjang. Namor juga punya kemampuan buat bertahan hidup di bawah air dalam waktu yang tidak terbatas, juga penglihatan super yang bisa ngeliat jelas di kedalaman laut yang keruh. Bill Everett juga bilang dalam suatu wawancara bahwa Namor sebagai “manusia-ultra yang mampu hidup di darat dan di laut, terbang di udara, dan memiliki kekuatan setara dengan 1000 manusia pria di daratan”. 

Karakter Namor bukan sembarang karakter, terbukti ia punya peranan penting dalam komik. Beberapa kelompok superhero dan supervillain pernah ia sambangi. Diantaranya adalah Avengers, Phoenix Five, Cabal, Fantastic Four, dan Illuminati. Bukan, bukan Illuminati yang itu. Illuminati di sini adalah sekelompok karakter Marvel yang terdiri dari Namor, Iron Man, Mr. Fantastic, Black Bolt, Doctor Strange, dan Prof. Charles Xavier. Kelompok tersebut memiliki pengaruh besar dalam dunia komik Marvel.

NAMOR DI FILM WAKANDA FOREVER

Di dalam film Black Panther: Wakanda Forever (2022), sutradara Ryan Coogler melakukan beberapa perubahan buat karakter Namor ini. Ia diceritakan sebagai raja Talokan, sebuah bangsa misterius yang selama ini juga bersembunyi. Katanya, sih, perubahan ini dilakuin soalnya udah sering banget bangsa Atlantis muncul di film-film Hollywood lainnya. Kita juga gabisa menyangkal kalo kita bakal ngebandingin karakter Namor raja Atlantis dengan karakter Aquaman (yang juga raja Atlantis) yang udah muncul duluan tahun 2018 kemarin. Tapi jangan khawatir, soalnya semua kekuatan Namor tetap sama dan Talokan serta semua budaya itu BAGUS BANGET! Yang udah nonton pasti hampir semuanya setuju sama gua dan buat yang belom nonton, segeralah!

Overall,  perubahan origin dari karakter Namor tidak membuat ia menjadi lemah dan jelek. Justru perubahan itu membawa Namor versi MCU sebagai sesuatu yang fresh dan punya warnanya sendiri. Nah, buat lo yang merasa berbeda, tetap ingat bahwa menjadi berbeda tidak selamanya jelek, asalkan lo menjadikan perbedaan itu sebagai sesuatu yang khas dan baik buat lo. (*/)

BACA JUGA: PENJELASAN FILM SRI ASIH: KELAHIRAN SUPERHERO BARU, HATI-HATI SPOILER!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Arsya Y. Zidane

Sukanya nonton, apa aja ditonton. Sesekali baca manga. Lagi cari banyak cuan biar bisa langganan semua streaming services.